Main Article Content

Abstract

Peserta didik yang kurang aktif dan tidak terlibat dalam pelajaran adalah alasan penelitian ini dilakukan. Pembelajaran yang kurang efektif juga disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa dapat lebih memahami konsep matematis dengan menggunakan media pembelajaran monopoli aritmatika sosial yang berbasis kontekstua. Metode penelitian Research and Development (R&D) digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran ini, dan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan lima tahapan. Peserta didik kelas VII SMPIT Iqra’ Kota Bengkulu adalah subjek penelitian ini. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli media, materi dan instrumen tes yang sesuai dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil perhitungan N-gain, dan uji-t, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli aritmatika sosial berbasis kontekstual efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, tidak hanya itu saja media pembelajaran monopoli aritmatika sosial (Monas) juga dapat mendukung pengembangan keterampilan belajar abad-21.

Keywords

Media Pembelajaran contextual teaching and learning kemampuan pemahaman konsep matematis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kontekstual Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika Sosial

Article Details

How to Cite
Angelica, L., Suradi, A., & Saltifa, P. (2025). MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI ARITMATIKA SOSIAL (MONAS) BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPIT IQRA’ KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(2), 214–224. https://doi.org/10.33369/jp2ms.9.2.214-224

References

  1. Argarini, D. F., & Wahyuhidayati, I. P. (2024). Pengembangan media monopoli berbahan loosepart untuk meningkatkan kemampuan logika matematika. Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(2), 444-459. Https://Doi.Org/10.33503/Prismatika.V6i2.4034
  2. Boas, Suryani, M., & Yunita, A. (2025). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 77-87. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.9.1.77-87
  3. Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan media monopoli matematika pada materi peluang untuk siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114-131. Https://Doi.Org/10.15642/Jrpm.2018.3.2.114-131
  4. Faiza, N. N., & Wardhani, I. S. (2024). Media pembelajaran abad 21 : Memebangun generasi digital yang adaptif. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1-15. 10.62281
  5. Husna, A., Nursyam, A., & Aspikal. (2025). Pengaruh permainan tradisional ma’gurecceng dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa di SD Negeri 24 Pandang-Pandang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 13-22. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.9.1.13-22
  6. Prayoga, A., Budi, T., & Sukarjo. (2017). Permainan monopoli sebagai media pembelajaran matematika. Joyful Learning Journal, 6(4), 228-233. Https://Doi.Org/10.15294/Jlj.V6i4.18864.
  7. Rahmawati, R., & Fauziah, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis kontestual menggunakan aplikasi articulate storyline 3 pada materi aritmatika sosial. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 6(2), 10-21. Https://Doi.Org/10.56335/Jppn.V6i2.139
  8. Ruswana, A. M. (2016). Penerapan pembelajaran peer instruction with structured inquiry (pisi) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(1), 1-10. Http://Dx.Doi.Org/10.25157/Teorema.V1i1.124
  9. Samiya, A. (2022). Pengemangan media pembelajaran monopoli konsep sistem imun berbasis Hots. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
  10. Septia, T., Rizki, U., Pertiwi, E. K., & Kiromi, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran monopoli matematika bernuansa islami pada materi aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 468-478. Https://Doi.Org/10.31980/Plusminus.V3i3.1509
  11. Suzana, Y., Rahayu, N., Husna, R., & Maulida, I. (2024). Permainan monopoli sebagai media latihan soal interaktif bagi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 41-54. 10.24952/Ejpm.V1i2.13044
  12. Syaharani, I. R., & Rahmawati, I. (2024). Media monopoli berbasis etnomatematika materi elemen bilangan fase b di sekolah dasar. JPGSD, 12(01), 2665-2676. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/59315/46040
  13. Utami, W. P., & Nurhikmayati, I. (2025). Pengembangan alat peraga tiang barisan dan deret geometri untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika sekolah (JP2MS) ,9(1), 56-65. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.9.1.56-65
  14. Zarkasyi, M. (2015). Penelitian pendidikan matematika. PT Refika Aditama.