Main Article Content

Abstract

Matematika termasuk dalam kategori bidang studi dimana menuntut penguasaan konsep serta keterampilan dalam berhitung, namun sering kali dianggap rumit oleh peserta didik karena minimnya latihan serta metode pengajaran yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengevaluasi dampak penggunaan aktivitas bermain ular tangga yang memengaruhi pemahaman konsep matematika kalangan pelajar sekolah dasar. Permainan tradisional ini dinilai memiliki unsur edukatif karena mampu membantu siswa mengenal angka, melakukan perhitungan, serta memahami urutan secara lebih menyenangkan dan interaktif. Pendekatan metode pengajaran yang memanfaatkan Instrumen bermain edukatif seperti board game ular tangga telah terbukti mampu mendorong peningkatan motivasi menggali pemahaman, partisipasi aktif, serta kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah. Kajian ini dilakukan melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) melakukan kajian atas 15 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025. Hasil analisis membuktikan bahwa penggunaan game ular tangga berdampak positif dalam hal capaian mempelajari matematika, pemahaman konsep, keterlibatan pelajar, serta semangat belajar mereka. Oleh karena itu, permainan ini berpotensi menjadi media alternatif yang optimal dalam menciptakan proses pembelajaran matematika yang lebih kontekstual serta menarik. Diharapkan fakta tersebut menjadi bahan rujukan bagi para pendidik saat mengembangkan pendekatan pengajaran yang lebih inovatif dan membuat suasana kelas menjadi lebih asyik.

Keywords

Pemahaman Matematika Pengaruh Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pemahaman Matematika Pengaruh Pembelajaran Permainan Ular Tangga

Article Details

How to Cite
Habibah, Y. N., Fuat, F., Lestari, A. S. B., & A’yunina, Q. (2025). PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KONSEP PEMAHAMAN MATEMATIKA . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(2), 203–213. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.2.203-213

References

  1. Boas, B., Suryani, M., & Yunita, A. (2025). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 77–87. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.77-87
  2. Halidah, F., Aini, I. I. N., Ernawati, N., Juhaeni, J., Faizah, L., & Safaruddin, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Instructional and Development Researches, 4(2), 64–74. https://doi.org/10.53621/jider.v4i2.306
  3. Himmawan, D. F., & Juandi, D. (2023). Games based learning in mathematics education: A systematic literature review. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 41–50. https://doi.org/10.30738/union.v11i1.13982
  4. Husna, A., Nursyam, A., & Aspikal. (2025). Pengaruh permainan tradisional ma’gurecceng dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa di SD Negeri 24 Pandang-Pandang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 13–22. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.13-22
  5. Indah Suciati. (2021). Permainan “ular tangga matematika” pada materi bilangan pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
  6. Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Sarni, S. (2023). Implementasi model problem based learning pada pembelajaran ipa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. 09.
  7. Masrukah, M., Nahrowi, M., & Anis, Moh. B. (2020). Efektifitas media permainan ular tangga bermotif bangun datar pada pembelajaran matematika. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1). https://doi.org/10.24176/jino.v3i1.4526
  8. Muspiroh, S., Munawar, B., Kamali, A. S., Widyaningrum, I., Asyura, I., Indriani, A. N., Mustakim, U. S., & Mutaqin, M. F. T. (2024). Pendampingan kegiatan pelatihan matematika melalui media permainan ular tangga. 01.
  9. Narpila, S. D., Daulay, I. S., & Agustia, E. (2024). Sosialisasi permainan ular tangga berbasis bahasa inggris sebagai alternatif evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 06.
  10. Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020). Pengembangan alat permainan edukatif ular tangga matematika untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37. https://doi.org/10.30736/jab.v3i01.42
  11. Pebrianti, R., Friansah, D., & Sofiarini, A. (n.d.). Pengembangan media permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas III SD Negeri 27 Lubuklinggau.
  12. Pradana, K. C., Fadilla, A., & Putra, A. R. (2022). Peningkatan pemahaman matematika bagi anak-anak melalui pemberdayaan media belajar ular tangga matematika. Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE), 1(1), 17. https://doi.org/10.36055/jocse.v1i1.16090
  13. Purnacita, Y., Irmawati, I., Wardani, S., Sayadi, B., Miskiyah, M., Wanasari, W., Sriwahyuni, S., & Arni, A. (2025). Analisis pandangan siswa terhadap matematika dan kepribadian guru terhadap efisiensi dan hasil belajar siswa kelas VII D SMPN 1 Majene. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 104–111. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.104-111
  14. Puspita, L., & Yudha, C. B. (n.d.). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Materi Perkalian dan Pembagian Mata Pelajaran Matematika.
  15. Putri, I. A., Guntur, M., & Sahronih, S. (2022). Pengaruh media permainan ular tangga pada pelajaran matematika di SDN 1 Pabuaranwetan. PERISKOP : Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.28
  16. Raming, I., Wigantono, S., Tumilaar, R., Fauzi, A. A., Sandariria, H., Adawiyah, R., Rahman, A., Elvita, M., & Raditya, D. (n.d.). Pendampingan siswa dalam pembelajaran matematika dengan memanfaatkan media pembelajaran permainan ular tangga di SMP Negeri 42 Samarinda.
  17. U. Hasanah, N. Fajrie, & D. Kurniati. (2023). Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa sd melalui pendidikan matematika realistik berbantuan ular tangga. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 321–330. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2441
  18. Wardan, E. Y., Sesanti, N. R., & Rahayu, S. (2020). Pengaruh pembelajaran melalui game ular tangga berbantuan media visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas iv sdn nglebak kecamatan bareng kabupaten Jombang. 4.