Main Article Content

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan kompetensi penting yang perlu dimiliki peserta didik dalam menghadapi tantangan abad ke-21, khususnya dalam pembelajaran matematika. Namun, hasil penelitian TIMSS menunjukkan bahwa prestasi matematika peserta didik Indonesia masih berada di posisi rendah, terutama dalam aspek penalaran dan pemecahan masalah. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang masih konvensional dan berpusat pada guru, yang cenderung menekankan hafalan dan penyelesaian prosedural semata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran UNO Matematika berbasis kartu cerita guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan, pembangunan media, pelaksanaan di lapangan, serta evaluasi akhir. Media yang dikembangkan mengadaptasi permainan kartu UNO yang dimodifikasi dengan soal cerita kontekstual bertingkat untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Proses validasi melibatkan pakar di bidang materi dan desain media, sedangkan uji coba dilakukan pada peserta didik SMP kelas VII sebagai subjek penelitian. Hasil validasi menunjukkan bahwa media sangat layak digunakan dengan skor rata-rata validasi di atas 90%. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan dari nilai pretest ke posttest dengan N-Gain sebesar 0,72 (kategori cukup efektif), dan uji Paired Sample t-Test menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik. Media juga mendapatkan respons positif dari peserta didik terkait aspek visual, kemudahan penggunaan, dan daya tarik pembelajaran. Penelitian ini membuktikan bahwa media UNO Matematika dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik serta memberikan kontribusi terhadap inovasi pembelajaran berbasis konteks yang selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

Keywords

Critical Thinking Learning Media Mathematics Story Cards UNO Mathematics Berpikir Kritis Kartu Cerita Matematika Media Pembelajaran UNO Matematika

Article Details

How to Cite
Yuliani, & Tio. (2025). MEDIA UNO MATEMATIKA: ALTERNATIF INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(2), 191–202. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.2.191-202

References

  1. Adesfiana, Z., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan chatbot berbasis web menggunakan model ADDIE. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 147–152. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1057
  2. Aprilia, D. (2023). Pengembangan pop up book sebagai media pembelajaran pada materi sistem pencernaan untuk siswa kelas XI SMA. Institut Agama Islam Negeri Metro .
  3. Astriani, S., Astuti, I., & Mering, A. (2022). Learning media development using lectora inspire for social science subjects. SinkrOn : Jurnal dan Penelitian Teknik Informatika, 7(1), 176–184. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i1.11268
  4. Aziz, H., & Suharjo, I. (2024). Pengembangan sistem keamanan gerbang rumah smart home berbasis IoT dengan metode RnD. Jurnal Teknik Informatika, 4(3). https://doi.org/10.58794/jekin.v5i1.839
  5. Harahap, K. G., Pradana, H., Iskandar, W., Percut, K., Tuan, S., Serdang, K. D., & Utara, S. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Journal on Education, 06(03), 17218–17223. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5604
  6. Hikmah, N., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. M. (2022). Pengembangan media pop-up book pada materi siklus air di kelas v SD Negeri 04 puding besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 137–148. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.2.137-148
  7. Kamalia, L., & Subrata, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran kartu uno untuk meningkatkan keterampilan menulis sandhangan swara siswa kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 10(5).
  8. Moma, L., Tamalene, H., & Rumalean, S. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran generatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 4(1), 16–24. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v4.i1.p16-24
  9. Mulyasari, R., Irvan, & Doly, M. (2023). Pengembangan bahan ajar bangun ruang sisi datar dengan model ADDIE (Sekolah Dasar). GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.698
  10. Muttaqin, M., Siswono, T., & Lukito, A. (2020). Pengembangan multimedia lectora inspire untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 495–511. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.259
  11. Oktaviana, R., Linguistika, Y., & Ahdhianto, E. (2022). Analisis kemampuan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal matematika model TIMSS di SD se-Gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(12), 979–990. https://doi.org/10.17977/um065v1i122021p979-990
  12. Qibtiyah, S. M., Solikah, U., Fauzi, A., & Rahardjanto, A. (2023). Application of game-assisted problem-based learning to improve critical thinking skills and learning motivation of students. Jurnal Eksakta Pendidikan, 7(1), 126–134. https://doi.org/10.24036/jep/vol7-iss1/741
  13. Rohman, Abd., Hamdani, A. S., & Soraya, I. (2023). Pengembangan pembelajaran fikih model blended learning berbasis ADDIE untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Research and Development Journal of Education, 9(1), 106. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13943
  14. Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(02). https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
  15. Setyawan, S., Eko Susilo, B., Matematika, P., & Negeri Semarang, U. (2023). Implementasi media pembelajaran berbasis kartu terhadap peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika. Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 9(2), 87–97. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP
  16. Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 75–88. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3461
  17. Tutriani, N., Apriani, F., & Vebrian, R. (2023). Pengembangan permainan kartu uno pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat positif. Journal on Education, 05(02). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1297
  18. Umardiyah, F., & Nabila, A. I. (2022). Pengembangan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi dimensi tiga. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(4), 351–364. https://doi.org/10.23960/mtk/v10i4.pp351-364
  19. Utami, S. F., & Leonard, L. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika kartu u-math (uno mathematics). Research and Development Journal of Education, 9(2), 566. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.11350
  20. Zulfiati, H. M., Cahyandaru, P., & Agustina, T. W. (2023). Pengembangan media audio visual berbasis aplikasi canva pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(3), 251–263. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i3.14737