Main Article Content
Abstract
Analisis bibliometrik merupakan analisis yang mendeskripsikan dan membuat peta struktural penelitian ilmiah yang dikumpulkan dari metadata artikel/jurnal. Tujuan dari penelitian analisis bibliometrik ini adalah untuk mengidentifikasi peluang dan perkembangan tren penelitian terkait pengembangan e-modul berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode bibliometrik dengan mengumpulkandata publikasi tahun 2019-2024 melalui website Google Scholar berbantuan software Publish or Perish dengan kata kunci Stem, critical thinking, modul, mathematics, geometry. Analisis data bibliometrik menggunakan software VOS Viewer dengan menampilkan 3 visualisasi yaitu network visualization, overlay visualization, dan density visualization. Hasil penelitian menunjukkan dari 996 jumlah minimun tampilan kata dari kata kunci terkait yang memenuhi ambang atas hanya 127 sedangkan yang terpilih adalah sebanyak 76 kata. Berdasarkan hasil analisis bibliometrik variabel yang berhubungan dengan kemampuan berpikir kritis matematis yang mempunyai peluang dan inovasi untuk penelitian selanjutnya adalah stem module, stem learning, geometric, critical thinking ability, e-module, virtual reality, stem approach dan student critical thinking.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Zulfida Sahranti, Effie Efrida Muchlis, Febri Kristiani, Syafdi Maizora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdullah, I. H. (2016). Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–75. https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.100
- Aprilia, P. N., Khoirunisa, F. S., Husna, A. M., & Asri, M. M. (2023). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar dengan Model dan Media Inovatif. Cahya Ghani Recovery.
- Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22
- Dolapcioglu, S., & Doğanay, A. (2022). Development of critical thinking in mathematics classes via authentic learning: an action research. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(6), 1363–1386. https://doi.org/10.1080/0020739X.2020.1819573
- Faryanti, & Efendi, R. (2023). Analisis Bibliometrik Model Flipped Classroom Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(Social Science Research), 5350–5370.
- Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822
- Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057
- Hasanah, U. (2020). Los impactos de la instrucción STEM en el fortalecimiento de las habilidades de razonamiento de los estudiantes de bachillerato. Science Education International, 31(3), 273–282.
- Maziyah, K. N., & Hidayati, F. H. (2022). Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan STEM untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Trignometri. Jurnal Tadris Matematika, 5(2), 241–256. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.2.241-256
- Muhammad, I., Himmawan, D. F., Mardliyah, S., & Dasari, D. (2023). Analisis Bibliometrik: Fokus Penelitian Critical Thinking Dalam Pembelajaran Matematika (2017 €“ 2022). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(1), 19–32. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.14759
- Nursandi, M., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2022) ANALISIS BIBLIOMETRIK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 54-61.
- Pasaribu, F. T., & Ramalisa, Y. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri SMP Menggunakan 3D Pageflip Professional Berbasis RME Terintegrasi STEM. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 55–66. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i01.2374
- Rahmadhani, M. K., Yulia, & Fitriza, R. (2023). Pengembangan Pocket Book Berbasis STEM (Science, Technology,Engineering, and Mathematics) Untuk Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 155–168.
- Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
- Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15–28. https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269
- Sarman, S. N., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS Viewer. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 117-128. https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.590
- Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682
- Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179
- Wulandari, R., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2023). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS Viewer Bibliometric. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 133–140. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.120
References
Abdullah, I. H. (2016). Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–75. https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.100
Aprilia, P. N., Khoirunisa, F. S., Husna, A. M., & Asri, M. M. (2023). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar dengan Model dan Media Inovatif. Cahya Ghani Recovery.
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22
Dolapcioglu, S., & Doğanay, A. (2022). Development of critical thinking in mathematics classes via authentic learning: an action research. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(6), 1363–1386. https://doi.org/10.1080/0020739X.2020.1819573
Faryanti, & Efendi, R. (2023). Analisis Bibliometrik Model Flipped Classroom Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(Social Science Research), 5350–5370.
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822
Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057
Hasanah, U. (2020). Los impactos de la instrucción STEM en el fortalecimiento de las habilidades de razonamiento de los estudiantes de bachillerato. Science Education International, 31(3), 273–282.
Maziyah, K. N., & Hidayati, F. H. (2022). Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan STEM untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Trignometri. Jurnal Tadris Matematika, 5(2), 241–256. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.2.241-256
Muhammad, I., Himmawan, D. F., Mardliyah, S., & Dasari, D. (2023). Analisis Bibliometrik: Fokus Penelitian Critical Thinking Dalam Pembelajaran Matematika (2017 €“ 2022). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(1), 19–32. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.14759
Nursandi, M., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2022) ANALISIS BIBLIOMETRIK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 54-61.
Pasaribu, F. T., & Ramalisa, Y. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri SMP Menggunakan 3D Pageflip Professional Berbasis RME Terintegrasi STEM. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 55–66. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i01.2374
Rahmadhani, M. K., Yulia, & Fitriza, R. (2023). Pengembangan Pocket Book Berbasis STEM (Science, Technology,Engineering, and Mathematics) Untuk Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 155–168.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15–28. https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269
Sarman, S. N., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS Viewer. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 117-128. https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.590
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179
Wulandari, R., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2023). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS Viewer Bibliometric. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 133–140. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.120