Main Article Content

Abstract

Kemampuan literasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki untuk menghadapi abad 21. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen tes literasi matematis berbasis etnomatematika budaya Jawa Timur untuk siswa SD/MI pada fase B. Adapun metode pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Hasil uji validitas setiap butir soal menghasilkan nilai signifikansi soal nomer 1 yaitu 0,007<0,05, soal nomer 2 yaitu 0,005<0,05, soal nomer 3 yaitu 0,001<0,05, soal nomer 4 yaitu 0,002<0,05, dan soal nomer 5 yaitu 0,035<0,05. Lebih lanjut, uji reliabilitas menunjukan bahwa nilai cronbach alpha 0,684> 0,6. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara keseluruhan instrumen tes literasi matematis yang dikembangkan valid dan reliabel. Selain itu, uji tingkat kesukaran menunjukkan bahwa 3 soal dari instrumen yang dikembangkan berkategori sedang, 1 soal berkategori mudah, dan 1 soal berkategori sulit. Dengan kata lain, instrumen yang dikembangkan layak dan baik untuk digunakan sebagai alat evaluasi kemampuan literasi matematis siswa SD/MI.

Keywords

Etnomatematika Literasi Matematis Tes

Article Details

How to Cite
Diana, R. F., & Fitriani, S. L. (2024). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI MATEMATIS BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK SISWA SD/MI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 234–241. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.234-241

References

  1. A., R., I., L. S., J., F. A., & M., S., N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Matei Segitiga dan Segiempat. 4(2). https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/276/175
  2. Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
  3. Azid, A., Zamnah, L. N., & Solihah, S. (2023). Mengapa Literasi Matematis Penting dan Diperhatikan? Prossiding Galuh Mathematics National Conference, 3(1), Article 1.
  4. Azizah, N. H. (2020). Keterkaitan Matematika dan Budaya Jawa dalam Bingkai Etnomatematika. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(0), Article 0. https://doi.org/10.21831/pspmm.v2i0.92
  5. Herman, T., Akbar, A., Alman, Farokhah, L., Febriandi, R., Zahrah, R. F., Febriani, W. D., Kurino, Y. D., & Abidin, Z. (2024). Kecakapan Abad 21: Literasi Matematis, Berpikir Matematis, dan Berpikir Komputasi. Indonesia Emas Group.
  6. Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1).
  7. Iryanto, W., & Aminah, N. (2024). Analisis Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. 8.
  8. Litik, B. S. Y., Argarini, D. F., & Utomo, I. B. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Artefak Peninggalan Sejarah Di Kota Ntt. 4(1).
  9. Magdalena, I., Hifziyah, M., Aeni, V. N., & Rahayu, R. P. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Tangerang. 2.
  10. Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 10.
  11. Muhammad, I. (2023). Penelitian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika (1995- 2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 427–438. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.276
  12. Nahadi, Purnawarman, P., Siswaningsih, W., & Lestari, T. (2021). Asesmen Keterampilan Berpikir Kritis Kimia; Model Tes Dan Pengembangannya. uwais inspirasi indonesia.
  13. Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
  14. Ni’mah, A. M., & Supriyo, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Pada Materi Relasi Dan Fungsi Di Smpn 4 Pasuruan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.46-55
  15. Prijowuntato, S. W. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Sanata Dharma University Press.
  16. Rudyanto, H. E., Hs, A. K. S., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika Budaya Jawa: Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348
  17. Sukmawati, D., Anggoro, B. S., & Pratiwi, D. D. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Literasi Matematis Berdasarkan Perspektif Multiple Intelligences Berbasis Etnomatematika Pada Budaya Jawa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1215–1226. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3172
  18. Weniarni, L. (2022). Etnomatematika 1. Penerbit NEM.
  19. Yulianasari, N., Salsabila, L., Maulidina, N., & Maula, L. H. (2023). Implementasi Etnomatematika sebagai Cara untuk Menghubungkan Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari. 3.
  20. Yusrizal, Y. (2016). Tanya Jawab Seputar Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Syiah Kuala University Press.