Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran UNO Matematika berbasis kartu cerita guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi proses analisis kebutuhan, perancangan, pembangunan media, pelaksanaan di lapangan, serta tahap peninjauan dan evaluasi akhir. Media yang dikembangkan mengadaptasi permainan kartu UNO yang dimodifikasi dengan soal cerita kontekstual bertingkat dan bertujuan untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Proses validasi melibatkan pakar di bidang materi dan desain media, sedangkan tahap uji coba dilaksanakan secara terbatas bersama peserta didik SMP kelas VII sebagai subjek. Temuan dari proses validasi menunjukkan bahwa media tersebut sangat layak digunakan, dengan skor rata-rata validasi di atas 90%. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan nilai pretest ke posttest dengan N-Gain sebesar 0,72 (kategori cukup efektif), dan uji Paired Sample t-Test menunjukkan perbedaan signifikan. Media juga mendapatkan umpan balik yang baik terkait aspek visual, kemudahan penggunaan, serta daya tarik dari media pembelajaran yang disajikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa media UNO Matematika dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik serta memberikan sumbangsih terhadap inovasi pembelajaran berbasis konteks yang selaras dengan prinsip dan pendekatan Kurikulum Merdeka.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Yuliani, Tio Heriyana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Adesfiana, Z., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan chatbot berbasis web menggunakan model ADDIE. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 147–152. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1057
- Aprilia, D. (2023). Pengembangan pop up book sebagai media pembelajaran pada materi sistem pencernaan untuk siswa kelas XI SMA. Institut Agama Islam Negeri Metro .
- Astriani, S., Astuti, I., & Mering, A. (2022). Learning media development using lectora inspire for social science subjects. SinkrOn : Jurnal dan Penelitian Teknik Informatika, 7(1), 176–184. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i1.11268
- Aziz, H., & Suharjo, I. (2024). Pengembangan sistem keamanan gerbang rumah smart home berbasis IoT dengan metode RnD. Jurnal Teknik Informatika, 4(3). https://doi.org/10.58794/jekin.v5i1.839
- Harahap, K. G., Pradana, H., Iskandar, W., Percut, K., Tuan, S., Serdang, K. D., & Utara, S. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Journal on Education, 06(03), 17218–17223. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5604
- Hikmah, N., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. M. (2022). Pengembangan media pop-up book pada materi siklus air di kelas v SD Negeri 04 puding besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 137–148. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.2.137-148
- Kamalia, L., & Subrata, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran kartu uno untuk meningkatkan keterampilan menulis sandhangan swara siswa kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 10(5).
- Moma, L., Tamalene, H., & Rumalean, S. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran generatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 4(1), 16–24. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v4.i1.p16-24
- Mulyasari, R., Irvan, & Doly, M. (2023). Pengembangan bahan ajar bangun ruang sisi datar dengan model ADDIE (Sekolah Dasar). GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.698
- Muttaqin, M., Siswono, T., & Lukito, A. (2020). Pengembangan multimedia lectora inspire untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 495–511. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.259
- Oktaviana, R., Linguistika, Y., & Ahdhianto, E. (2022). Analisis kemampuan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal matematika model TIMSS di SD se-Gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(12), 979–990. https://doi.org/10.17977/um065v1i122021p979-990
- Qibtiyah, S. M., Solikah, U., Fauzi, A., & Rahardjanto, A. (2023). Application of game-assisted problem-based learning to improve critical thinking skills and learning motivation of students. Jurnal Eksakta Pendidikan, 7(1), 126–134. https://doi.org/10.24036/jep/vol7-iss1/741
- Rohman, Abd., Hamdani, A. S., & Soraya, I. (2023). Pengembangan pembelajaran fikih model blended learning berbasis ADDIE untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Research and Development Journal of Education, 9(1), 106. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13943
- Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(02). https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
- Setyawan, S., Eko Susilo, B., Matematika, P., & Negeri Semarang, U. (2023). Implementasi media pembelajaran berbasis kartu terhadap peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika. Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 9(2), 87–97. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP
- Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 75–88. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3461
- Tutriani, N., Apriani, F., & Vebrian, R. (2023). Pengembangan permainan kartu uno pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat positif. Journal on Education, 05(02). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1297
- Umardiyah, F., & Nabila, A. I. (2022). Pengembangan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi dimensi tiga. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(4), 351–364. https://doi.org/10.23960/mtk/v10i4.pp351-364
- Utami, S. F., & Leonard, L. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika kartu u-math (uno mathematics). Research and Development Journal of Education, 9(2), 566. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.11350
- Zulfiati, H. M., Cahyandaru, P., & Agustina, T. W. (2023). Pengembangan media audio visual berbasis aplikasi canva pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(3), 251–263. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i3.14737
Referensi
Adesfiana, Z., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan chatbot berbasis web menggunakan model ADDIE. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 147–152. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1057
Aprilia, D. (2023). Pengembangan pop up book sebagai media pembelajaran pada materi sistem pencernaan untuk siswa kelas XI SMA. Institut Agama Islam Negeri Metro .
