Main Article Content

Abstract

Pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila menjadi salah satu bagian penting dalam membentuk karakter dan kompetensi peserta didik. Dalam pembelajaran matematika, integrasi nilai-nilai tersebut dapat dilakukan melalui permainan Truth or Dare yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Dengan mengintegrasikan permainan (game) dan aplikasi Barista Android APPS, pembelajaran matematika diharapkan lebih interaktif, menyenangkan, dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila yang diimplementasikan melalui permainan Truth or Dare dalam pembelajaran matematika, dengan dukungan aplikasi Barista Android APPS pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 33 siswa kelas 8E di MTs Negeri 7 Malang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh nilai profil pelajar Pancasila dapat diimplementasikan dengan baik oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Implementasi nilai-nilai tersebut terlihat dari interaksi siswa, penyelesaian tugas, dan partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dikombinasikan dengan permainan dan penggunaan teknologi. Penelitian ini berkontribusi terhadap pemahaman tentang penerapan nilai-nilai Pancasila, keterampilan emosional dan sosial dalam konteks pendidikan, khususnya dalam pembelajaran matematika yang interaktif dan inovatif. Penerapan permainan Truth or Dare dengan Barista Android APPS dalam pembelajaran matematika terbukti efektif sebesar 76% mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, membentuk karakter siswa, dan meningkatkan pengalaman belajar yang interaktif dan bermakna.

Keywords

Android APPS Pembelajaran Matematika Profil Pelajar Pancasila Truth or Dare Games

Article Details

How to Cite
Falah, M. F. N., Primrose , A. T., Qonitatullah, R., & Mukmin, M. I. (2024). NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PERMAINAN TRUTH OR DARE GAMES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 365–373. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.365-373

References

  1. Agustini, F. (2020). Integrasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Tarik Tambang Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 114–120.
  2. Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. Jurnal Matematika Ilmiah, 6(2).
  3. Astuti, Y. D. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Identitas Nasional Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 133–141.
  4. Br Sembiring, E. H., & Listiani, L. (2023). Game Based Learning Berbantuan Kahoot! dalam Mendorong Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 26–40. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.5708
  5. Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414
  6. Farhana, I. (2022). Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka. Penerbit Lindan Bersari.
  7. Hakim, R. (2014). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran. JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER, 5(2).
  8. Hayatillah, M. (2022). Penerapan Media Permainan Truth and Dare untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di MTsN 4 Pidie. UIN AR-RANIRY.
  9. Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Kebudayaan, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447
  10. Jagantara, I. M. W., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. L. P. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4.
  11. Kartika Sari, I., Pifianti, A., & Chairunnisa. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Pada Tema Bhineka Tunggal Ika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2).
  12. Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005
  13. Pujawardani, H. H., Suganda, A., & Warta, W. (2023). Analisis Manajemen Pembelajaran Untuk Projek Penguatan Profil Pelajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1).
  14. Rachma Mawadha, P., Alfiana, R., Yulifianti, R., Sr, R., Mahendra, T., & Sofwan, M. (2024). Kontribusi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Landasan dalam Membangun Nilai Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(03), 16513–16520.
  15. Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumatera Selatan. RNAL PENDIDIKAN USIA DINI, 12(2). https://doi.org/10.21009/JPUD.122
  16. Rahmadhani, E., Tamonob, A. M., Hidayat, M., & Purba, P. B. (2024). Revitalisasi Penggunaan Media serta Metode Belajar dalam Pembelajaran Matematika dan Teknik (E. Wijayanto, Apridar, & N. E. Riskhayanti, Eds.). AKADEMIA PUSTAKA.
  17. Roziq A, M. A. (2016). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa yang Berbasis pada Lingkungan Sekolah. Jurnal Rontal Keilmuan PPKn , 2(1).
  18. Satria Pamungkas, A., Rukhmana, T., Zaini Dahlan, M., & Wardany, K. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Journal on Education, 06(04), 19647–19656.
  19. Setyawan, M. D., & El Hakim, I. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Dick And Carey Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7).
  20. Sihombing, M. K. S. (2015). siswa saling membantu dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar dan berbagi pengetahuan dengan sesama.
  21. Sudrajar, T., & Hasanah, A. (2020). Nilai-Nilai Pancasila dan Peradaban Bangsa: Konsepsi dan Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter. Jurnal MODERAT, 6(4).
  22. Susilawati, E., & Sarifuddin, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal TEKNODIK, 25(2).
  23. Uktolseja, N. F., Nisa, A. F., Arafik, Muh., & Wiarsih, N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Project Based Learning di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
  24. Wathon, A. (2018). Membangun Kemandirian Siswa Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 1(1).
  25. Zahwa, F. A., Syafi’i 2, I., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Sunan, U., Surabaya, A., & Timur, J. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi InformasI. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi , 19(1), 1. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium