Main Article Content

Abstract

The purpose of this study was to evaluate the level of bacterial contamination in broiler meat at the Sentani Jayapura traditional market by testing the total number of coliform bacteria. Sampling was carried out thoroughly among broiler chicken sellers at the Sentani Traditional market in Jayapura. Seven samples were from the Pharra market and three samples from the Lama market, so the total of broiler meat samples was 10 samples. Test result data is presented in the form of an average of contaminated samples, with descriptive analysis of the number of coliforms. The research results showed that the average amount of coliform in the Pharra market was 1.5 x 106 CFU/gram and the Lama market was 2.7 x 102 CFU/gram. It was concluded that traders in the Sentani traditional market, Jayapura Regency, did not apply hygiene measures during the selling process, resulting in chicken meat being contaminated with coliform bacteria.


 


Keywords: Coliform, Broiler Chicken Meat, Traditional Markets


 


ABSTRAK


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kontaminasi bakteri pada daging broiler di pasar tradisional Sentani Jayapura dengan menguji jumlah total bakteri koliform. Pengambilan sampel dilakukan secara menyeluruh terhadap penjual ayam broiler di pasar Tradisioanal Sentani Jayapura. Tujuh sampel dari pasar Pharra dan tiga sampel dari pasar Lama, sehingga total sampel daging broiler sebanyak 10 sampel. Data hasil pengujian disajikan dalam bentuk rataan sampel yang terkontaminasi, dengan analisis deskriptif jumlah coliform. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rataan jumlah koliform di pasar Pharra sebesar 1,5 x 106 CFU/gram dan pasar Lama sebesar 2,7 x 102 CFU/ gram. Disimpulkan bahwa pedagang di pasar tradisional Sentani Kabupaten Jayapura tidak menerapkan tindakan kebersihan pada saat proses penjualan sehingga mengakibatkan daging ayam terkontaminasi bakteri koliform.


 


Kata kunci: Koliform, Daging Broiler, Pasar Tradisional

Keywords

Coliform Daging Ayam Pasar Tradisonal Sentani Koliform, Daging Broiler, Pasar Tradisional

Article Details

Author Biographies

Kornelius Liat Nuhon, STIPER, Stanto Thomas Aquinas

Program Studi Peternakan, STIPER, Stanto Thomas Aquinas Jayapura

Dortje Janet Kondong, STIPER, Stanto Thomas Aquinas

Program Studi Peternakan, STIPER, Stanto Thomas Aquinas Jayapura

References

  1. Aerita, A N., E. T. Pawenang, dan Mardiana. 2014. Hubungan higiene pedagang dan sanitasi dengan kontaminasi salmonella pada daging ayam potong. Unnes Journal of Public Health, 3(4): 9-16.
  2. Arifa, I. N. 2010. Analisis mikrobiologi pada makanan di Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sebelas Maret< Surakarta.
  3. Arifin, I. M. 2015. Deteksi salmonella sp. pada daging sapi di Pasar Tradisional dan Moderen di Kota Makassar. Skripsi. Universitas Hasanuddin, Makassar.
  4. BPOM RI. 2008. Pengujian Mikrobiologi Pangan. Badan Pengawas Obat dan Makanan. Jakarta (Indonesia).
  5. Badan Standarisasi Nasional. 2009. SNI 7388:2009 tentang batas maksimum cemaran mikroba dalam pangan. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta (Indonesia).
  6. Barus, J. G., P. E. Santosa, dan D. Septinova. 2017. Pengaruh lama perendaman dengan menggunakan laruran daun salam (Szygum polyanthum) sebagai pengawet terhadap total plate count dan Salmonella daging broiler. Jurnal Riset dan Inovasi Peternakan, 1(3): 42-47.
  7. Edi, S. dan R. S. N. Rahmah. 2018. Pengaruh lama penyimpanan daging ayam pada suhu ruang dan refrigerator terhadap angka lempeng total bakteri dan adanya bakteri Salmonella Sp. Jurnal Biosains. 4(1). 23-31.
  8. Krisna. 2005. Ada coliform di air TAP ITB. Diakses dari Processing. Art.itb.ac.id.
  9. Manullang, M. P., I. B. N. Swacita, dan I. K. Sauda. 2020. Angka lempeng total bakteri pada daging ayam broiler yang dijual di beberapa pasar Tradisional di Denpasar Selatan. Buletin Veteriner Udayana. 12 (1): 1-6.
  10. Nadifah, F., M. Y. Bhoga, dan Y. Prasetyaningsih. 2014. Kontaminasi bakteri pada saos tomat mie ayam di Pasar Condong Catur Sleman Yogyakarta Tahun 2013. Biogenis, 2 (10): 30-33.
  11. Ollong, A. R., J. A. Palulungan, R. dan Arizona. 2020. Analisis jumlah coliform dan faecal coli (MPN) pada daging sapi dan ayam di Kota Manokwari. Jurnal Ilmu Peternakan dan veteriner Tropis, 10 (2): 113-118.
  12. Rizaldi, A., Zelpina, E., Oktariana, K. 2022. Cemaran coliform dan total plate count pada daging Ayam Broiler Studi kasus di Pasar Tradisional Kabupaten Barito. Jurnal Sains dan Teknologi Peternakan.Vol 4 (1) December 2022. p-ISSN. 2715-3010. e-ISSN. 2716-0424.
  13. Zakour, P. 2009. Good Manufacturing Practices. Dalam Heredia N, Wesley I, Garcia S, editor. Mikrobiologically Safe Foods. Mexico: Wiley.
  14. Zuanita, D. A., I. G. Suarjana, dan M. D. Raudyanto. 2014. Cemaran coliform pada daging ayam pedaging yang dijual di Swalayan di Denpasar. Indonesia Medicus Veterinus, 3 (1): 26-31