Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktikalitas E-Modul Statistika SMK berbasis realistic mathematics education (RME) untuk peserta didik kelas X SMK. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model plomp pada tahap prototyping phase. Subjek penelitian terdiri dari guru matematika dan peserta didik kelas X SMK. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar uji praktikalitas dan pedoman wawancara. Teknik analisa data untuk melihat kepraktisan digunakan teknik persentase yang diinterpretasikan dengan kategori kepraktisan (sangat praktis, praktis, cukup praktis, tidak praktis dan sangat tidak praktis). Hasil analisis data pada uji praktiklitas e-modul diperoleh nilai sebesar 91,9% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan E-Modul statistika SMK berbasis realistic mathematics education dinilai praktis digunakan dalam proses pembelajaran matematika SMK.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Nurul Shakinah, Sefna Rismen, Mulia Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amini, F., Kelana, J. B., & Mugara, R. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Materi Interaksi Sosial Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Profesi Pendidikan, 3(1), 38–52. https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.12206
- Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2 ed.). Bumi Aksara.
- Ariningsih, I., Fitraini, D., Sari, A., & Irma, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Statistika. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(1), 089. https://doi.org/10.24014/juring.v6i1.19150
- Arnila, R., & Purwaningsih, S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematic) Pada Materi Fluida Statis Dan Fluida Dinamis Menggunakan Kivosft Flibook Maker (Vol. 5, Issue 1).
- Benitha, A., & Novaliyosi, N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Aljabar Untuk Siswa Kelas VII SMP/ MTS. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(2), 279–286. https://doi.org/10.46306/lb.v3i2.121
- Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, D. H. (2018). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2018. Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
- F Jamiludin, M. (2023). Pengembangan E-Modul Matematika Berbantuan Software Canva dan Heyzine Pada Materi Statistika Di SMK Al-Imam Jember. Skripsi.
- Ketut Erawati, N., Kadek, N., Purwati, R., Dewa, I., Putrı, A., & Saraswatı, D. (n.d.). Pengembangan E-Modul Logika Matematika Dengan Heyzine Untuk Menunjang Pembelajaran Di SMK. Retrieved July 5, 2024, from https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16245
- Manzil, E. F., & Anas Thohir, S. M. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 31(2), 112–126. http://dx.doi.org/10.17977/um009v31i22022p112
- Medila, S., Suryani, M., & Hamdunah. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning(GBL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29458–29466. https://doi.org/10.62017/jpmi
- Muljo, A., Anggreni, F., & Maulida, S. (2024). Pengembangan E-Modul Persamaan Lingkaran Kelas XI SMA Dengan Menggunakan Aplikasi Heyzine. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 8(1), 113–121. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v8i1.8368
- Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.905
- Purwadi, I. M. A., Kunci, K., Kahoot, :, Pemahaman, ! ;, Matematika, K., & Rme, ; (2022). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Eucation (RME) Berbantuan Media Belajar Berbasis Digital “Kahoot!” Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 81–88. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i2.1677
- Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407
- Ramadoni, & Shakinah, N. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 147–158. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1231
- Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Dan Peneliti Pemula. CV. Alfabeta.
- Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
- Selvia, J., Rismen, S., & Fitri, D. Y. (2023a). Validasi E-Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Penyajian Data Dan Ukuran Pemusatan Data Di SMAN 13 Padang. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 117–125. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.296
- Selvia, J., Rismen, S., & Fitri, D. Y. (2023b). Validasi E-Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Penyajian Data Dan Ukuran Pemusatan Data Di SMAN 13 Padang. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 117. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.296
- Siregar, dkk. (2024). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0: Strategi Menghadapi Tantangan Teknologi Digital dan Inovasi. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 01–09. https://doi.org/10.58192/populer.v3i2.2071
References
Amini, F., Kelana, J. B., & Mugara, R. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Materi Interaksi Sosial Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Profesi Pendidikan, 3(1), 38–52. https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.12206
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2 ed.). Bumi Aksara.
Ariningsih, I., Fitraini, D., Sari, A., & Irma, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Statistika. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(1), 089. https://doi.org/10.24014/juring.v6i1.19150
Arnila, R., & Purwaningsih, S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematic) Pada Materi Fluida Statis Dan Fluida Dinamis Menggunakan Kivosft Flibook Maker (Vol. 5, Issue 1).
Benitha, A., & Novaliyosi, N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Aljabar Untuk Siswa Kelas VII SMP/ MTS. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(2), 279–286. https://doi.org/10.46306/lb.v3i2.121
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, D. H. (2018). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2018. Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
F Jamiludin, M. (2023). Pengembangan E-Modul Matematika Berbantuan Software Canva dan Heyzine Pada Materi Statistika Di SMK Al-Imam Jember. Skripsi.
Ketut Erawati, N., Kadek, N., Purwati, R., Dewa, I., Putrı, A., & Saraswatı, D. (n.d.). Pengembangan E-Modul Logika Matematika Dengan Heyzine Untuk Menunjang Pembelajaran Di SMK. Retrieved July 5, 2024, from https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16245
Manzil, E. F., & Anas Thohir, S. M. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 31(2), 112–126. http://dx.doi.org/10.17977/um009v31i22022p112
Medila, S., Suryani, M., & Hamdunah. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning(GBL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29458–29466. https://doi.org/10.62017/jpmi
Muljo, A., Anggreni, F., & Maulida, S. (2024). Pengembangan E-Modul Persamaan Lingkaran Kelas XI SMA Dengan Menggunakan Aplikasi Heyzine. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 8(1), 113–121. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v8i1.8368
Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.905
Purwadi, I. M. A., Kunci, K., Kahoot, :, Pemahaman, ! ;, Matematika, K., & Rme, ; (2022). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Eucation (RME) Berbantuan Media Belajar Berbasis Digital “Kahoot!” Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 81–88. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i2.1677
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407
Ramadoni, & Shakinah, N. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 147–158. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1231
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Dan Peneliti Pemula. CV. Alfabeta.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
Selvia, J., Rismen, S., & Fitri, D. Y. (2023a). Validasi E-Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Penyajian Data Dan Ukuran Pemusatan Data Di SMAN 13 Padang. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 117–125. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.296
Selvia, J., Rismen, S., & Fitri, D. Y. (2023b). Validasi E-Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Penyajian Data Dan Ukuran Pemusatan Data Di SMAN 13 Padang. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 117. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.296
Siregar, dkk. (2024). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0: Strategi Menghadapi Tantangan Teknologi Digital dan Inovasi. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 01–09. https://doi.org/10.58192/populer.v3i2.2071