Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif berbasis geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matemtis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan desain ADDIE. Hasil penelitian yaitu (1) desain multimedia interaktif berbasis geogebra pada materi segitiga dan segiempat valid dalam peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas 7. (2) Pembelajaran dengan multimedia interaktif berbasis geogebra pada materi segitiga dan segiempat praktis dalam peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas. (3) Pembelajaran dengan multimedia interaktif berbasis geogebra pada materi segitiga dan segiempat efektif dalam peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas 7.

Keywords

Geogebra Multimedia Pemahaman Konsep

Article Details

How to Cite
Buchori, A., Uyun, F. I., Endahwuri, D., & Hartoyo, A. (2024). DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GEOGEBRA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT GUNA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 7. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 284–292. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.284-292

References

  1. Anggraeni, E. R., Ma’rufi, M., & Suaedi, S. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 43–55. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.503
  2. Apriyanto, M. T., & Hilmi, R. A. (2019). Media Pembelajaran Matematika ( Mobile Learning ) Berbasis Android. SEMINAR NASIONAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (SNP2M), 115–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1690
  3. Astri, N., Wiarta, I., & Wulandari, I. (2022). Desain Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 575–585.
  4. Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
  5. I.G.N.J.A. Pratama, I.G.P. Sudiarta, & I.N. Sukajaya. (2023). Desain Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Dengan Bantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(1), 22–33. https://doi.org/10.23887/jppmi.v12i1.1445
  6. Ika, R., Pratiwi, M., & Wiarta, I. W. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika. 8(1), 85–94.
  7. Iswara, L., & Cahdriyana, R. A. (2022). Desain Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Berbantuan Geogebra pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 79–87. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2073
  8. Khairunnisa, A., Gozali, S. M., & Juandi, D. (2022). Systematic Literature Review : Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. 06(02), 1846–1856.
  9. Lamaka, R. A. Y., Zakaria, P., & Isa, D. R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Website Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Segiempat Dan Segitiga. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(September), 87–95.
  10. Marfu, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/view/54339
  11. Mukarramah, M., Edy, S., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah matematika Peserta Didik SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 67. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13309
  12. Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sma pada materi turunan fungsi aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32.
  13. Sari, F. Y., Supriadi, N., Wahyu, R., Putra, Y., Tarbiyah, F., Raden, U. I. N., & Lampung, I. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout : Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. 11, 95–106.
  14. Sonia, A., Aminah, M., & Sholihat, M. N. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjungsiang Tahun Pelajaran 2021/2022). 2(1), 18–27.
  15. Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399
  16. Zaharah, N., Marzal, J., & Effendi-Hsb, M. H. (2021). Desain Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Quantum Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2768–2782. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.733