Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktikalitas E-Modul Statistika SMK berbasis realistic mathematics education (RME) untuk peserta didik kelas X SMK. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model plomp pada tahap prototyping phase. Subjek penelitian terdiri dari guru matematika dan peserta didik kelas X SMK. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar uji praktikalitas dan pedoman wawancara. Teknik analisa data untuk melihat kepraktisan digunakan teknik persentase yang diinterpretasikan dengan kategori kepraktisan (sangat praktis, praktis, cukup praktis, tidak praktis dan sangat tidak praktis). Hasil analisis data pada uji praktiklitas e-modul diperoleh nilai sebesar 91,9% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan E-Modul statistika SMK berbasis realistic mathematics education dinilai praktis digunakan dalam proses pembelajaran matematika SMK.

Keywords

E-Modul Statistika Realistic Mathematics Education Praktikalitas

Article Details

Author Biography

Sefna Rismen, Universitas PGRI Sumatera Barat

Mathematics Education

How to Cite
Shakinah, N., Rismen, S., & Suryani, M. (2024). PRAKTIKALITAS E-MODUL STATISTIKA SMK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 268–275. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.268-275

References

  1. Amini, F., Kelana, J. B., & Mugara, R. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Materi Interaksi Sosial Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Profesi Pendidikan, 3(1), 38–52. https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.12206
  2. Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2 ed.). Bumi Aksara.
  3. Ariningsih, I., Fitraini, D., Sari, A., & Irma, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Statistika. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(1), 089. https://doi.org/10.24014/juring.v6i1.19150
  4. Arnila, R., & Purwaningsih, S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematic) Pada Materi Fluida Statis Dan Fluida Dinamis Menggunakan Kivosft Flibook Maker (Vol. 5, Issue 1).
  5. Benitha, A., & Novaliyosi, N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Aljabar Untuk Siswa Kelas VII SMP/ MTS. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(2), 279–286. https://doi.org/10.46306/lb.v3i2.121
  6. Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, D. H. (2018). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2018. Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
  7. F Jamiludin, M. (2023). Pengembangan E-Modul Matematika Berbantuan Software Canva dan Heyzine Pada Materi Statistika Di SMK Al-Imam Jember. Skripsi.
  8. Ketut Erawati, N., Kadek, N., Purwati, R., Dewa, I., Putrı, A., & Saraswatı, D. (n.d.). Pengembangan E-Modul Logika Matematika Dengan Heyzine Untuk Menunjang Pembelajaran Di SMK. Retrieved July 5, 2024, from https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16245
  9. Manzil, E. F., & Anas Thohir, S. M. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 31(2), 112–126. http://dx.doi.org/10.17977/um009v31i22022p112
  10. Medila, S., Suryani, M., & Hamdunah. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning(GBL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29458–29466. https://doi.org/10.62017/jpmi
  11. Muljo, A., Anggreni, F., & Maulida, S. (2024). Pengembangan E-Modul Persamaan Lingkaran Kelas XI SMA Dengan Menggunakan Aplikasi Heyzine. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 8(1), 113–121. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v8i1.8368
  12. Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.905
  13. Purwadi, I. M. A., Kunci, K., Kahoot, :, Pemahaman, ! ;, Matematika, K., & Rme, ; (2022). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Eucation (RME) Berbantuan Media Belajar Berbasis Digital “Kahoot!” Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 81–88. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i2.1677
  14. Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407
  15. Ramadoni, & Shakinah, N. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 147–158. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1231
  16. Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Dan Peneliti Pemula. CV. Alfabeta.
  17. Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
  18. Selvia, J., Rismen, S., & Fitri, D. Y. (2023a). Validasi E-Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Penyajian Data Dan Ukuran Pemusatan Data Di SMAN 13 Padang. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 117–125. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.296
  19. Selvia, J., Rismen, S., & Fitri, D. Y. (2023b). Validasi E-Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Penyajian Data Dan Ukuran Pemusatan Data Di SMAN 13 Padang. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 117. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.296
  20. Siregar, dkk. (2024). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0: Strategi Menghadapi Tantangan Teknologi Digital dan Inovasi. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 01–09. https://doi.org/10.58192/populer.v3i2.2071