Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media puzzle pizza berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap konsep dasar pecahan pada siswa kelas III SD 2 Megawon. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep dasar pecahan dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang kontekstual. Media puzzle pizza dipilih karena memiliki karakteristik yang sesuai dengan pendekatan PMRI dan dekat dengan keberadaan di lingkungan siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penggunaan media puzzle pizza dapat meningkatkan pengetahuan siswa terhadap konsep dasar pecahan dan mereka mampu mengaitkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media puzzle pizza efektif digunakan sebagai pengantar materi pecahan, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Anif Maghfiroh, Reina Rizky, Eka Zuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Creswell (2016). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Belajar.
- Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
- Firdaus, A. (2018). Pendekatan Matematika Realistik dengan Bantuan Puzzle Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 248-250. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p243-252
- Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan Pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. JIPMat, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418
- Jannah I., & Setyawan, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 Matematika melalui Media Papan Puzzle Pecahan pada Siswa Kelas II SDN Bancaran 3 Bangkalan. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i1.131
- Jayanti, Dkk. (2023). Numerasi Pembelajaran Matematika SD Berbasis E-Learning. Bening media Publishing.
- JB Hutauruk, Agusmanto, dan Tutiarny Naibaho. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Journal of Mathematics Education and Applied 1, 279. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227
- Kudsiah, M., & Alwi, M. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pecahan Matematika Materi Penjumlahan Pecahan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 102–106. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2431
- Latri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.26858/jkp.v3i1.8164
- Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028-1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497
- Mariyani, I. I. (2019). Pengembangan Media (KAPIMA) Kartu Pintar Matematika pada Materi Bilangan Pecahan untuk Siswa Kelas V SD. Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Malang.
- Nisem, N. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Menghitung Pecahan Senilai Menggunakan Media Puzzle. Jurnal Ilmiah WUNY,2(1), 88-100. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30949
- Prawismo, S. A., Sajida, A. H., Habibah, P. J. M., Zainuddin, M., & Mas’ula, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle dalam Pembelajaran Materi Pecahan bagi Siswa Kelas Rendah SD Negeri Jatinom 03. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 102. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6846
- Putrawangsa, S. (2017). Desain Pembelajaran Matematika Realistik. CV. Reka Karya Amerta.
- Sakinah, A., Lubis, N. & Paini. (2022). The Application of Realistic Mathematic Education (RME) Increasing Students' Mathematics Learning Outcomes in Class VI Social Materials SDN 101878 Kanan I Tanjung Morawa. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 1(1), 63-67. DOI: https://doi.org/10.55299/ijere.v1i1.98
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.
- Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
- Suryani, A., Anisah, A. S., & Muhamad, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa pada Materi Pecahan melalui Model Problem Based Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,8(3), 2745-2764. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11160
- Susanto, A. W. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika bagi Anak Autisme (Studi Kasus di SLBN Badegan Ponorogo). IAIN PONOROGO.
- Titiek, Berlian. (2021). Pengembangan Media Puzzle Pecahan pada Materi Pecahan Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Mataram.
References
Creswell (2016). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Belajar.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Firdaus, A. (2018). Pendekatan Matematika Realistik dengan Bantuan Puzzle Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 248-250. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p243-252
Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan Pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. JIPMat, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418
Jannah I., & Setyawan, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 Matematika melalui Media Papan Puzzle Pecahan pada Siswa Kelas II SDN Bancaran 3 Bangkalan. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i1.131
Jayanti, Dkk. (2023). Numerasi Pembelajaran Matematika SD Berbasis E-Learning. Bening media Publishing.
JB Hutauruk, Agusmanto, dan Tutiarny Naibaho. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Journal of Mathematics Education and Applied 1, 279. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227
Kudsiah, M., & Alwi, M. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pecahan Matematika Materi Penjumlahan Pecahan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 102–106. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2431
Latri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.26858/jkp.v3i1.8164
Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028-1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497
Mariyani, I. I. (2019). Pengembangan Media (KAPIMA) Kartu Pintar Matematika pada Materi Bilangan Pecahan untuk Siswa Kelas V SD. Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Malang.
Nisem, N. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Menghitung Pecahan Senilai Menggunakan Media Puzzle. Jurnal Ilmiah WUNY,2(1), 88-100. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30949
Prawismo, S. A., Sajida, A. H., Habibah, P. J. M., Zainuddin, M., & Mas’ula, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle dalam Pembelajaran Materi Pecahan bagi Siswa Kelas Rendah SD Negeri Jatinom 03. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 102. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6846
Putrawangsa, S. (2017). Desain Pembelajaran Matematika Realistik. CV. Reka Karya Amerta.
Sakinah, A., Lubis, N. & Paini. (2022). The Application of Realistic Mathematic Education (RME) Increasing Students' Mathematics Learning Outcomes in Class VI Social Materials SDN 101878 Kanan I Tanjung Morawa. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 1(1), 63-67. DOI: https://doi.org/10.55299/ijere.v1i1.98
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suryani, A., Anisah, A. S., & Muhamad, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa pada Materi Pecahan melalui Model Problem Based Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,8(3), 2745-2764. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11160
Susanto, A. W. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika bagi Anak Autisme (Studi Kasus di SLBN Badegan Ponorogo). IAIN PONOROGO.
Titiek, Berlian. (2021). Pengembangan Media Puzzle Pecahan pada Materi Pecahan Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Mataram.