Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerai ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa dari 31 siswa yang memiliki kemampuan pemecahan matematis tinggi, sedang, dan rendah dikelas IV SDN Gemah. Teknik pengumpulan data dalam penlitiaan ini adalah tes wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi numerasi untuk ketiga kategori. Hasil penelitian  menunjukkan subjek dengan kemampuan pemecahan tinggi dapat mengimplekementasikan ketiga indikator literasi numerasi dalam penyelesaian soal, sedangkan subjek dengan kemampuan pemecahan sedang belum dapat memenuhi satu indikator yaitu menginterpretasikan hasil analisis untuk membuat prediksi dan mengambil keputusan, dan subjek dengan kemampuan pemecahan rendah hanya dapat memenuhi satu indikator literasi numerasi yaitu menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk menyelesaikan masalah dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

Keywords

Literasi Numerasi Matematika Pemecahan Masalah

Article Details

How to Cite
Saputro, M. B., Utami, R. E., Widyastuti , N., & Wijayanti , A. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN DATAR. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 226–233. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.226-233

References

  1. Aini, N. M. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Kelas V Sd Negeri Sebani Ii Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(2), 218. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v2i2.21266
  2. Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
  3. Aziz, S. Al, & Septriyanti, Y. (2023). Korelasi antara Literasi Bahasa Indonesia dan Literasi Numerasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 3(1), 14. https://doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6324
  4. Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada Pembelajaran Matematika di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan, 21, 403–409.
  5. Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
  6. Fauzi, F. G., Khoirunnisa, K., Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. (2021). Analisis literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur pada konten aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 83- 91
  7. Han, dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
  8. Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-
  9. Luturmas, Y. A., Urath, S., Srue, O., & Ratuanik, M. (2024). Masalah tidak terstruktur di tinjau dari kognitif siswa kelas vii smp negeri 7 tansel. 8(4), 92–110.
  10. Manurung, R. D., Bongguk, H., & Napitu, U. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Literasi dan Numerasi bagi Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2), 82–91. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/1005%0Ahttps://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/download/1005/608
  11. Munna, N., Utami, R. E., Prasetyawati, D., & Purwaningsih, C. (2024). Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturullay Responsive Teaching Berbantuan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. 4(2).
  12. Musaidah, E., Sulandari, D., & Mariani, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 125–132.
  13. Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
  14. Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
  15. Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879
  16. Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
  17. Sulastri, S., Nisa, A. F., Cahyani, B. H., Dasar, M. P., & Tamansiswa, U. S. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Permasalahan Struktur Materi Bilangan Siswa Sekolah Dasar. 17(1), 39–50.
  18. Uliatunida, N. (2020). Perencanaan Kurikulum Untuk Mencapai Tujuan Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwa, 2(1), 35–48.
  19. Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 13–24.
  20. Widiyaningsih, E. A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek. 14(5), 1–23.