Main Article Content

Abstract

Rendahnya motivasi belajar pada siswa sekolah dasar dalam memahami materi KPK dan FPB masih menjadi tantangan dalam pembelajaran matematika. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan Mathpoly, sebuah media pembelajaran interaktif berbasis permainan yang dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di salah satu sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, angket motivasi belajar, wawancara dengan guru, serta dokumentasi selama proses pengembangan dan uji coba media. Validasi media dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli soal. Hasil validasi dari ahli materi dan media menunjukkan bahwa Mathpoly tergolong layak digunakan. Uji coba terhadap siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang signifikan, ditunjukkan oleh peningkatan skor angket motivasi, partisipasi aktif selama pembelajaran, serta respon positif dari siswa terhadap media yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, Mathpoly terbukti valid dan efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memahami materi KPK dan FPB.

Keywords

FPB KPK Monopoli Media Interaktif Motivasi Sekolah Dasar FPB KPK Media Interaktif Monopoli Motivasi

Article Details

Author Biographies

Fuat, Pendidikan Matematika Universitas PGRI Wiranegara

Pendidikan Matematika Universitas PGRI Wiranegara

Miftahul Khoiri, Pendidikan Matematika Universitas PGRI Wiranegara

Pendidikan Matematika Universitas PGRI Wiranegara

Ika Nurul Aini, Pendidikan Matematika Universitas PGRI Wiranegara

Pendidikan Matematika Universitas PGRI Wiranegara

Qurratul A'yunina, Pendidikan Matematika Universitas PGRI Wiranegara

Pendidikan Matematika Universitas PGRI Wiranegara

How to Cite
Zahirah, I. N., Fuat, Khoiri, M., Aini, I. N., & A’yunina, Q. (2025). PENGEMBANGAN MATHPOLY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI KPK DAN FPB. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(2), 169–180. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.2.169-180

References

  1. Afifah, J., Suryatin, S., & Al Fath, A. M. (2023). Peran media pembelajaran monopoli matematika terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Scholarly Journal of Elementary School, 3(2), 132–145. https://doi.org/10.21137/sjes.2023.3.2.7
  2. Ismiyana, N., Pramasdyahsari, A. S., Hartati, H., & Saputra, H. J. (2024). Efektivitas media konkret jellyfish matematika terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas 1 materi pengurangan SD Negeri Tawangmas 01 Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 242–249. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.242-249
  3. Lena, Y. L. M., Susilo, D. A., & Hariyani, S. (2021). Pengembangan Media pembelajaran monopoli matematika berbasis komputer pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 121. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.11945
  4. Ngatiman, M. H. Z., Wulansari, M., Prasetyowati, D., Purnamasari, I. A., & Prasetyowati, D. (2024). Analisis kemampuan numerasi siswa SMA XI dalam memecahkan masalah matematika materi anuitas ditinjau dari motivasi belajar. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 4(2), 115–124. https://doi.org/10.55868/jeid.v4i2.341
  5. Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
  6. Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengembangan media pembelajaran monopoli aritmatika (monika) pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 133. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.133-140
  7. Patta, R., Muin, A., & Mujahidah, M. (2021). Kemampuan literasi numerasi ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 212. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20130
  8. Prayogo, B. A. (2019). Permainan monopoli sebagai media pembelajaran matematika. Joyful Learning Journal, 6(4), 228–233. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.18864
  9. Septia, T., Rizki, U., Pertiwi, E. K. C. A., & Kiromi, M. M. (2023). Pengembangan media pembelajaran monopoli matematika bernuansa islami pada materi aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 469–478. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1509
  10. Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198
  11. Unaenah, E., Anggita, A. D., Nusaibah, F., & Gunawan, F. A. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika materi fpb dan kpk siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2(3). http://jurnal.anfa.co.id
  12. Uskono, YC, Simarmata, JE, & Depdiknas, F. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire dengan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) , 7 (3), 385–394. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.385-394
  13. Utami, W. P., & Nurhikmayati, I. (2025). Pengembangan alat peraga tiang barisan dan deret geometri untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 56–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.56-65
  14. Wulandari, A., & Yuliandari, R. N. (2023). Pengembangan media pembelajaran puzzle lingkaran untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa sekolah dasar. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i1.158
  15. Zahirah, I. N., Lestari, A. S. B., & Nurmalitasari, D. (2024). Eksplorasi media sosial sebagai alat pembelajaran matematika interaktif di sekolah dasar pada era digital. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 293–301. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.293-301