Main Article Content
Abstract
Hasil studi pendahuluan mengungkapkan bahwa terdapat miskonsepsi yang ditemui pada siswa kelas VIII pada soal bilangan eksponen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat siswa yang mengalami miskonsepsi, tidak tahu konsep, dan tahu konsep dengan menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dalam jenis kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Rejotangan dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa. Teknik tes dengan 5 butir soal uraian yang dilengkapi CRI untuk mengukur tingkat keyakinan siswa terhadap jawaban mereka, serta teknik nontes yaitu dilakukannya observasi dan wawancara, sebagai bagian dari teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi yang didasarkan pada data hasil pengamatan, data hasil tes siswa, dan data wawancara. Penelitian ini memaparkan temuan bahwa 43,2% siswa mengalami miskonsepsi, 52,8% siswa tidak tahu konsep, dan 4% siswa tahu konsep. Penyebab-penyebab terjadinya miskonsepsi tergolong dalam dua faktor, yaitu internal dan eksternal.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Fatima Ayu Wulandari, Puguh Darmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Afanti, A. M., Fadillah, S., & Hartono, H. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) di Kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 2(1), 39-50. https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/61
- Amalia, R. M. & Khabibah, S. (2022). Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Logaritma. MATHEdunesa, 11(2), 597-605. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p597-605
- Amira, S., & Mailani, E. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Campuran Menggunakan Certainty of Respon Index (CRI) di SDN 105300 Deli Tua. Jurnal Handayani, 14(1), 68-74. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/47090/21487
- Anisa, & Nisak, K. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa terhadap Bilangan Berpangkat. Student Research Journal, 1(6), 273-286. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i6.847
- Bolo, A., Sentryo, I., & Sumarna, N. (2020). Identifikasi Miskonsepsi dengan Certainty Response Index (CRI) Mengenai Konsep Bilangan Bulat di Kelas IVC SDN 7 Kendari Barat. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 85-93. http://dx.doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13792
- Fakhruddin, F., Azizahwati, A., & Rahmi, Y. (2012). Analisis Penyebab Miskonsepsi Siswa pada Pelajaran Fisika di Kelas XII SMA/MA Kota Duri. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 87-98. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v3i1.1988
- Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Rekonstruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan pada Ilmu Pendidikan, Sosial, & Humaniora. Batu: Literasi Nusantara.
- Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconceptions and The Certainty of Response Index (CRI). Physics Education, 34(5), 294-299. http://dx.doi.org/10.1088/0031-9120/34/5/304
- Hidayat, F. A., Irianti, M., & Fathurrahman, F. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa dan Faktor Penyebabnya pada Pembelajaran Kimia di Kabupaten Sorong. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.36232/basa.v1i1.456
- Hidayat, W. & Fauzi, F. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XII Kota Cimahi pada Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 6(2), 561-572. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.17433
- Izza, R. I., Nurhamidah, N., & Elvinawati, E. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) pada Pokok Bahasan Asam Basa. ALOTROP: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(1), 55-63. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16487
- Kurniawan, R. A., Nurhayati, E., & Nugraha, D. A. (2022). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Tes CRI pada Materi Pecahan di SMP Negeri 4 Majenang Cilacap. Jurnal Kongruen, 1(2), 109-115. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/kongruen/article/view/10902
- Nuraina, N. & Rohantizani, R. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Turunan di SMA Negeri 1 Muara Batu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 95-105. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.95-105
- Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49-60. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.640
- Nurwahida, N. & Munir, N. P. (2022). Analisis Miskonsepsi Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test dilengkapi Certainty of Response Index. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(3), 153-164. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i3.455
- Priyaningsih, S. & Suyono, S. (2020). Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. PRISMA, 9(2), 146-153. http://dx.doi.org/10.35194/jp.v9i2.1069
- Putri, J. H., Diva, D. F., Dalimunthe, N. F., Prasiska, M., & Irani, A, R. (2024). Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tinjauan Literatur terhadap Penelitian-Penelitian Terbaru. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 4(3), 580-589. http://dx.doi.org/10.53299/jagomipa.v4i3.749
- Rahmawati, S., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2024). Analisis Miskonsepsi Matematika Siswa Menggunakan Certainty of Response Index Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Educatio, 10(4), 1095-1101. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8746
- Risdaniati, E., Putra, R. W., & Ambarwati, R. (2021). Perpangkatan dan Bentuk Akar: Soal dan Pembahasan. Bandar Lampung: Arjasa Pratama.
- Salsabila, T. N., Basir, M. A., & Ubaidah, N. (2024). Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Bilangan Berpangkat. Differential: Journal on Mathematics Education, 2(1), 110-125. https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.218
- Sinaga, J., Mailani, E., Simbolon, N., Tamba, R., & Manurung, I. F. U. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bilangan Desimal dengan Metode Certainty of Response Index (CRI) di Kelas V Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 527-534. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.57489
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.
