Main Article Content
Abstract
Rendahnya motivasi belajar pada siswa sekolah dasar dalam memahami materi KPK dan FPB masih menjadi tantangan dalam pembelajaran matematika. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan Mathpoly, sebuah media pembelajaran interaktif berbasis permainan yang dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di salah satu sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, angket motivasi belajar, wawancara dengan guru, serta dokumentasi selama proses pengembangan dan uji coba media. Validasi media dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli soal. Hasil validasi dari ahli materi dan media menunjukkan bahwa Mathpoly tergolong layak digunakan. Uji coba terhadap siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang signifikan, ditunjukkan oleh peningkatan skor angket motivasi, partisipasi aktif selama pembelajaran, serta respon positif dari siswa terhadap media yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, Mathpoly terbukti valid dan efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memahami materi KPK dan FPB.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Inneke Najmah Zahirah, Fuat, Miftahul Khoiri, Ika Nurul Aini, Qurratul A'yunina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Afifah, J., Suryatin, S., & Al Fath, A. M. (2023). Peran media pembelajaran monopoli matematika terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Scholarly Journal of Elementary School, 3(2), 132–145. https://doi.org/10.21137/sjes.2023.3.2.7
- Ismiyana, N., Pramasdyahsari, A. S., Hartati, H., & Saputra, H. J. (2024). Efektivitas media konkret jellyfish matematika terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas 1 materi pengurangan SD Negeri Tawangmas 01 Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 242–249. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.242-249
- Lena, Y. L. M., Susilo, D. A., & Hariyani, S. (2021). Pengembangan Media pembelajaran monopoli matematika berbasis komputer pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 121. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.11945
- Ngatiman, M. H. Z., Wulansari, M., Prasetyowati, D., Purnamasari, I. A., & Prasetyowati, D. (2024). Analisis kemampuan numerasi siswa SMA XI dalam memecahkan masalah matematika materi anuitas ditinjau dari motivasi belajar. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 4(2), 115–124. https://doi.org/10.55868/jeid.v4i2.341
- Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
- Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengembangan media pembelajaran monopoli aritmatika (monika) pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 133. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.133-140
- Patta, R., Muin, A., & Mujahidah, M. (2021). Kemampuan literasi numerasi ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 212. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20130
- Prayogo, B. A. (2019). Permainan monopoli sebagai media pembelajaran matematika. Joyful Learning Journal, 6(4), 228–233. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.18864
- Septia, T., Rizki, U., Pertiwi, E. K. C. A., & Kiromi, M. M. (2023). Pengembangan media pembelajaran monopoli matematika bernuansa islami pada materi aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 469–478. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1509
- Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198
- Unaenah, E., Anggita, A. D., Nusaibah, F., & Gunawan, F. A. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika materi fpb dan kpk siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2(3). http://jurnal.anfa.co.id
- Uskono, YC, Simarmata, JE, & Depdiknas, F. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire dengan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) , 7 (3), 385–394. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.385-394
- Utami, W. P., & Nurhikmayati, I. (2025). Pengembangan alat peraga tiang barisan dan deret geometri untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 56–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.56-65
- Wulandari, A., & Yuliandari, R. N. (2023). Pengembangan media pembelajaran puzzle lingkaran untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa sekolah dasar. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i1.158
- Zahirah, I. N., Lestari, A. S. B., & Nurmalitasari, D. (2024). Eksplorasi media sosial sebagai alat pembelajaran matematika interaktif di sekolah dasar pada era digital. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 293–301. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.293-301
References
Afifah, J., Suryatin, S., & Al Fath, A. M. (2023). Peran media pembelajaran monopoli matematika terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Scholarly Journal of Elementary School, 3(2), 132–145. https://doi.org/10.21137/sjes.2023.3.2.7
Ismiyana, N., Pramasdyahsari, A. S., Hartati, H., & Saputra, H. J. (2024). Efektivitas media konkret jellyfish matematika terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas 1 materi pengurangan SD Negeri Tawangmas 01 Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 242–249. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.242-249
Lena, Y. L. M., Susilo, D. A., & Hariyani, S. (2021). Pengembangan Media pembelajaran monopoli matematika berbasis komputer pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 121. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.11945
Ngatiman, M. H. Z., Wulansari, M., Prasetyowati, D., Purnamasari, I. A., & Prasetyowati, D. (2024). Analisis kemampuan numerasi siswa SMA XI dalam memecahkan masalah matematika materi anuitas ditinjau dari motivasi belajar. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 4(2), 115–124. https://doi.org/10.55868/jeid.v4i2.341
Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengembangan media pembelajaran monopoli aritmatika (monika) pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 133. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.133-140
Patta, R., Muin, A., & Mujahidah, M. (2021). Kemampuan literasi numerasi ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 212. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20130
Prayogo, B. A. (2019). Permainan monopoli sebagai media pembelajaran matematika. Joyful Learning Journal, 6(4), 228–233. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.18864
Septia, T., Rizki, U., Pertiwi, E. K. C. A., & Kiromi, M. M. (2023). Pengembangan media pembelajaran monopoli matematika bernuansa islami pada materi aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 469–478. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1509
Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198
Unaenah, E., Anggita, A. D., Nusaibah, F., & Gunawan, F. A. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika materi fpb dan kpk siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2(3). http://jurnal.anfa.co.id
Uskono, YC, Simarmata, JE, & Depdiknas, F. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire dengan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) , 7 (3), 385–394. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.385-394
Utami, W. P., & Nurhikmayati, I. (2025). Pengembangan alat peraga tiang barisan dan deret geometri untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 56–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.56-65
Wulandari, A., & Yuliandari, R. N. (2023). Pengembangan media pembelajaran puzzle lingkaran untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa sekolah dasar. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i1.158
Zahirah, I. N., Lestari, A. S. B., & Nurmalitasari, D. (2024). Eksplorasi media sosial sebagai alat pembelajaran matematika interaktif di sekolah dasar pada era digital. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 293–301. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.293-301