Main Article Content

Abstract

Tujuan pada penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran menggunakan Media Interaktif Google Sites Berbasis Discovery Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ASSURE. Subjek penelitian ini adalah ahli teknologi pendidikan, ahli materi pembelajaran dan siswa kelas IX. Objek penelitian ini adalah media interkatif google sites berbasis discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa instrumen validasi yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi media oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon peserta didik dan instrumen keefektifan yaitu soal posttest. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data pada media yang dikembangkan yaitu, media interaktif google sites berbasis discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, diperoleh : (1) media yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 0,836. (2) media yang telah dikembangkan memenuhi kategori sangat praktis pada uji coba kelompok kecil dengan presentase 83,2% dan memenuhi katerogi sangat praktis pada uji coba kelompok besar dengan presentase 85,37%. (3) media yang telah dikembangkan dinyatakan efektif. Keefektifan dipeoleh > , yaitu 2,13021 > 1,66757 dengan  = 68 serta taraf signifikan 0,05 sehingga  diterima dan  ditolak yang artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa anatara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,29 dan kelas kontrol sebesar 54,43. Hal ini menyatakan bahwa media yang telah dikembangkan efektif untuk digunakan.

Keywords

Pengembangan Media Interaktif Google Sites Discovery Learning Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa discovery learning model Media Interaktif Google Sites Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pengembangan

Article Details

How to Cite
Refniza, Sari, A., & Fitraini, D. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF GOOGLE SITES BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(2), 154–168. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.2.154-168

References

  1. Evang, H., Silalahi, G., Anwar, Y., & Slamet, A. (2023). Pengembangan multimedia interaktif berbasis google sites pada pembelajaran biologi kelas xi SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 10(1), 1–7.
  2. Hidayat, R., & Abdullah. (2019). Ilmu pendidikan konsep, teori dan aplikasinya (C. Wijaya & Amiruddin (eds.); 1st ed.). LPPPI.
  3. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2023). Panduan implementasi pembelajaran berpusat pada mahasiswa (1st ed.). TUT WURI HANDAYANI. https://repositori.kemdikbud.go.id/29168/1/Panduan Implementasi Pembelajaran Berpusat Pada Mahasiswa.pdf
  4. MS, S. (2008). Evaluasi pendidikan prinsip dan operasinalnya (F. Yustianti (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.
  5. Muslich, M. (2010). Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. In M. Sandra (Ed.), Jogjakarta: Ar-Ruzz Media (2nd ed.). Ar-Ruz Media.
  6. Nawawi. (2018). Mendesain Pembelajaran efektif berdasarkan model ASSURE. Prosiding PKM-CSR, VOL. 1 (2018), 1, 1302–1307.
  7. OECD. (2023). PISA 2022 Results The state of learning and equity in education. In PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education (Vol. 1). OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_03c74bdd-en
  8. Putri, A. K., & Hidayati, K. (2016). Pemanfaatan media pembelajaran dan prestasi belajar matematika siswa kelas V. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 97–106. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.14
  9. Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi pembelajaran. In Haqi (Ed.), Uwais Inspirasi Indonesia (1st ed.). Uwais Insprirasi indonesia.
  10. Saleh, M. S., Saleh, M. S., Sahabuddin, Syahruddin, & Azis, I. (2023). Media pembelajaran (E. Setiawan & V. M. Ulfah (eds.); 1st ed.). Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran
  11. Sinaga, S. J., Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Ricky, Z. (2020). Model pembelajaran matematik (E. Damayanti (ed.); 1st ed., Vol. 14, Issue 5). Widina Bhakti Persada Bandung.
  12. Sistem Model dan Desain Pembelajaran (Issue March). (2022). Yayasan penerbit muhammad zaini.
  13. sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan pengembangan. Alfabeta.
  14. Supardi. (2021). Model ASSURE untuk mendesain media pembelajaran (A. Asyari (Ed.); 1st ed.). Sanabil.
  15. Susanti, W. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan kecemasan belajar (D. E. Winoto (Ed.); Vol. 6, Issue 1). Eureka Media Aksara.
  16. Tahrun. (2021). Pengembangan model pembelajaran berbasis konstruktivisme pada kelas maya melalui LMS SISFO. Prosiding Seminar Nasional Pendidikaan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 1–12. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5468/4807