Main Article Content

Abstract

Dadiah merupakan salah satu makanan tradisional Sumatera Barat yang nyaris puna dan tidak dikenal oleh generasi muda. Setelah dilakukan penelitian tentang pemetaan, nilai tambah dan preferensi konsumen terhadap dadiah, maka upaya agar produk berbasiskan kearifan local dapat bertahan, dilakunak pengembangan produk. Untuk itu Penelitian ini bertujuan mendapatkan posisi dan strategi pengambangan agroindustri dadiah di Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif, dengan pengambilan sample ditentukan secara sengaja (purposive sampling) sebanyak 35 orang, yaitu pengusaha dadiah, pakar peneliti, lembaga pendukung, dan panelis preferensi konsumen. Posisi strategis agroindustri dadiah di Provinsi Sumatera Barat berada pada sel V yakni growth konsentrasi melalui integrasi horizontal. Posisi ini menunjukkan bahwa produk dadiah yang menjadi produk unggulan agroindustri yang dikembangkan produk atau jasa. Strategi pengembangan produk dadiah di Provinsi Sumatera Barat dengan cara promosi, mengembangkan olahan dadiah yang memiliki umur simpan yang lama, penetapan harga yang murah dari pesaing, pengurusan perizinan untuk dapat memperluas pasar.

Keywords

agroindustri dadiah analisis SWOT makanan tradisional

Article Details

How to Cite
Dewi, K. H., Yenrina, R., & Hathiqa, N. (2025). STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI TRADISIONAL DADIAH DI PROVINSI SUMATERA BARAT. Jurnal Agroindustri, 15(1), 112–123. https://doi.org/10.31186/jagroindustri.15.1.112-123

References

  1. Agarwal R, Grassl W, Pahl J. (2012). Meta-SWOT: Introducing A New Strategic Planning Tool. J Business Strategy 33:12–21. https://doi.org/10.1108/02756661211206708
  2. Chalid, S. Y., S. Nurbayti., & A. F. Pratama. (2018). Karakteristik dan Uji Aktivitas Protein Susu Kerbau (Bubalus bubalis) Fermentasi sebagai Angiotensin Converting Enzyme (ACE) Inhibitor. Ilmu Kefarmasian Indonesia 2(16): 214-224.
  3. Daswati, E., Hidayati., & Elfawati. (2009). Kualitas Susu Kerbau dengan Lama Pemeraman yang Berbeda. Jurnal Peternakan 6(1):1-7.
  4. Diza, Y.H., A. Asben., & T. Anggraini. (2020). Isolasi, identifikasi dan Penyiapan Sediaan Kering Bakteri Asam Laktat yang Berpotensi sebagai Probiotik dari Dadih Asal Sijunjung Sumatera Barat. Litbang Industri 10(2): 155-164.
  5. Dewi, K., Harlina, Hasbullah & Nurul Hathiqah. (2020). Pemetaan Agroindustri “Dadiah” Makanan Tradisional Suku Minang Kabau. Prosiding Seminar Nasional Agroindustri 2020. Jurusan Teknologi Industri Pertanian. ISBN 978-623-6877-91-3
  6. Dewi, Kurnia Harlina, Hasbullah & Hathiqah. (2021). Identification of Raw Materials, Processes and Products from Traditional Agroindustry Dadiah. International Conference on Sustainable Agriculture and Biosystem. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. ISBN/ ISSN: 1755-1307. https://iops cience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/757/1/012071
  7. Hathiqah, Nurul, Kurnia Harlina Dewi, & Rina Yenrina. (2023). Comparative Analysis of Value-Added Analysis at Five Dadiah Agro-industry Centers in West Sumatra Province. Asian Journal of Applied Research for Community Development and Empowerment. ISBN: 2581-0405Vol 7. No 1. Hal 161-168. Doi : https://doi.org/10.29165/aja rcde.v7i1.220.
  8. Hasnita., R. Rasyid., & Nuraeni. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga Usaha Dangke. Jurnal Wiratani 1(2): 179-189
  9. Kusrini, W., A. K. Indrajaya., S. G. Simanjuntak., & T. Puspa. (2022). Analisis Strategi Bisnis pada Olahan Susu Segar House of Milk. Jurnal Ekonomi Trisakti 2(2): 555-566.
  10. Miharja. Kasmanto. (2018). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Bisnis Susu Murni Q-Milk. Jurnal Ecodemica 2(1): 30-38
  11. Mona, Shinta Ovelia. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Ampiang Dadiah di Buffet-Buffet Sumatera Barat. (Thesis). Padang. Fakultas Peternakan. Universitas Andalas. 89 hal
  12. Nasution, M. H. B., S. Ramadhani., & E. Fachrial. (2020). Isolation, Characterization and Antibac-terial Activities of Lactic Acid Bacteria Isolated from Batak’s Special Food “Dali Ni Horbo”. Natur Indonesia 18(1): 1-11.
  13. Prabandari, D., K. S. Rayahu., & A. Rizkiriani. (2022). Strategi Pengembangan Kuliner Tradisional Bogor sebagai Daya Tarik Wisata. Jurnal Pesona Wisata, 1(1): 7-13.
  14. Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama
  15. Saputrayadi A, Marianah Marianah, Jannatun Alia. Journal of Agritechnology and Food Processing 1. ISSN 2809-3607 Vol 1 No 1 (2021) Hal 46-60 [https://journal.ummat.ac.id/ index. php/JAFP/article/view/5821]
  16. Suresti, A., N. Salam., & R. Wati. (2018). Pengembangan Usaha Kelompok Produsen Dadiah di Kecamatan Tilatang Kamang. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 1(3): 35-45.
  17. Usmiati, S., & Risfaheri. (2013). Pengembangan Dadih sebagai Pangan Fungsional Asli Sumatera Barat. J. Litbang Pert. 32(1): 20-29