Main Article Content

Abstract

Abstract.


This study aims to examine the effect of job satisfaction on performance in mediating organizational commitment. This research was conducted with a quantitative approach. The population in this study were Civil Servants in Lubuklinggau City. The sampling technique used is Proportionate Stratified Random Sampling, which is taking samples from population members at random and proportionally stratified, sampling is carried out on heterogeneous (unequal) population members, this technique is used because the population is homogeneous. members or elements that are not homogeneous and stratified proportionally. The strata found in this study, namely group I, group II, group III and group IV were used as data. The number of samples were 290 respondents who were taken through a google form questionnaire using the partial least squares (PLS) data analysis method. Based on statistical tests, it was found that 1) job satisfaction had a significant and positive effect on performance. 2) job satisfaction has a positive and significant effect on organizational commitment. 3) Organizational commitment has a positive and significant effect on performance. 4) job satisfaction has a positive and significant effect on performance in mediating organizational commitment.


 


Keywords: Job Satisfaction, Performance, Organizational Commitment


 


Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja, 2) untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen Organisasional, 3) untuk menganalisis pengaruh komitmen Organisasional terhadap kinerja, 4) untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap  terhadap kinerja dengan di mediasai komitmen Organisasional, pada Pegawai Negeri Sipil Kota Lubuklinggau. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, Penelitian kuantitatif umumnya ditujukan untuk membuat generalisasi dari hasil analisis, dan penelitiannya dapat di replikasi, Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai Pemerintah Daerah di Kota Lubuklinggau, teknik pengambilan sampel yang digunakan Proportionate Stratified Random Sampling, yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan berstrata secara proporsional, dilakukan sampling ini apabila anggota populasinya heterogen (tidak sejenis), teknik ini digunakan karena populasinya tidak homogen “Proportionate Stratified Random Sampling’’ digunakan bila populasi mempunyai anggota atau unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional”. Strata yang dimaksudkan dalam penelitian ini yaitu golongan I, golongan II, golongan III dan golongan IV dijadikan sumber data.   Jumlah sampel sebesar 290 responden yang diambil melalui kuisioner googleform dengan menggunakan metode analisis data partial least square (PLS). Berdasarkan  uji statistik, hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan dan bernilai positif terhadap kinerja dengan nilai tstatistic sebesar 2.700. Nilai tersebut lebih besar dari ttabel (1.650) dengan nilai P mencapai 0,007 < 0,050. Hal ini bermakna jika kepuasan kerja yang dirasakan pegawai meningkat maka kinerja juga semakin meningkat. 2) kepuasan kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dengan nilai tstatistic sebesar 16.823. Nilai tersebut lebih besar dari ttabel (1.650) dengan nilai P mencapai 0,000 < 0,05, hal ini bermakna bahwa jika kepuasan kerja meningkat maka komitmen Organisasional juga semakin meningkat. 3) Begitu juga dengan komitmen Organisasional, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dibuktikan dengan nilai tstatistic sebesar 21.049. Nilai tersebut lebih besar dari ttabel (1.650) dengan nilai P mencapai 0,000 < 0,05, hal ini bermakna bahwa jika komitmen Organisasional meningkat maka kinerja juga semakin meningkat. 4) Variabel komitmen Organisasional memiliki peran memediasi penuh pada pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja, hal ini dibuktikan dengan nilai tstatistic sebesar 15.451 yang   lebih besar dari ttabel (1.650) dengan tingkat signifikansi 0.000.


 


Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Kinerja, Komitmen Organisasional


 

Article Details

How to Cite
Yanto, S., Widodo, S., & Susetyo, S. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Mediasi Pada Pegawainegeri Sipil Di Kota Lubuklinggau. The Manager Review, 4(1), 59–60. https://doi.org/10.33369/tmr.v4i1.25849

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>