Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya tingkat kesalahan yang dilakukan peserta didik pada saat menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini     bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria Newman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X E10 SMA KARTIKA 1-5 Padang sebanyak 30 siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu, tes dan wawancara. Tes yang diberikan pada penelitian ini berupa soal essay yang terdiri dari 4 butir soal. Analisis data tes menggunakan teknik persentase. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal eksponen berdasarkan kriteria Newman pada kelas X E10 berupa kesalahan membaca sebesar 17.2%, kesalahan memahami masalah sebesar 3.9%, kesalahan transformasi sebesar 29.4%, kesalahan keterampilan proses sebesar 30.6% dan kesalahan penulisan jawaban sebesar 18,9%.

Keywords

Analisis Matematika Newman

Article Details

How to Cite
Yolanda putri, F., Rismen, S., & Mardiyah, A. (2024). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EKSPONEN BERDASARKAN KRITERIA NEWMAN KELAS X E10 SMA KARTIKA 1-5 PADANG. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 276–283. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.276-283

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778
  3. Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. 05(01), 522–532.
  4. Arikunto. (2010a). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  5. Arikunto, S. (2010b). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
  6. Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508
  7. Firdaus, Suryani, M., & Jufri, L. H. (2021). Kesalahan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Matriks Berdasarkan Kriteria Watson. 3(2), 127–137. https://doi.org/10.35438/inomatika.v3i2.253
  8. Humaerah, Sry Ratu (2017) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Geometri dengan Prosedur Newman Kelas Viii MTS Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jenepon.Skripsi. Makasar: Universitas Islam Negeri Makasar.
  9. Layn, R., & Kahar, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 03(02), 59–145.
  10. Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
  11. Mega, A. P. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Geometri Berdasarkan Taksonomi Solo Kelas VII MTS Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponti. BMC Public Health, 5(1), 1–8.
  12. Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389–400. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.133
  13. Noviantari, P. S. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Smpn 1 Blahbatuh Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i2.33318
  14. Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719
  15. Rahmadani, N. (2021). Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. 7(2), 146–156.
  16. Rosyidah, U., Setyawati, A., & Qomariyah, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 63–71. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488
  17. Safitri, S. E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Materi Bangun Datar Segitiga Kelas Vii a Smp Negeri 2 Gondang. Jurnal Pendidikan Edutama, 1–11. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/904
  18. Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447
  19. Sura’, G. L., Tahmir, S., & Dassa, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Kuadrat. Issues in Mathematics Education (IMED), 5(1), 73. https://doi.org/10.35580/imed19914
  20. Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507
  21. Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
  22. Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206
  23. Zulfaneti, Rismen, S., & Suryani, M. (2016). Validity analysis of development lesson plan and student worksheet based realistic mathematics education. Proceedings of The 7th SEAMS UGM International Conference on Mathematics and Its Applications 2015.