Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas X dengan menggunakan pendekatan TarL dengan berbantuan Quizizz. Tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang digunakan. Penelitian dilaksanakan di SMAN Kalisat selama dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah materi eksponen yang sering dianggap sulit oleh peserta didik. Pendekatan TaRL dipilih untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendalam karena mengintegrasikan strategi pembelajaran yang aktif dan reflektif. Aplikasi Quizizz digunakan untuk memberikan latihan dan penilaian formatif secara real-time, serta untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik pada proses pembelajaran yang mengakibatkan dampak posistif mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan TaRl yang dibantu oleh Quizizz secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik. Pada siklus pertama ketuntasan klasikan siklus 1 sebesar 44,1% dan pada siklus 2 sebesar 85,2% sehingga mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 41,1%. Selain itu rata rata keseluruhan peserta didik dari 68,52 menjadi 81,47.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan Tarl yang dipadukan dengan Quizizz efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika serta dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif di kelas.

Keywords

Eksponen Hasil Belajar Pendekatan TaRL Quizizz

Article Details

How to Cite
Nurafita, I., Rhomdani, R. W., & Ariyanto, S. T. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TARL BERBANTUAN QUIZIZZ PADA PESERTA DIDIK KELAS X MATERI EKSPONEN . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 310–318. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.310-318

References

  1. Aji, A., & Fathani, A. H. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN Balung Jember pada Materi Peluang. Jurnal Education and Development, 12(2), 356–360. https://doi.org/10.37081/ed.v12i2.5780
  2. Anggraini, E. Y. N., Subekti, E. E., & Lestari, A. B. (2024). Pengaruh Pendekatan Tarl Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN Sawah Besar 01 Semarang. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 8(2), 405–412. https://doi.org/10.31537/ej.v8i2.1940
  3. Fitri Ginting, R., Ramadhani, S., Juniarti, I., & Tinggi Agama Islam Darul Arafah, S. (2024). Menyiasati Tantangan Pelaksanaan Penelitian TindakanKelas. Sindoro Cendikia Pendidikan, 3(8), 10–20.
  4. Huda, H. (2022). Pembelajaran melalui quizizz sebagai aplikasi evaluasi belajar di kelas VIII B untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPA MTSN 4 Jombang tahun 2021. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Special Issue 2), 333–342. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpecial Issue 2.1296
  5. Irmayanti, I., Auliah, A., & Hasnawiyah, H. (2023). Peningkatan Sikap Kolaboratif Peserta Didik melalui Pembelajaran Kooperatif berbasis Teaching at The Right Level (TaRL). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 965–970. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.807
  6. Lase, A. G. (2024). Penerapan Asesmen Formatif Berbasis Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 2 Medan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 8(2), 466–475. https://doi.org/10.31537/ej.v8i2.1956
  7. Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. Anthor: Education and Learning Journal, 2(5), 691–695. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i5.222
  8. Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
  9. Pawitra, P. M., Budiyanto, C. W., & Raharjo, J. S. (2024). Pengaruh Ketersediaan Sarana Prasarana Teknologi Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan TJKT di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation, 2(01), 27–40.
  10. Pratama, M. A., Jaya, H. P., & Agustina, S. (2024). Improving Student Learning Outcomes Through the TaRL Learning Model on Discussion. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 55–61. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.644
  11. Puspitasari, I. A., Azainil, A., & Basir, A. (2022). Penggunaan media pembelajaran dalam model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 75–92. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1248/830
  12. Risnawati, Y., Setyowati, N., & Prihatin, A. A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Smart Citizen Spinner (SCS) Pada Jam Pelajaran Terakhir Materi Sejarah Pancasila untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII H di SMP Negeri 12 Surabaya. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 450–461.
  13. Rosdiana, S., Zaenah, Y. I., Rahmawati, B., Aulia, S. N., & Zainudin, Z. (2023). Isu Tentang Jumlah Siklus Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 76–84.
  14. Saraswati, S. (2021). Tahapan PTK. Penelitian Tindakan Kelas, 49.
  15. Savitri, N. M. T., & Suntoko, M. I. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(2), 595–607.
  16. Singerin, S. (2024). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum Merdeka. CV. Azka Pustaka.
  17. Umaningsih, L. A., Numertayasa, I. W., Guru, P., Dasar, S., & Inggris, P. B. (2024). Analisis Implementasi Ice Breaking Dalam. 8(1), 133–143.
  18. Utami, P. I., Hiltrimartin, C., & Widioktafarani, H. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 109 Palembang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12540–12548. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/34068
  19. Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
  20. Winingsih, P. H., & Zusroni, A. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII E. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 705–711.
  21. Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003–1009. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907