- Syahril, R. F. & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika pada Materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMA/MA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2816-2825. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.766
- Yuliana, I. (2023). Kajian Literatur: Miskonsepsi dan Metode Identifikasinya. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 13(1), 267-275. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPF/article/view/59295
- Yulianti, Y. & Yuhana, Y. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi KPK dan FPB Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1812-1827. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11573
References
Afanti, A. M., Fadillah, S., & Hartono, H. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) di Kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 2(1), 39-50. https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/61
Amalia, R. M. & Khabibah, S. (2022). Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Logaritma. MATHEdunesa, 11(2), 597-605. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p597-605
Amira, S., & Mailani, E. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Campuran Menggunakan Certainty of Respon Index (CRI) di SDN 105300 Deli Tua. Jurnal Handayani, 14(1), 68-74. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/47090/21487
Anisa, & Nisak, K. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa terhadap Bilangan Berpangkat. Student Research Journal, 1(6), 273-286. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i6.847
Bolo, A., Sentryo, I., & Sumarna, N. (2020). Identifikasi Miskonsepsi dengan Certainty Response Index (CRI) Mengenai Konsep Bilangan Bulat di Kelas IVC SDN 7 Kendari Barat. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 85-93. http://dx.doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13792
Fakhruddin, F., Azizahwati, A., & Rahmi, Y. (2012). Analisis Penyebab Miskonsepsi Siswa pada Pelajaran Fisika di Kelas XII SMA/MA Kota Duri. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 87-98. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v3i1.1988
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Rekonstruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan pada Ilmu Pendidikan, Sosial, & Humaniora. Batu: Literasi Nusantara.
Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconceptions and The Certainty of Response Index (CRI). Physics Education, 34(5), 294-299. http://dx.doi.org/10.1088/0031-9120/34/5/304
Hidayat, F. A., Irianti, M., & Fathurrahman, F. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa dan Faktor Penyebabnya pada Pembelajaran Kimia di Kabupaten Sorong. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.36232/basa.v1i1.456
Hidayat, W. & Fauzi, F. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XII Kota Cimahi pada Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 6(2), 561-572. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.17433
Izza, R. I., Nurhamidah, N., & Elvinawati, E. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) pada Pokok Bahasan Asam Basa. ALOTROP: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(1), 55-63. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16487
Kurniawan, R. A., Nurhayati, E., & Nugraha, D. A. (2022). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Tes CRI pada Materi Pecahan di SMP Negeri 4 Majenang Cilacap. Jurnal Kongruen, 1(2), 109-115. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/kongruen/article/view/10902
Nuraina, N. & Rohantizani, R. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Turunan di SMA Negeri 1 Muara Batu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 95-105. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.95-105
Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49-60. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.640
Nurwahida, N. & Munir, N. P. (2022). Analisis Miskonsepsi Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test dilengkapi Certainty of Response Index. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(3), 153-164. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i3.455
Priyaningsih, S. & Suyono, S. (2020). Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. PRISMA, 9(2), 146-153. http://dx.doi.org/10.35194/jp.v9i2.1069
Putri, J. H., Diva, D. F., Dalimunthe, N. F., Prasiska, M., & Irani, A, R. (2024). Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tinjauan Literatur terhadap Penelitian-Penelitian Terbaru. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 4(3), 580-589. http://dx.doi.org/10.53299/jagomipa.v4i3.749
Rahmawati, S., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2024). Analisis Miskonsepsi Matematika Siswa Menggunakan Certainty of Response Index Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Educatio, 10(4), 1095-1101. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8746
Risdaniati, E., Putra, R. W., & Ambarwati, R. (2021). Perpangkatan dan Bentuk Akar: Soal dan Pembahasan. Bandar Lampung: Arjasa Pratama.
Salsabila, T. N., Basir, M. A., & Ubaidah, N. (2024). Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Bilangan Berpangkat. Differential: Journal on Mathematics Education, 2(1), 110-125. https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.218
Sinaga, J., Mailani, E., Simbolon, N., Tamba, R., & Manurung, I. F. U. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bilangan Desimal dengan Metode Certainty of Response Index (CRI) di Kelas V Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 527-534. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.57489
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.
Syahril, R. F. & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika pada Materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMA/MA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2816-2825. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.766
Yuliana, I. (2023). Kajian Literatur: Miskonsepsi dan Metode Identifikasinya. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 13(1), 267-275. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPF/article/view/59295
Yulianti, Y. & Yuhana, Y. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi KPK dan FPB Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1812-1827. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11573