Main Article Content

Abstract

Di era digital saat ini, media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube menawarkan peluang baru sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika, terutama bagi siswa sekolah dasar yang membutuhkan pendekatan interaktif. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas media sosial dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan kualitatif, melibatkan observasi, angket siswa, dan wawancara. Pendekatan ini membantu memahami respon, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi matematika yang disajikan secara visual dan interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial mampu meningkatkan partisipasi siswa serta mempermudah mereka dalam memahami konsep-konsep dasar matematika dengan lebih efektif. Mayoritas siswa merasa lebih termotivasi belajar matematika melalui media sosial dibandingkan metode konvensional, berkat konten yang menarik dan mudah diakses. Meskipun terdapat tantangan, seperti distraksi dari konten yang tidak berhubungan dengan pendidikan, penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik mengenai potensi besar media sosial dalam memperkuat pembelajaran matematika di era digital.

Keywords

Era Digital Interaktif Matematika Media Sosial Motivasi

Article Details

Author Biographies

Inneke Najmah Zahirah, Universitas PGRI Wiranegara

Prodi S1 ​​Pendidikan Matematika Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Wiranegara

Andika Setyo Budi Lestari, Universitas PGRI Wiranegara

Prodi S1 ​​Pendidikan Matematika Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Wiranegara

Dewi Nurmalitasari, Universitas PGRI Wiranegara

Prodi S1 Pendidikan Matematika Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Wiranegara

How to Cite
Zahirah, I. N., Lestari, A. S. B., & Nurmalitasari, D. (2024). EKSPLORASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR PADA ERA DIGITAL . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 293–301. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.293-301

References

  1. Anggraeni, E. R., Ma’rufi, M., & Suaedi, S. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 43–55. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.503
  2. Apriyanto, M. T., & Hilmi, R. A. (2019). Media Pembelajaran Matematika ( Mobile Learning ) Berbasis Android. SEMINAR NASIONAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (SNP2M), 115–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1690
  3. Astri, N., Wiarta, I., & Wulandari, I. (2022). Desain Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 575–585.
  4. Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
  5. I.G.N.J.A. Pratama, I.G.P. Sudiarta, & I.N. Sukajaya. (2023). Desain Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Dengan Bantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(1), 22–33. https://doi.org/10.23887/jppmi.v12i1.1445
  6. Ika, R., Pratiwi, M., & Wiarta, I. W. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika. 8(1), 85–94.
  7. Iswara, L., & Cahdriyana, R. A. (2022). Desain Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Berbantuan Geogebra pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 79–87. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2073
  8. Khairunnisa, A., Gozali, S. M., & Juandi, D. (2022). Systematic Literature Review : Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. 06(02), 1846–1856.
  9. Lamaka, R. A. Y., Zakaria, P., & Isa, D. R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Website Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Segiempat Dan Segitiga. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(September), 87–95.
  10. Marfu, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/view/54339
  11. Mukarramah, M., Edy, S., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah matematika Peserta Didik SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 67. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13309
  12. Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sma pada materi turunan fungsi aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32.
  13. Sari, F. Y., Supriadi, N., Wahyu, R., Putra, Y., Tarbiyah, F., Raden, U. I. N., & Lampung, I. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout : Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. 11, 95–106.
  14. Sonia, A., Aminah, M., & Sholihat, M. N. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjungsiang Tahun Pelajaran 2021/2022). 2(1), 18–27.
  15. Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399
  16. Zaharah, N., Marzal, J., & Effendi-Hsb, M. H. (2021). Desain Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Quantum Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2768–2782. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.733