Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan disekolah serta bahan ajar yang digunakan belum berbasis IT sesuai dengan tuntutan kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android menggunakan Adobe Animate yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp. Tahapan yang digunakan dalam model pengembangan ini adalah Preliminary Research dan Prototyping Phase. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Berdasarkan hasil penilaian validator yaitu ahli media dan ahli materi diperoleh persentase penilaian akhir kevalidan media pembelajaran 87,9% dengan kategori sangat valid. Nilai kepraktisan dengan guru memperoleh nilai akhir 86,7% dengan kategori sangat praktis. Nilai akhir uji coba kepraktisan siswa diperoleh persentase 84,1% dengan kategori sangat praktis. Jadi kepraktisan penggunaan media sangat praktis dengan rata-rata persentase 83,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Animate pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan siswa.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Fajriyansyah Fajriyansyah, Dewi Yuliana Fitri, Melisa Melisa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.
- Astuti, I. A. D., Dasmo, & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695–701.
- https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10525
- Charissudin, A., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Animasi Menggunakan Aplikasi Swishmax. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 10–19.
- https://doi.org/10.21580/square.2021.3.1.7522.
- Fitri, F., Lamada, M. S., & Zulhajji, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19720.
- Izzati, F., Firamadhina, R., & Krisnani, H. (2016). Perilaku Generasi Z terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok : TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Social work jurnal, 10, 199–208.
- Nur’aini, L., Harahap, E., Badruzzaman, H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra 16(02). 1412-5056 / 2598-8980.
- https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
- Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development.
- Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Diterbitkan Oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES, 3(1), 59–72.
- Siagian, M. D. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 58–67.
- Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Referensi
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.
Astuti, I. A. D., Dasmo, & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695–701.
https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10525
Charissudin, A., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Animasi Menggunakan Aplikasi Swishmax. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 10–19.
https://doi.org/10.21580/square.2021.3.1.7522.
Fitri, F., Lamada, M. S., & Zulhajji, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19720.
Izzati, F., Firamadhina, R., & Krisnani, H. (2016). Perilaku Generasi Z terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok : TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Social work jurnal, 10, 199–208.
Nur’aini, L., Harahap, E., Badruzzaman, H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra 16(02). 1412-5056 / 2598-8980.
https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Diterbitkan Oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES, 3(1), 59–72.
Siagian, M. D. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 58–67.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.