Main Article Content
Abstract
Kemampuan literasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki untuk menghadapi abad 21. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen tes literasi matematis berbasis etnomatematika budaya Jawa Timur untuk siswa SD/MI pada fase B. Adapun metode pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Hasil uji validitas setiap butir soal menghasilkan nilai signifikansi soal nomer 1 yaitu 0,007<0,05, soal nomer 2 yaitu 0,005<0,05, soal nomer 3 yaitu 0,001<0,05, soal nomer 4 yaitu 0,002<0,05, dan soal nomer 5 yaitu 0,035<0,05. Lebih lanjut, uji reliabilitas menunjukan bahwa nilai cronbach alpha 0,684> 0,6. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara keseluruhan instrumen tes literasi matematis yang dikembangkan valid dan reliabel. Selain itu, uji tingkat kesukaran menunjukkan bahwa 3 soal dari instrumen yang dikembangkan berkategori sedang, 1 soal berkategori mudah, dan 1 soal berkategori sulit. Dengan kata lain, instrumen yang dikembangkan layak dan baik untuk digunakan sebagai alat evaluasi kemampuan literasi matematis siswa SD/MI.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Risma Firda Diana, Siti Lailatul Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- A., R., I., L. S., J., F. A., & M., S., N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Matei Segitiga dan Segiempat. 4(2). https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/276/175
- Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
- Azid, A., Zamnah, L. N., & Solihah, S. (2023). Mengapa Literasi Matematis Penting dan Diperhatikan? Prossiding Galuh Mathematics National Conference, 3(1), Article 1.
- Azizah, N. H. (2020). Keterkaitan Matematika dan Budaya Jawa dalam Bingkai Etnomatematika. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(0), Article 0. https://doi.org/10.21831/pspmm.v2i0.92
- Herman, T., Akbar, A., Alman, Farokhah, L., Febriandi, R., Zahrah, R. F., Febriani, W. D., Kurino, Y. D., & Abidin, Z. (2024). Kecakapan Abad 21: Literasi Matematis, Berpikir Matematis, dan Berpikir Komputasi. Indonesia Emas Group.
- Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1).
- Iryanto, W., & Aminah, N. (2024). Analisis Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. 8.
- Litik, B. S. Y., Argarini, D. F., & Utomo, I. B. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Artefak Peninggalan Sejarah Di Kota Ntt. 4(1).
- Magdalena, I., Hifziyah, M., Aeni, V. N., & Rahayu, R. P. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Tangerang. 2.
- Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 10.
- Muhammad, I. (2023). Penelitian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika (1995- 2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 427–438. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.276
- Nahadi, Purnawarman, P., Siswaningsih, W., & Lestari, T. (2021). Asesmen Keterampilan Berpikir Kritis Kimia; Model Tes Dan Pengembangannya. uwais inspirasi indonesia.
- Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
- Ni’mah, A. M., & Supriyo, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Pada Materi Relasi Dan Fungsi Di Smpn 4 Pasuruan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.46-55
- Prijowuntato, S. W. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Sanata Dharma University Press.
- Rudyanto, H. E., Hs, A. K. S., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa: Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348
- Sukmawati, D., Anggoro, B. S., & Pratiwi, D. D. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Literasi Matematis Berdasarkan Perspektif Multiple Intelligences Berbasis Etnomatematika Pada Budaya Jawa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1215–1226. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3172
- Weniarni, L. (2022). Etnomatematika 1. Penerbit NEM.
- Yulianasari, N., Salsabila, L., Maulidina, N., & Maula, L. H. (2023). Implementasi Etnomatematika sebagai Cara untuk Menghubungkan Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari. 3.
- Yusrizal, Y. (2016). Tanya Jawab Seputar Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Syiah Kuala University Press.
References
A., R., I., L. S., J., F. A., & M., S., N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Matei Segitiga dan Segiempat. 4(2). https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/276/175
Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
Azid, A., Zamnah, L. N., & Solihah, S. (2023). Mengapa Literasi Matematis Penting dan Diperhatikan? Prossiding Galuh Mathematics National Conference, 3(1), Article 1.
Azizah, N. H. (2020). Keterkaitan Matematika dan Budaya Jawa dalam Bingkai Etnomatematika. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(0), Article 0. https://doi.org/10.21831/pspmm.v2i0.92
Herman, T., Akbar, A., Alman, Farokhah, L., Febriandi, R., Zahrah, R. F., Febriani, W. D., Kurino, Y. D., & Abidin, Z. (2024). Kecakapan Abad 21: Literasi Matematis, Berpikir Matematis, dan Berpikir Komputasi. Indonesia Emas Group.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1).
Iryanto, W., & Aminah, N. (2024). Analisis Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. 8.
Litik, B. S. Y., Argarini, D. F., & Utomo, I. B. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Artefak Peninggalan Sejarah Di Kota Ntt. 4(1).
Magdalena, I., Hifziyah, M., Aeni, V. N., & Rahayu, R. P. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Tangerang. 2.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 10.
Muhammad, I. (2023). Penelitian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika (1995- 2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 427–438. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.276
Nahadi, Purnawarman, P., Siswaningsih, W., & Lestari, T. (2021). Asesmen Keterampilan Berpikir Kritis Kimia; Model Tes Dan Pengembangannya. uwais inspirasi indonesia.
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
Ni’mah, A. M., & Supriyo, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Pada Materi Relasi Dan Fungsi Di Smpn 4 Pasuruan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.46-55
Prijowuntato, S. W. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Sanata Dharma University Press.
Rudyanto, H. E., Hs, A. K. S., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa: Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348
Sukmawati, D., Anggoro, B. S., & Pratiwi, D. D. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Literasi Matematis Berdasarkan Perspektif Multiple Intelligences Berbasis Etnomatematika Pada Budaya Jawa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1215–1226. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3172
Weniarni, L. (2022). Etnomatematika 1. Penerbit NEM.
Yulianasari, N., Salsabila, L., Maulidina, N., & Maula, L. H. (2023). Implementasi Etnomatematika sebagai Cara untuk Menghubungkan Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari. 3.
Yusrizal, Y. (2016). Tanya Jawab Seputar Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Syiah Kuala University Press.