Main Article Content

Abstract

Hasil studi pendahuluan mengungkapkan bahwa terdapat miskonsepsi yang ditemui pada siswa kelas VIII pada soal bilangan eksponen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat siswa yang mengalami miskonsepsi, tidak tahu konsep, dan tahu konsep dengan menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dalam jenis kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Rejotangan dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa. Teknik tes dengan 5 butir soal uraian yang dilengkapi CRI untuk mengukur tingkat keyakinan siswa terhadap jawaban mereka, serta teknik nontes yaitu dilakukannya observasi dan wawancara, sebagai bagian dari teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi yang didasarkan pada data hasil pengamatan, data hasil tes siswa, dan data wawancara. Penelitian ini memaparkan temuan bahwa 43,2% siswa mengalami miskonsepsi, 52,8% siswa tidak tahu konsep, dan 4% siswa tahu konsep. Penyebab-penyebab terjadinya miskonsepsi tergolong dalam dua faktor, yaitu internal dan eksternal.

Keywords

Bilangan Eksponen CRI Miskonsepsi

Article Details

How to Cite
Wulandari, F. A., & Darmawan, P. (2024). ANALISIS TINGKAT MISKONSEPSI SISWA TERKAIT BILANGAN EKSPONEN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DAN PENYEBABNYA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 385–394. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.385-394

References

  1. Afanti, A. M., Fadillah, S., & Hartono, H. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) di Kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 2(1), 39-50. https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/61
  2. Amalia, R. M. & Khabibah, S. (2022). Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Logaritma. MATHEdunesa, 11(2), 597-605. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p597-605
  3. Amira, S., & Mailani, E. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Campuran Menggunakan Certainty of Respon Index (CRI) di SDN 105300 Deli Tua. Jurnal Handayani, 14(1), 68-74. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/47090/21487
  4. Anisa, & Nisak, K. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa terhadap Bilangan Berpangkat. Student Research Journal, 1(6), 273-286. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i6.847
  5. Bolo, A., Sentryo, I., & Sumarna, N. (2020). Identifikasi Miskonsepsi dengan Certainty Response Index (CRI) Mengenai Konsep Bilangan Bulat di Kelas IVC SDN 7 Kendari Barat. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 85-93. http://dx.doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13792
  6. Fakhruddin, F., Azizahwati, A., & Rahmi, Y. (2012). Analisis Penyebab Miskonsepsi Siswa pada Pelajaran Fisika di Kelas XII SMA/MA Kota Duri. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 87-98. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v3i1.1988
  7. Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Rekonstruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan pada Ilmu Pendidikan, Sosial, & Humaniora. Batu: Literasi Nusantara.
  8. Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconceptions and The Certainty of Response Index (CRI). Physics Education, 34(5), 294-299. http://dx.doi.org/10.1088/0031-9120/34/5/304
  9. Hidayat, F. A., Irianti, M., & Fathurrahman, F. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa dan Faktor Penyebabnya pada Pembelajaran Kimia di Kabupaten Sorong. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.36232/basa.v1i1.456
  10. Hidayat, W. & Fauzi, F. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XII Kota Cimahi pada Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 6(2), 561-572. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.17433
  11. Izza, R. I., Nurhamidah, N., & Elvinawati, E. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) pada Pokok Bahasan Asam Basa. ALOTROP: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(1), 55-63. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16487
  12. Kurniawan, R. A., Nurhayati, E., & Nugraha, D. A. (2022). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Tes CRI pada Materi Pecahan di SMP Negeri 4 Majenang Cilacap. Jurnal Kongruen, 1(2), 109-115. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/kongruen/article/view/10902
  13. Nuraina, N. & Rohantizani, R. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Turunan di SMA Negeri 1 Muara Batu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 95-105. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.95-105
  14. Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49-60. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.640
  15. Nurwahida, N. & Munir, N. P. (2022). Analisis Miskonsepsi Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test dilengkapi Certainty of Response Index. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(3), 153-164. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i3.455
  16. Priyaningsih, S. & Suyono, S. (2020). Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. PRISMA, 9(2), 146-153. http://dx.doi.org/10.35194/jp.v9i2.1069
  17. Putri, J. H., Diva, D. F., Dalimunthe, N. F., Prasiska, M., & Irani, A, R. (2024). Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tinjauan Literatur terhadap Penelitian-Penelitian Terbaru. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 4(3), 580-589. http://dx.doi.org/10.53299/jagomipa.v4i3.749
  18. Rahmawati, S., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2024). Analisis Miskonsepsi Matematika Siswa Menggunakan Certainty of Response Index Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Educatio, 10(4), 1095-1101. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8746
  19. Risdaniati, E., Putra, R. W., & Ambarwati, R. (2021). Perpangkatan dan Bentuk Akar: Soal dan Pembahasan. Bandar Lampung: Arjasa Pratama.
  20. Salsabila, T. N., Basir, M. A., & Ubaidah, N. (2024). Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Bilangan Berpangkat. Differential: Journal on Mathematics Education, 2(1), 110-125. https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.218
  21. Sinaga, J., Mailani, E., Simbolon, N., Tamba, R., & Manurung, I. F. U. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bilangan Desimal dengan Metode Certainty of Response Index (CRI) di Kelas V Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 527-534. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.57489
  22. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  23. Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.
  24. Syahril, R. F. & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika pada Materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMA/MA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2816-2825. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.766
  25. Yuliana, I. (2023). Kajian Literatur: Miskonsepsi dan Metode Identifikasinya. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 13(1), 267-275. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPF/article/view/59295
  26. Yulianti, Y. & Yuhana, Y. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi KPK dan FPB Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1812-1827. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11573