Main Article Content

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kompetensi penting dalam pembelajaran matematika abad 21. Namun, kenyataannya kemampuan ini masih rendah di Indonesia secara umum berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self regulated learning siswa. Penelitian ini menggunakan desain factorial eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Pekanbaru. Sampel dipilih melalui cluster random sampling, dengan kelas X.1 sebagai eksperimen dan X.2 sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket SRL, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan model problem based learning dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki self regulated learning tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model problem based learning dan self regulated learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Secara umum, disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self regulated learning siswa SMA Negeri 15 Pekanbaru, dan dapat menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Keywords

Problem Based Learning, Komunikasi Matematis, Self Regulated Learning Komunikasi Matematis Problem Based Learning Self Regulated Learning

Article Details

How to Cite
Ulhasna, N., & Suhandri, S. (2025). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING SISWA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(2), 145–153. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.2.145-153

References

  1. Andini, S. F., & Marlina, R. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 343–354. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.343-354
  2. Anggraini, Y., Mawardi, D. N., & Refianti, R. (2025). Pengembangan modul matematika menggunakan model problem based learning pada materi aljabar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 121–129. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.121-129
  3. Corebima, M. A. Y., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 56–65.
  4. Fauziah, I., Maarif, S., & Pradipta, T. R. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self regulated learning siswa melalui model problem based learning (Pbl). Jurnal Analisa, 4(2), 90–98. https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3916
  5. Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2021). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
  6. Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770
  7. Iskandar, L. D. ., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. . (2021). Pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SD. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2).
  8. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
  9. Madhavia, P., Murni, A., & Saragih, S. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas vii SMP Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(1), 1239–1244. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.569
  10. Mirna, M., Yulanda, S., Martin, S. N., Jamaris, & Solfema. (2023). Analisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model problem based learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 645–657. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1922
  11. Mulyani, H. (2017). Penggunaan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pengaruhnya terhadap self regulated learning siswa sekolah menengah pertama. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(Vol 7 No 2), 96–110. https://doi.org/10.23969/pjme.v7i2.2707
  12. Niasih, Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp di kota cimahi pada materi statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.107
  13. Nur, R. (2018). Perbedaan model problem based learning dan discovery-inquiry ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–8.
  14. Ralmugiz, U., Zulfikar, R. N., Mbay, H. H., & Syarief, N. H. (2025). Analisis kemampuan komunikasi matematis berdasarkan gender. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 44–55. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.44-55
  15. Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara problem centered learning dan problem based learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326
  16. Sulastri, E., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self regulated learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 289–302. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1875
  17. Ulpah, M., Zaenurrohman, & Sahly, M. N. (2020). The Effect of reciprocal teaching model on students’ self-regulated mathematics learning in SMPN 2 Patikraja Banyumas Regency. Proceeding International Conference on Science and Engineering, 3(April), 585–588. https://doi.org/10.14421/icse.v3.569
  18. Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95