Main Article Content
Abstract
Di era digital saat ini, media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube menawarkan peluang baru sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika, terutama bagi siswa sekolah dasar yang membutuhkan pendekatan interaktif. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas media sosial dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan kualitatif, melibatkan observasi, angket siswa, dan wawancara. Pendekatan ini membantu memahami respon, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi matematika yang disajikan secara visual dan interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial mampu meningkatkan partisipasi siswa serta mempermudah mereka dalam memahami konsep-konsep dasar matematika dengan lebih efektif. Mayoritas siswa merasa lebih termotivasi belajar matematika melalui media sosial dibandingkan metode konvensional, berkat konten yang menarik dan mudah diakses. Meskipun terdapat tantangan, seperti distraksi dari konten yang tidak berhubungan dengan pendidikan, penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik mengenai potensi besar media sosial dalam memperkuat pembelajaran matematika di era digital.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Inneke Najmah Zahirah, Andika Setyo Budi Lestari, Dewi Nurmalitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anggraeni, E. R., Ma’rufi, M., & Suaedi, S. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 43–55. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.503
- Apriyanto, M. T., & Hilmi, R. A. (2019). Media Pembelajaran Matematika ( Mobile Learning ) Berbasis Android. SEMINAR NASIONAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (SNP2M), 115–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1690
- Astri, N., Wiarta, I., & Wulandari, I. (2022). Desain Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 575–585.
- Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
- I.G.N.J.A. Pratama, I.G.P. Sudiarta, & I.N. Sukajaya. (2023). Desain Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Dengan Bantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(1), 22–33. https://doi.org/10.23887/jppmi.v12i1.1445
- Ika, R., Pratiwi, M., & Wiarta, I. W. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika. 8(1), 85–94.
- Iswara, L., & Cahdriyana, R. A. (2022). Desain Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Berbantuan Geogebra pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 79–87. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2073
- Khairunnisa, A., Gozali, S. M., & Juandi, D. (2022). Systematic Literature Review : Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. 06(02), 1846–1856.
- Lamaka, R. A. Y., Zakaria, P., & Isa, D. R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Website Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Segiempat Dan Segitiga. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(September), 87–95.
- Marfu, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/view/54339
- Mukarramah, M., Edy, S., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah matematika Peserta Didik SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 67. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13309
- Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sma pada materi turunan fungsi aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32.
- Sari, F. Y., Supriadi, N., Wahyu, R., Putra, Y., Tarbiyah, F., Raden, U. I. N., & Lampung, I. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout : Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. 11, 95–106.
- Sonia, A., Aminah, M., & Sholihat, M. N. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjungsiang Tahun Pelajaran 2021/2022). 2(1), 18–27.
- Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399
- Zaharah, N., Marzal, J., & Effendi-Hsb, M. H. (2021). Desain Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Quantum Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2768–2782. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.733
References
Anggraeni, E. R., Ma’rufi, M., & Suaedi, S. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 43–55. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.503
Apriyanto, M. T., & Hilmi, R. A. (2019). Media Pembelajaran Matematika ( Mobile Learning ) Berbasis Android. SEMINAR NASIONAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (SNP2M), 115–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1690
Astri, N., Wiarta, I., & Wulandari, I. (2022). Desain Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 575–585.
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
I.G.N.J.A. Pratama, I.G.P. Sudiarta, & I.N. Sukajaya. (2023). Desain Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Dengan Bantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(1), 22–33. https://doi.org/10.23887/jppmi.v12i1.1445
Ika, R., Pratiwi, M., & Wiarta, I. W. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika. 8(1), 85–94.
Iswara, L., & Cahdriyana, R. A. (2022). Desain Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Berbantuan Geogebra pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 79–87. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2073
Khairunnisa, A., Gozali, S. M., & Juandi, D. (2022). Systematic Literature Review : Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. 06(02), 1846–1856.
Lamaka, R. A. Y., Zakaria, P., & Isa, D. R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Website Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Segiempat Dan Segitiga. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(September), 87–95.
Marfu, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/view/54339
Mukarramah, M., Edy, S., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah matematika Peserta Didik SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 67. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13309
Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sma pada materi turunan fungsi aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32.
Sari, F. Y., Supriadi, N., Wahyu, R., Putra, Y., Tarbiyah, F., Raden, U. I. N., & Lampung, I. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout : Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. 11, 95–106.
Sonia, A., Aminah, M., & Sholihat, M. N. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjungsiang Tahun Pelajaran 2021/2022). 2(1), 18–27.
Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399
Zaharah, N., Marzal, J., & Effendi-Hsb, M. H. (2021). Desain Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Quantum Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2768–2782. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.733