Main Article Content
Abstract
Peserta didik yang kurang aktif dan tidak terlibat dalam pelajaran adalah alasan penelitian ini dilakukan. Pembelajaran yang kurang efektif juga disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa dapat lebih memahami konsep matematis dengan menggunakan media pembelajaran monopoli aritmatika sosial yang berbasis kontekstua. Metode penelitian Research and Development (R&D) digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran ini, dan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan lima tahapan. Peserta didik kelas VII SMPIT Iqra’ Kota Bengkulu adalah subjek penelitian ini. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli media, materi dan instrumen tes yang sesuai dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil perhitungan N-gain, dan uji-t, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli aritmatika sosial berbasis kontekstual efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, tidak hanya itu saja media pembelajaran monopoli aritmatika sosial (Monas) juga dapat mendukung pengembangan keterampilan belajar abad-21.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Laura Angelica, Ahmad Suradi, Poni Saltifa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Argarini, D. F., & Wahyuhidayati, I. P. (2024). Pengembangan media monopoli berbahan loosepart untuk meningkatkan kemampuan logika matematika. Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(2), 444-459. Https://Doi.Org/10.33503/Prismatika.V6i2.4034
- Boas, Suryani, M., & Yunita, A. (2025). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 77-87. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.9.1.77-87
- Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan media monopoli matematika pada materi peluang untuk siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114-131. Https://Doi.Org/10.15642/Jrpm.2018.3.2.114-131
- Faiza, N. N., & Wardhani, I. S. (2024). Media pembelajaran abad 21 : Memebangun generasi digital yang adaptif. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1-15. 10.62281
- Husna, A., Nursyam, A., & Aspikal. (2025). Pengaruh permainan tradisional ma’gurecceng dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa di SD Negeri 24 Pandang-Pandang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 13-22. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.9.1.13-22
- Prayoga, A., Budi, T., & Sukarjo. (2017). Permainan monopoli sebagai media pembelajaran matematika. Joyful Learning Journal, 6(4), 228-233. Https://Doi.Org/10.15294/Jlj.V6i4.18864.
- Rahmawati, R., & Fauziah, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis kontestual menggunakan aplikasi articulate storyline 3 pada materi aritmatika sosial. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 6(2), 10-21. Https://Doi.Org/10.56335/Jppn.V6i2.139
- Ruswana, A. M. (2016). Penerapan pembelajaran peer instruction with structured inquiry (pisi) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(1), 1-10. Http://Dx.Doi.Org/10.25157/Teorema.V1i1.124
- Samiya, A. (2022). Pengemangan media pembelajaran monopoli konsep sistem imun berbasis Hots. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
- Septia, T., Rizki, U., Pertiwi, E. K., & Kiromi, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran monopoli matematika bernuansa islami pada materi aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 468-478. Https://Doi.Org/10.31980/Plusminus.V3i3.1509
- Suzana, Y., Rahayu, N., Husna, R., & Maulida, I. (2024). Permainan monopoli sebagai media latihan soal interaktif bagi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 41-54. 10.24952/Ejpm.V1i2.13044
- Syaharani, I. R., & Rahmawati, I. (2024). Media monopoli berbasis etnomatematika materi elemen bilangan fase b di sekolah dasar. JPGSD, 12(01), 2665-2676. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/59315/46040
- Utami, W. P., & Nurhikmayati, I. (2025). Pengembangan alat peraga tiang barisan dan deret geometri untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika sekolah (JP2MS) ,9(1), 56-65. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.9.1.56-65
- Zarkasyi, M. (2015). Penelitian pendidikan matematika. PT Refika Aditama.
References
Argarini, D. F., & Wahyuhidayati, I. P. (2024). Pengembangan media monopoli berbahan loosepart untuk meningkatkan kemampuan logika matematika. Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(2), 444-459. Https://Doi.Org/10.33503/Prismatika.V6i2.4034
Boas, Suryani, M., & Yunita, A. (2025). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 77-87. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.9.1.77-87
Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan media monopoli matematika pada materi peluang untuk siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114-131. Https://Doi.Org/10.15642/Jrpm.2018.3.2.114-131
Faiza, N. N., & Wardhani, I. S. (2024). Media pembelajaran abad 21 : Memebangun generasi digital yang adaptif. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1-15. 10.62281
Husna, A., Nursyam, A., & Aspikal. (2025). Pengaruh permainan tradisional ma’gurecceng dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa di SD Negeri 24 Pandang-Pandang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 9(1), 13-22. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.9.1.13-22
Prayoga, A., Budi, T., & Sukarjo. (2017). Permainan monopoli sebagai media pembelajaran matematika. Joyful Learning Journal, 6(4), 228-233. Https://Doi.Org/10.15294/Jlj.V6i4.18864.
Rahmawati, R., & Fauziah, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis kontestual menggunakan aplikasi articulate storyline 3 pada materi aritmatika sosial. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 6(2), 10-21. Https://Doi.Org/10.56335/Jppn.V6i2.139
Ruswana, A. M. (2016). Penerapan pembelajaran peer instruction with structured inquiry (pisi) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(1), 1-10. Http://Dx.Doi.Org/10.25157/Teorema.V1i1.124
Samiya, A. (2022). Pengemangan media pembelajaran monopoli konsep sistem imun berbasis Hots. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Septia, T., Rizki, U., Pertiwi, E. K., & Kiromi, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran monopoli matematika bernuansa islami pada materi aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 468-478. Https://Doi.Org/10.31980/Plusminus.V3i3.1509
Suzana, Y., Rahayu, N., Husna, R., & Maulida, I. (2024). Permainan monopoli sebagai media latihan soal interaktif bagi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 41-54. 10.24952/Ejpm.V1i2.13044
Syaharani, I. R., & Rahmawati, I. (2024). Media monopoli berbasis etnomatematika materi elemen bilangan fase b di sekolah dasar. JPGSD, 12(01), 2665-2676. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/59315/46040
Utami, W. P., & Nurhikmayati, I. (2025). Pengembangan alat peraga tiang barisan dan deret geometri untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika sekolah (JP2MS) ,9(1), 56-65. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.9.1.56-65
Zarkasyi, M. (2015). Penelitian pendidikan matematika. PT Refika Aditama.