Main Article Content
Abstract
Matematika termasuk dalam kategori bidang studi dimana menuntut penguasaan konsep serta keterampilan dalam berhitung, namun sering kali dianggap rumit oleh peserta didik karena minimnya latihan serta metode pengajaran yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengevaluasi dampak penggunaan aktivitas bermain ular tangga yang memengaruhi pemahaman konsep matematika kalangan pelajar sekolah dasar. Permainan tradisional ini dinilai memiliki unsur edukatif karena mampu membantu siswa mengenal angka, melakukan perhitungan, serta memahami urutan secara lebih menyenangkan dan interaktif. Pendekatan metode pengajaran yang memanfaatkan Instrumen bermain edukatif seperti board game ular tangga telah terbukti mampu mendorong peningkatan motivasi menggali pemahaman, partisipasi aktif, serta kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah. Kajian ini dilakukan melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) melakukan kajian atas 15 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025. Hasil analisis membuktikan bahwa penggunaan game ular tangga berdampak positif dalam hal capaian mempelajari matematika, pemahaman konsep, keterlibatan pelajar, serta semangat belajar mereka. Oleh karena itu, permainan ini berpotensi menjadi media alternatif yang optimal dalam menciptakan proses pembelajaran matematika yang lebih kontekstual serta menarik. Diharapkan fakta tersebut menjadi bahan rujukan bagi para pendidik saat mengembangkan pendekatan pengajaran yang lebih inovatif dan membuat suasana kelas menjadi lebih asyik.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Yuhanidz Nur Habibah, Fuat Fuat, Andika Setyo Budi Lestari, Qurrotul A'yunina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Boas, B., Suryani, M., & Yunita, A. (2025). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 77–87. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.77-87
- Halidah, F., Aini, I. I. N., Ernawati, N., Juhaeni, J., Faizah, L., & Safaruddin, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Instructional and Development Researches, 4(2), 64–74. https://doi.org/10.53621/jider.v4i2.306
- Himmawan, D. F., & Juandi, D. (2023). Games based learning in mathematics education: A systematic literature review. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 41–50. https://doi.org/10.30738/union.v11i1.13982
- Husna, A., Nursyam, A., & Aspikal. (2025). Pengaruh permainan tradisional ma’gurecceng dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa di SD Negeri 24 Pandang-Pandang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 13–22. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.13-22
- Indah Suciati. (2021). Permainan “ular tangga matematika” pada materi bilangan pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
- Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Sarni, S. (2023). Implementasi model problem based learning pada pembelajaran ipa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. 09.
- Masrukah, M., Nahrowi, M., & Anis, Moh. B. (2020). Efektifitas media permainan ular tangga bermotif bangun datar pada pembelajaran matematika. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1). https://doi.org/10.24176/jino.v3i1.4526
- Muspiroh, S., Munawar, B., Kamali, A. S., Widyaningrum, I., Asyura, I., Indriani, A. N., Mustakim, U. S., & Mutaqin, M. F. T. (2024). Pendampingan kegiatan pelatihan matematika melalui media permainan ular tangga. 01.
- Narpila, S. D., Daulay, I. S., & Agustia, E. (2024). Sosialisasi permainan ular tangga berbasis bahasa inggris sebagai alternatif evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 06.
- Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020). Pengembangan alat permainan edukatif ular tangga matematika untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37. https://doi.org/10.30736/jab.v3i01.42
- Pebrianti, R., Friansah, D., & Sofiarini, A. (n.d.). Pengembangan media permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas III SD Negeri 27 Lubuklinggau.
- Pradana, K. C., Fadilla, A., & Putra, A. R. (2022). Peningkatan pemahaman matematika bagi anak-anak melalui pemberdayaan media belajar ular tangga matematika. Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE), 1(1), 17. https://doi.org/10.36055/jocse.v1i1.16090
- Purnacita, Y., Irmawati, I., Wardani, S., Sayadi, B., Miskiyah, M., Wanasari, W., Sriwahyuni, S., & Arni, A. (2025). Analisis pandangan siswa terhadap matematika dan kepribadian guru terhadap efisiensi dan hasil belajar siswa kelas VII D SMPN 1 Majene. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 104–111. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.104-111
- Puspita, L., & Yudha, C. B. (n.d.). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Materi Perkalian dan Pembagian Mata Pelajaran Matematika.