Astriani, S., Astuti, I., & Mering, A. (2022). Learning media development using lectora inspire for social science subjects. SinkrOn : Jurnal dan Penelitian Teknik Informatika, 7(1), 176–184. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i1.11268
Aziz, H., & Suharjo, I. (2024). Pengembangan sistem keamanan gerbang rumah smart home berbasis IoT dengan metode RnD. Jurnal Teknik Informatika, 4(3). https://doi.org/10.58794/jekin.v5i1.839
Harahap, K. G., Pradana, H., Iskandar, W., Percut, K., Tuan, S., Serdang, K. D., & Utara, S. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Journal on Education, 06(03), 17218–17223. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5604
Hikmah, N., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. M. (2022). Pengembangan media pop-up book pada materi siklus air di kelas v SD Negeri 04 puding besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 137–148. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.2.137-148
Kamalia, L., & Subrata, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran kartu uno untuk meningkatkan keterampilan menulis sandhangan swara siswa kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 10(5).
Moma, L., Tamalene, H., & Rumalean, S. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran generatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 4(1), 16–24. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v4.i1.p16-24
Mulyasari, R., Irvan, & Doly, M. (2023). Pengembangan bahan ajar bangun ruang sisi datar dengan model ADDIE (Sekolah Dasar). GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.698
Muttaqin, M., Siswono, T., & Lukito, A. (2020). Pengembangan multimedia lectora inspire untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 495–511. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.259
Oktaviana, R., Linguistika, Y., & Ahdhianto, E. (2022). Analisis kemampuan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal matematika model TIMSS di SD se-Gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(12), 979–990. https://doi.org/10.17977/um065v1i122021p979-990
Qibtiyah, S. M., Solikah, U., Fauzi, A., & Rahardjanto, A. (2023). Application of game-assisted problem-based learning to improve critical thinking skills and learning motivation of students. Jurnal Eksakta Pendidikan, 7(1), 126–134. https://doi.org/10.24036/jep/vol7-iss1/741
Rohman, Abd., Hamdani, A. S., & Soraya, I. (2023). Pengembangan pembelajaran fikih model blended learning berbasis ADDIE untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Research and Development Journal of Education, 9(1), 106. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13943
Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(02). https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Setyawan, S., Eko Susilo, B., Matematika, P., & Negeri Semarang, U. (2023). Implementasi media pembelajaran berbasis kartu terhadap peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika. Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 9(2), 87–97. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP
Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 75–88. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3461
Tutriani, N., Apriani, F., & Vebrian, R. (2023). Pengembangan permainan kartu uno pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat positif. Journal on Education, 05(02). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1297
Umardiyah, F., & Nabila, A. I. (2022). Pengembangan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi dimensi tiga. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(4), 351–364. https://doi.org/10.23960/mtk/v10i4.pp351-364
Utami, S. F., & Leonard, L. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika kartu u-math (uno mathematics). Research and Development Journal of Education, 9(2), 566. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.11350
Zulfiati, H. M., Cahyandaru, P., & Agustina, T. W. (2023). Pengembangan media audio visual berbasis aplikasi canva pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(3), 251–263. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i3.14737