Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya tingkat kesalahan yang dilakukan peserta didik pada saat menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini     bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria Newman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X E10 SMA KARTIKA 1-5 Padang sebanyak 30 siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu, tes dan wawancara. Tes yang diberikan pada penelitian ini berupa soal essay yang terdiri dari 4 butir soal. Analisis data tes menggunakan teknik persentase. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal eksponen berdasarkan kriteria Newman pada kelas X E10 berupa kesalahan membaca sebesar 17.2%, kesalahan memahami masalah sebesar 3.9%, kesalahan transformasi sebesar 29.4%, kesalahan keterampilan proses sebesar 30.6% dan kesalahan penulisan jawaban sebesar 18,9%.

Article Details

How to Cite
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EKSPONEN BERDASARKAN KRITERIA NEWMAN KELAS X E10 SMA KARTIKA 1-5 PADANG. (2024). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 276–283. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.276-283

References

    DAFTAR PUSTAKA
    Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778
    Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. 05(01), 522–532.
    Arikunto. (2010a). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
    Arikunto, S. (2010b). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
    Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508
    Firdaus, Suryani, M., & Jufri, L. H. (2021). Kesalahan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Matriks Berdasarkan Kriteria Watson. 3(2), 127–137. https://doi.org/10.35438/inomatika.v3i2.253
    Humaerah, Sry Ratu (2017) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Geometri dengan Prosedur Newman Kelas Viii MTS Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jenepon.Skripsi. Makasar: Universitas Islam Negeri Makasar.
    Layn, R., & Kahar, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 03(02), 59–145.
    Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
    Mega, A. P. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Geometri Berdasarkan Taksonomi Solo Kelas VII MTS Muhammadiyah Tanetea Kabupaten Jeneponti. BMC Public Health, 5(1), 1–8.
    Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389–400. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.133
    Noviantari, P. S. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Smpn 1 Blahbatuh Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i2.33318
    Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719
    Rahmadani, N. (2021). Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. 7(2), 146–156.
    Rosyidah, U., Setyawati, A., & Qomariyah, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 63–71. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488
    Safitri, S. E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Materi Bangun Datar Segitiga Kelas Vii a Smp Negeri 2 Gondang. Jurnal Pendidikan Edutama, 1–11. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/904
    Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447
    Sura’, G. L., Tahmir, S., & Dassa, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Kuadrat. Issues in Mathematics Education (IMED), 5(1), 73. https://doi.org/10.35580/imed19914
    Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507
    Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
    Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206

    Zulfaneti, Rismen, S., & Suryani, M. (2016). Validity analysis of development lesson plan and student worksheet based realistic mathematics education. Proceedings of The 7th SEAMS UGM International Conference on Mathematics and Its Applications 2015.