- Putri, I. A., Guntur, M., & Sahronih, S. (2022). Pengaruh media permainan ular tangga pada pelajaran matematika di SDN 1 Pabuaranwetan. PERISKOP : Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.28
- Raming, I., Wigantono, S., Tumilaar, R., Fauzi, A. A., Sandariria, H., Adawiyah, R., Rahman, A., Elvita, M., & Raditya, D. (n.d.). Pendampingan siswa dalam pembelajaran matematika dengan memanfaatkan media pembelajaran permainan ular tangga di SMP Negeri 42 Samarinda.
- U. Hasanah, N. Fajrie, & D. Kurniati. (2023). Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa sd melalui pendidikan matematika realistik berbantuan ular tangga. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 321–330. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2441
- Wardan, E. Y., Sesanti, N. R., & Rahayu, S. (2020). Pengaruh pembelajaran melalui game ular tangga berbantuan media visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas iv sdn nglebak kecamatan bareng kabupaten Jombang. 4.
References
Boas, B., Suryani, M., & Yunita, A. (2025). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 77–87. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.77-87
Halidah, F., Aini, I. I. N., Ernawati, N., Juhaeni, J., Faizah, L., & Safaruddin, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Instructional and Development Researches, 4(2), 64–74. https://doi.org/10.53621/jider.v4i2.306
Himmawan, D. F., & Juandi, D. (2023). Games based learning in mathematics education: A systematic literature review. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 41–50. https://doi.org/10.30738/union.v11i1.13982
Husna, A., Nursyam, A., & Aspikal. (2025). Pengaruh permainan tradisional ma’gurecceng dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa di SD Negeri 24 Pandang-Pandang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 13–22. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.13-22
Indah Suciati. (2021). Permainan “ular tangga matematika” pada materi bilangan pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Sarni, S. (2023). Implementasi model problem based learning pada pembelajaran ipa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. 09.
Masrukah, M., Nahrowi, M., & Anis, Moh. B. (2020). Efektifitas media permainan ular tangga bermotif bangun datar pada pembelajaran matematika. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1). https://doi.org/10.24176/jino.v3i1.4526
Muspiroh, S., Munawar, B., Kamali, A. S., Widyaningrum, I., Asyura, I., Indriani, A. N., Mustakim, U. S., & Mutaqin, M. F. T. (2024). Pendampingan kegiatan pelatihan matematika melalui media permainan ular tangga. 01.
Narpila, S. D., Daulay, I. S., & Agustia, E. (2024). Sosialisasi permainan ular tangga berbasis bahasa inggris sebagai alternatif evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 06.
Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020). Pengembangan alat permainan edukatif ular tangga matematika untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37. https://doi.org/10.30736/jab.v3i01.42
Pebrianti, R., Friansah, D., & Sofiarini, A. (n.d.). Pengembangan media permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas III SD Negeri 27 Lubuklinggau.
Pradana, K. C., Fadilla, A., & Putra, A. R. (2022). Peningkatan pemahaman matematika bagi anak-anak melalui pemberdayaan media belajar ular tangga matematika. Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE), 1(1), 17. https://doi.org/10.36055/jocse.v1i1.16090
Purnacita, Y., Irmawati, I., Wardani, S., Sayadi, B., Miskiyah, M., Wanasari, W., Sriwahyuni, S., & Arni, A. (2025). Analisis pandangan siswa terhadap matematika dan kepribadian guru terhadap efisiensi dan hasil belajar siswa kelas VII D SMPN 1 Majene. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 104–111. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.1.104-111
Puspita, L., & Yudha, C. B. (n.d.). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Materi Perkalian dan Pembagian Mata Pelajaran Matematika.
Putri, I. A., Guntur, M., & Sahronih, S. (2022). Pengaruh media permainan ular tangga pada pelajaran matematika di SDN 1 Pabuaranwetan. PERISKOP : Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.28
Raming, I., Wigantono, S., Tumilaar, R., Fauzi, A. A., Sandariria, H., Adawiyah, R., Rahman, A., Elvita, M., & Raditya, D. (n.d.). Pendampingan siswa dalam pembelajaran matematika dengan memanfaatkan media pembelajaran permainan ular tangga di SMP Negeri 42 Samarinda.
U. Hasanah, N. Fajrie, & D. Kurniati. (2023). Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa sd melalui pendidikan matematika realistik berbantuan ular tangga. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 321–330. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2441
Wardan, E. Y., Sesanti, N. R., & Rahayu, S. (2020). Pengaruh pembelajaran melalui game ular tangga berbantuan media visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas iv sdn nglebak kecamatan bareng kabupaten Jombang. 4.