Main Article Content
Abstract
Penggunaan media pembelajaran sangat membantu proses pembelajaran didalam kelas. Media pembelajaran hendaknya mendukung terjadinya interaksi aktif dari peserta didik. Terlibatnya peserta didik secara langsung dalam pelajaran akan memudahkan mereka untuk memahami materi yang disampaikan. Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan adalah video animasi interaktif. Dalam mengembangkan video ini diharapkan membantu peserta didik dalam memahami materi kesebangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pembuatan video animasi interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach and Development dengan menggunakan desain ADDIE sebagai model penelitiannya. Model ini terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa video animasi interaktif valid untuk digunakan di sekolah dengan nilai kevalidannya sebesar 92,33%. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan secara signifikan dengan nilai n gainnya adalah 78,63% sehingga dapat dikatakan bahwa video animasi interaktif efektif dijadikan sebagai media pembelajaran dalam menyampaikan materi kesebangunan.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Anissa Putri Zaini, Ahmad Suradi, Poni Saltifa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Artama, S., Djollong, A. F., Ismail, Lubis, L. H., Yulianti, R., Mukarramah, & dkk. (2023). Evaluasi Hasil Belajar. PT. Mifandi Mandiri.
- Budiarto, & Artono. (2019). Geometri dan Permasalahannya. Jumadika Vol 1 No1, 12.
- Budiman. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Prisma Vol 4 No 8, 10.
- Ernawati, & Zulmaulida, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammada Zaini.
- Ginting, & Andres. (2021). Pentingnya Kemampuan Kolaborasi bagi Peserta Didik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Hobri, Susanto, & dkk. (2022). Matematika Untuk SD/MI Kelas IV. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
- Husnul Khatimah, D. R. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Pada Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Tahun Ajaran 2021/2022. Universitas Muhammadiyah Mataram.
- Ismawati, D. A., & Tandyonomanu, D. (2015). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Sub Pokok Bahasan Hubungan Antar Sudut Kelas VII SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya.
- Ismi, I. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 104 Pekan Baru. Universitas Islam Riau.
- Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V. JPGSD.
- Musfiqon. (2016). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka Publisher.
- Nursyahidah, F., Saputra, B. A., & Prayitno, M. (2016). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Belajar Garis dan Sudut dengan Geogebra. Suska Journal of Mathematics Education , 17.
- Putriani, D., Waryanto, N. H., & Hernawati, K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Program Construct 2 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa SMP Kelas 8. Jurnal Pendidikan Matematika, 8.
- Roskawati, & et al. (2015). Analisis Penguasaan Siswa SMA Pada Materi Geometri. Jurnal Didaktik Matematika.
- Saadah, I. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Animasi Dengan Menggunakan Adobe After Effect. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
- Sari, N. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Materi Bangun Datar Sederhana "BADANA" Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.
- Tambunan, H., Subakti, H., Chandra, A., & dkk. (2023). Media Pembelajaran Interaktif. Yayasan Kita Menulis.
- Utami, E. N. (2019). Perkembangan Pemahaman Konsep Geometri Berdasarkan Acuan NCTM Dalam Pembelajaran dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Universitas Negeri Semarang.
- Wahyana, R. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan ProShow Pada Materi Satuan Ukur dan Berat. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 29.
- Wahyuni, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
- Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 24.
- Yasa. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik Untuk Kelas XI Mipa dan IPS SMA Negeri 3 Singar. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
- Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenadamedia Group.
References
Artama, S., Djollong, A. F., Ismail, Lubis, L. H., Yulianti, R., Mukarramah, & dkk. (2023). Evaluasi Hasil Belajar. PT. Mifandi Mandiri.
Budiarto, & Artono. (2019). Geometri dan Permasalahannya. Jumadika Vol 1 No1, 12.
Budiman. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Prisma Vol 4 No 8, 10.
Ernawati, & Zulmaulida, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammada Zaini.
Ginting, & Andres. (2021). Pentingnya Kemampuan Kolaborasi bagi Peserta Didik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hobri, Susanto, & dkk. (2022). Matematika Untuk SD/MI Kelas IV. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Husnul Khatimah, D. R. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Pada Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Tahun Ajaran 2021/2022. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Ismawati, D. A., & Tandyonomanu, D. (2015). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Sub Pokok Bahasan Hubungan Antar Sudut Kelas VII SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya.
Ismi, I. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 104 Pekan Baru. Universitas Islam Riau.
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V. JPGSD.
Musfiqon. (2016). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka Publisher.
Nursyahidah, F., Saputra, B. A., & Prayitno, M. (2016). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Belajar Garis dan Sudut dengan Geogebra. Suska Journal of Mathematics Education , 17.
Putriani, D., Waryanto, N. H., & Hernawati, K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Program Construct 2 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa SMP Kelas 8. Jurnal Pendidikan Matematika, 8.
Roskawati, & et al. (2015). Analisis Penguasaan Siswa SMA Pada Materi Geometri. Jurnal Didaktik Matematika.
Saadah, I. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Animasi Dengan Menggunakan Adobe After Effect. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Sari, N. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Materi Bangun Datar Sederhana "BADANA" Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.
Tambunan, H., Subakti, H., Chandra, A., & dkk. (2023). Media Pembelajaran Interaktif. Yayasan Kita Menulis.
Utami, E. N. (2019). Perkembangan Pemahaman Konsep Geometri Berdasarkan Acuan NCTM Dalam Pembelajaran dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Universitas Negeri Semarang.
Wahyana, R. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan ProShow Pada Materi Satuan Ukur dan Berat. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 29.
Wahyuni, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 24.
Yasa. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik Untuk Kelas XI Mipa dan IPS SMA Negeri 3 Singar. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenadamedia Group.