Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berdampak terhadap kemampuan pemodelan matematika ditinjau dari gaya berpikir siswa. Konteks penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemodelan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian, yaitu desain eksperimen faktorial. Populasi dalam penelitian ini hanya terdiri dari siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan cluster random sampling, dipilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemodelan matematika, lembar angket gaya berpikir, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis datanya adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemodelan matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemodelan matematika antara siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, dan acak abstrak. 3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan gaya berpikir terhadap kemampuan pemodelan matematika. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap kemampuan pemodelan matematika ditinjau dari gaya berpikir di SMP Negeri 23 Pekanbaru.

Keywords

Gaya Berpikir Kemampuan Pemodelan Matematika Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)

Article Details

How to Cite
Fadhila, A., & Granita, G. (2024). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 319–326. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.319-326

References

  1. Blum, W., & Ferri, R. B. (2009). Mathematical Modelling : Can It Be Taught And Learnt? Journal of Mathematical Modelling and Application, 1(1), 47.
  2. DePorter, & Hernacki. (2004). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan(XX). Kaifa.
  3. Greefrath, G., & Vorholter, K. (2016). Teaching and Learning Mathematical Modelling. In ICME-13 Topical Surveys. Springer Nature.
  4. Gregorc, A. F. (1998). The Mind Styles Model : Theory, principles and practice : a prime. Gregorc Associates.
  5. Hartono, J. A., & Karnasih, I. (2017). Pentingnya Pemodelan Matematis dalam Pembelajaran Matematika. In : Seminar Nasional Matematika(SEMNASTIKA), 1126.
  6. Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.
  7. Maulani, V. A., Muslim, S. R., & Apiati, V. (2022). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematika Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Berpikir Gregorc. Jurnal Kongruen, 1(3), 270.
  8. Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
  9. Pitriani. (2016). Kemampuan Pemodelan Matematika dalam Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika(JES-MAT), 2, 1. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i1.282
  10. Purnama, A. N., Agus, I., & Halistin. (2023). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2sm), 7(1), 8. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.1-9
  11. Sugiyono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Alfabeta.
  12. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  13. Sumandya, I. W. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Emasains, 7(1), 64–65. https://doi.org/10.5281/zenodo.1407741
  14. Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung, dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Kognitif. Invotec, 11(1), 37.
  15. Suswanto, F. R., Tobondo, Y. V., & Riskiningtyas, L. (2017). Kemampuan Abstraksi dalam Pemodelan Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 301.
  16. Tanu, M., Ralmugiz, U., & Yusuf, S. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematis Anak-anak di Kampung Adat Boti. Mega Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 46–54. https://doi.org/10.59098/mega.v3i1.673
  17. Ulya, T. M. M., Maidiyah, E., & Zaura, B. (2022). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa SMP dalam Materi Statistika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Ilmiyah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 7(2), 163.
  18. Yudhiarti, N. P., Zalafi, Z., Nubiasyanti, W. S., Abubakar, R., & Hidayat, D. A. J. (2023). Psikologi Pendidikan. Azka Pustaka.