Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media puzzle pizza berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap konsep dasar pecahan pada siswa kelas III SD 2 Megawon. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep dasar pecahan dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang kontekstual. Media puzzle pizza dipilih karena memiliki karakteristik yang sesuai dengan pendekatan PMRI dan dekat dengan keberadaan di lingkungan siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penggunaan media puzzle pizza dapat meningkatkan pengetahuan siswa terhadap konsep dasar pecahan dan mereka mampu mengaitkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media puzzle pizza efektif digunakan sebagai pengantar materi pecahan, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Keywords

Media Pembelajaran Pecahan PMRI

Article Details

How to Cite
Maghfiroh, A., Rizky, R., & Zuliana, E. (2024). IMPLEMENTASI PMRI BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PIZZA DALAM PEMBELAJARAN PECAHAN DI SD 2 MEGAWON . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 302–309. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.302-309

References

  1. Creswell (2016). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Belajar.
  2. Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
  3. Firdaus, A. (2018). Pendekatan Matematika Realistik dengan Bantuan Puzzle Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 248-250. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p243-252
  4. Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan Pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. JIPMat, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418
  5. Jannah I., & Setyawan, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 Matematika melalui Media Papan Puzzle Pecahan pada Siswa Kelas II SDN Bancaran 3 Bangkalan. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i1.131
  6. Jayanti, Dkk. (2023). Numerasi Pembelajaran Matematika SD Berbasis E-Learning. Bening media Publishing.
  7. JB Hutauruk, Agusmanto, dan Tutiarny Naibaho. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Journal of Mathematics Education and Applied 1, 279. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227
  8. Kudsiah, M., & Alwi, M. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pecahan Matematika Materi Penjumlahan Pecahan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 102–106. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2431
  9. Latri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.26858/jkp.v3i1.8164
  10. Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028-1034. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497
  11. Mariyani, I. I. (2019). Pengembangan Media (KAPIMA) Kartu Pintar Matematika pada Materi Bilangan Pecahan untuk Siswa Kelas V SD. Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Malang.
  12. Nisem, N. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Menghitung Pecahan Senilai Menggunakan Media Puzzle. Jurnal Ilmiah WUNY,2(1), 88-100. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30949
  13. Prawismo, S. A., Sajida, A. H., Habibah, P. J. M., Zainuddin, M., & Mas’ula, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle dalam Pembelajaran Materi Pecahan bagi Siswa Kelas Rendah SD Negeri Jatinom 03. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 102. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6846
  14. Putrawangsa, S. (2017). Desain Pembelajaran Matematika Realistik. CV. Reka Karya Amerta.
  15. Sakinah, A., Lubis, N. & Paini. (2022). The Application of Realistic Mathematic Education (RME) Increasing Students' Mathematics Learning Outcomes in Class VI Social Materials SDN 101878 Kanan I Tanjung Morawa. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 1(1), 63-67. DOI: https://doi.org/10.55299/ijere.v1i1.98
  16. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.
  17. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
  18. Suryani, A., Anisah, A. S., & Muhamad, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa pada Materi Pecahan melalui Model Problem Based Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,8(3), 2745-2764. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11160
  19. Susanto, A. W. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika bagi Anak Autisme (Studi Kasus di SLBN Badegan Ponorogo). IAIN PONOROGO.
  20. Titiek, Berlian. (2021). Pengembangan Media Puzzle Pecahan pada Materi Pecahan Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Mataram.