Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerai ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa dari 31 siswa yang memiliki kemampuan pemecahan matematis tinggi, sedang, dan rendah dikelas IV SDN Gemah. Teknik pengumpulan data dalam penlitiaan ini adalah tes wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi numerasi untuk ketiga kategori. Hasil penelitian menunjukkan subjek dengan kemampuan pemecahan tinggi dapat mengimplekementasikan ketiga indikator literasi numerasi dalam penyelesaian soal, sedangkan subjek dengan kemampuan pemecahan sedang belum dapat memenuhi satu indikator yaitu menginterpretasikan hasil analisis untuk membuat prediksi dan mengambil keputusan, dan subjek dengan kemampuan pemecahan rendah hanya dapat memenuhi satu indikator literasi numerasi yaitu menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk menyelesaikan masalah dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Muhammad Boy Saputro, Rizky Esti Utami, Nora Widyastuti , Arfilia Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aini, N. M. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Kelas V Sd Negeri Sebani Ii Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(2), 218. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v2i2.21266
- Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
- Aziz, S. Al, & Septriyanti, Y. (2023). Korelasi antara Literasi Bahasa Indonesia dan Literasi Numerasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 3(1), 14. https://doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6324
- Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada Pembelajaran Matematika di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan, 21, 403–409.
- Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
- Fauzi, F. G., Khoirunnisa, K., Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. (2021). Analisis literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur pada konten aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 83- 91
- Han, dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
- Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-
- Luturmas, Y. A., Urath, S., Srue, O., & Ratuanik, M. (2024). Masalah tidak terstruktur di tinjau dari kognitif siswa kelas vii smp negeri 7 tansel. 8(4), 92–110.
- Manurung, R. D., Bongguk, H., & Napitu, U. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Literasi dan Numerasi bagi Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2), 82–91. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/1005%0Ahttps://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/download/1005/608
- Munna, N., Utami, R. E., Prasetyawati, D., & Purwaningsih, C. (2024). Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturullay Responsive Teaching Berbantuan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. 4(2).
- Musaidah, E., Sulandari, D., & Mariani, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 125–132.
- Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
- Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
- Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879
- Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
- Sulastri, S., Nisa, A. F., Cahyani, B. H., Dasar, M. P., & Tamansiswa, U. S. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Permasalahan Struktur Materi Bilangan Siswa Sekolah Dasar. 17(1), 39–50.
- Uliatunida, N. (2020). Perencanaan Kurikulum Untuk Mencapai Tujuan Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwa, 2(1), 35–48.
- Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 13–24.
- Widiyaningsih, E. A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek. 14(5), 1–23.
References
Aini, N. M. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Kelas V Sd Negeri Sebani Ii Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(2), 218. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v2i2.21266
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Aziz, S. Al, & Septriyanti, Y. (2023). Korelasi antara Literasi Bahasa Indonesia dan Literasi Numerasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 3(1), 14. https://doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6324
Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada Pembelajaran Matematika di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan, 21, 403–409.
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
Fauzi, F. G., Khoirunnisa, K., Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. (2021). Analisis literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur pada konten aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 83- 91
Han, dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-
Luturmas, Y. A., Urath, S., Srue, O., & Ratuanik, M. (2024). Masalah tidak terstruktur di tinjau dari kognitif siswa kelas vii smp negeri 7 tansel. 8(4), 92–110.
Manurung, R. D., Bongguk, H., & Napitu, U. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Literasi dan Numerasi bagi Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2), 82–91. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/1005%0Ahttps://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/download/1005/608
Munna, N., Utami, R. E., Prasetyawati, D., & Purwaningsih, C. (2024). Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturullay Responsive Teaching Berbantuan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. 4(2).
Musaidah, E., Sulandari, D., & Mariani, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 125–132.
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sulastri, S., Nisa, A. F., Cahyani, B. H., Dasar, M. P., & Tamansiswa, U. S. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Permasalahan Struktur Materi Bilangan Siswa Sekolah Dasar. 17(1), 39–50.
Uliatunida, N. (2020). Perencanaan Kurikulum Untuk Mencapai Tujuan Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwa, 2(1), 35–48.
Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 13–24.
Widiyaningsih, E. A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek. 14(5), 1–23.