Main Article Content
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan kompetensi penting dalam pembelajaran matematika abad 21. Namun, kenyataannya kemampuan ini masih rendah di Indonesia secara umum berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self regulated learning siswa. Penelitian ini menggunakan desain factorial eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Pekanbaru. Sampel dipilih melalui cluster random sampling, dengan kelas X.1 sebagai eksperimen dan X.2 sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket SRL, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan model problem based learning dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki self regulated learning tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model problem based learning dan self regulated learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Secara umum, disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self regulated learning siswa SMA Negeri 15 Pekanbaru, dan dapat menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Nadya Ulhasna, Suhandri Suhandri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Andini, S. F., & Marlina, R. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 343–354. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.343-354
- Anggraini, Y., Mawardi, D. N., & Refianti, R. (2025). Pengembangan modul matematika menggunakan model problem based learning pada materi aljabar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 121–129. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.121-129
- Corebima, M. A. Y., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 56–65.
- Fauziah, I., Maarif, S., & Pradipta, T. R. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self regulated learning siswa melalui model problem based learning (Pbl). Jurnal Analisa, 4(2), 90–98. https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3916
- Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2021). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
- Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770
- Iskandar, L. D. ., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. . (2021). Pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SD. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2).
- Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
- Madhavia, P., Murni, A., & Saragih, S. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas vii SMP Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(1), 1239–1244. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.569
- Mirna, M., Yulanda, S., Martin, S. N., Jamaris, & Solfema. (2023). Analisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model problem based learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 645–657. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1922
- Mulyani, H. (2017). Penggunaan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pengaruhnya terhadap self regulated learning siswa sekolah menengah pertama. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(Vol 7 No 2), 96–110. https://doi.org/10.23969/pjme.v7i2.2707
- Niasih, Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp di kota cimahi pada materi statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.107
- Nur, R. (2018). Perbedaan model problem based learning dan discovery-inquiry ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–8.
- Ralmugiz, U., Zulfikar, R. N., Mbay, H. H., & Syarief, N. H. (2025). Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan gender. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 44–55. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.44-55
- Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara problem centered learning dan problem based learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326
- Sulastri, E., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self regulated learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 289–302. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1875
- Ulpah, M., Zaenurrohman, & Sahly, M. N. (2020). The Effect of reciprocal teaching model on students’ self-regulated mathematics learning in SMPN 2 Patikraja Banyumas Regency. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3(April), 585–588. https://doi.org/10.14421/icse.v3.569
- Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95
References
Andini, S. F., & Marlina, R. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 343–354. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.343-354
Anggraini, Y., Mawardi, D. N., & Refianti, R. (2025). Pengembangan modul matematika menggunakan model problem based learning pada materi aljabar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 121–129. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.121-129
Corebima, M. A. Y., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 56–65.
Fauziah, I., Maarif, S., & Pradipta, T. R. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self regulated learning siswa melalui model problem based learning (Pbl). Jurnal Analisa, 4(2), 90–98. https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3916
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2021). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770
Iskandar, L. D. ., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. . (2021). Pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SD. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2).
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Madhavia, P., Murni, A., & Saragih, S. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas vii SMP Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(1), 1239–1244. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.569
Mirna, M., Yulanda, S., Martin, S. N., Jamaris, & Solfema. (2023). Analisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model problem based learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 645–657. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1922
Mulyani, H. (2017). Penggunaan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pengaruhnya terhadap self regulated learning siswa sekolah menengah pertama. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(Vol 7 No 2), 96–110. https://doi.org/10.23969/pjme.v7i2.2707
Niasih, Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp di kota cimahi pada materi statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.107
Nur, R. (2018). Perbedaan model problem based learning dan discovery-inquiry ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–8.
Ralmugiz, U., Zulfikar, R. N., Mbay, H. H., & Syarief, N. H. (2025). Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan gender. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 44–55. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.44-55
Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara problem centered learning dan problem based learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326
Sulastri, E., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self regulated learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 289–302. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1875
Ulpah, M., Zaenurrohman, & Sahly, M. N. (2020). The Effect of reciprocal teaching model on students’ self-regulated mathematics learning in SMPN 2 Patikraja Banyumas Regency. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3(April), 585–588. https://doi.org/10.14421/icse.v3.569
Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95