Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berdampak terhadap kemampuan pemodelan matematika ditinjau dari gaya berpikir siswa. Konteks penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemodelan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian, yaitu desain eksperimen faktorial. Populasi dalam penelitian ini hanya terdiri dari siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan cluster random sampling, dipilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemodelan matematika, lembar angket gaya berpikir, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis datanya adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemodelan matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemodelan matematika antara siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, dan acak abstrak. 3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan gaya berpikir terhadap kemampuan pemodelan matematika. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap kemampuan pemodelan matematika ditinjau dari gaya berpikir di SMP Negeri 23 Pekanbaru.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Annisa Fadhila, Granita Granita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Blum, W., & Ferri, R. B. (2009). Mathematical Modelling : Can It Be Taught And Learnt? Journal of Mathematical Modelling and Application, 1(1), 47.
- DePorter, & Hernacki. (2004). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan(XX). Kaifa.
- Greefrath, G., & Vorholter, K. (2016). Teaching and Learning Mathematical Modelling. In ICME-13 Topical Surveys. Springer Nature.
- Gregorc, A. F. (1998). The Mind Styles Model : Theory, principles and practice : a prime. Gregorc Associates.
- Hartono, J. A., & Karnasih, I. (2017). Pentingnya Pemodelan Matematis dalam Pembelajaran Matematika. In : Seminar Nasional Matematika(SEMNASTIKA), 1126.
- Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.
- Maulani, V. A., Muslim, S. R., & Apiati, V. (2022). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematika Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Berpikir Gregorc. Jurnal Kongruen, 1(3), 270.
- Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
- Pitriani. (2016). Kemampuan Pemodelan Matematika dalam Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika(JES-MAT), 2, 1. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i1.282
- Purnama, A. N., Agus, I., & Halistin. (2023). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2sm), 7(1), 8. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.1-9
- Sugiyono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Alfabeta.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
- Sumandya, I. W. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Emasains, 7(1), 64–65. https://doi.org/10.5281/zenodo.1407741
- Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung, dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif. Invotec, 11(1), 37.
- Suswanto, F. R., Tobondo, Y. V., & Riskiningtyas, L. (2017). Kemampuan Abstraksi dalam Pemodelan Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 301.
- Tanu, M., Ralmugiz, U., & Yusuf, S. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematis Anak-anak di Kampung Adat Boti. Mega Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 46–54. https://doi.org/10.59098/mega.v3i1.673
- Ulya, T. M. M., Maidiyah, E., & Zaura, B. (2022). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa SMP dalam Materi Statistika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Ilmiyah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 7(2), 163.
- Yudhiarti, N. P., Zalafi, Z., Nubiasyanti, W. S., Abubakar, R., & Hidayat, D. A. J. (2023). Psikologi Pendidikan. Azka Pustaka.
References
Blum, W., & Ferri, R. B. (2009). Mathematical Modelling : Can It Be Taught And Learnt? Journal of Mathematical Modelling and Application, 1(1), 47.
DePorter, & Hernacki. (2004). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan(XX). Kaifa.
Greefrath, G., & Vorholter, K. (2016). Teaching and Learning Mathematical Modelling. In ICME-13 Topical Surveys. Springer Nature.
Gregorc, A. F. (1998). The Mind Styles Model : Theory, principles and practice : a prime. Gregorc Associates.
Hartono, J. A., & Karnasih, I. (2017). Pentingnya Pemodelan Matematis dalam Pembelajaran Matematika. In : Seminar Nasional Matematika(SEMNASTIKA), 1126.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.
Maulani, V. A., Muslim, S. R., & Apiati, V. (2022). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematika Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Berpikir Gregorc. Jurnal Kongruen, 1(3), 270.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
Pitriani. (2016). Kemampuan Pemodelan Matematika dalam Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika(JES-MAT), 2, 1. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i1.282
Purnama, A. N., Agus, I., & Halistin. (2023). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2sm), 7(1), 8. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.1-9
Sugiyono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumandya, I. W. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Emasains, 7(1), 64–65. https://doi.org/10.5281/zenodo.1407741
Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung, dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif. Invotec, 11(1), 37.
Suswanto, F. R., Tobondo, Y. V., & Riskiningtyas, L. (2017). Kemampuan Abstraksi dalam Pemodelan Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 301.
Tanu, M., Ralmugiz, U., & Yusuf, S. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematis Anak-anak di Kampung Adat Boti. Mega Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 46–54. https://doi.org/10.59098/mega.v3i1.673
Ulya, T. M. M., Maidiyah, E., & Zaura, B. (2022). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa SMP dalam Materi Statistika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Ilmiyah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 7(2), 163.
Yudhiarti, N. P., Zalafi, Z., Nubiasyanti, W. S., Abubakar, R., & Hidayat, D. A. J. (2023). Psikologi Pendidikan. Azka Pustaka.