Main Article Content
Abstract
This research aims to improve the creativity and student achievement on mathematics subjects building material space through the use of the Android WPS Office application helped wireless projector. This type of research is a mixed method research conducted in 2 stages. The first stage was carried out Classroom Action Research (CAR) which was carried out in 3 cycles. The second stage was carried out quasi-experimental research (average difference test). The CAR Subjects were Grade V students SD Negeri 10 Rejang Lebong with a total of 20 students while the effectiveness test stage was fifth grade students SD Negeri 02 Ujan Mas (experimental class) with a total of 20 students and SD Negeri 119 Rejang Lebong with a total of 20 students (control class). CAR results concluded that the use of the Android WPS Office application helped wireless projector can improve student creativity and achievement. The effectiveness test results can be concluded that there are significant differences between the average value of the experimental class and control posttest which proves that there is a significant increase between student learning achievement and the use of Android WPS Office applications helped wireless projector compared to conventional learning. The recommendation of this study is for the next teacher / researcher to make a creativity observation sheet based on its dimensions and be able to test the effectiveness of students' creativity in using Android applications with WPS Office helped wireless projector compared to conventional learning models.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Rofi Sudayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional
- Depdiknas. (2004). Penilaian. Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional.
- Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1061-1070.
- Guilford, J. P. (1975). Varieties of creative giftedness, their measurement and development. Gifted Child Quarterly, 19(2), 107-121.
- Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).
- Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.
- Hernaningtyas, I. S., Susetyarini, R. E., & Widodo, R. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(4), 256-266.
- Hidayati, N. (2017). Efektivitas Pembelajaran menggunakan Multimedia Interaktif (Adobe Flash CS6) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD N Jurug Sewon. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(3).
- Jamaluddin (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmu Pendidikan. 17. 10.17977/jip.v17i3.2719.
- Karim, I., Mariani, A., & Tohopi, M. R. (2016). Aplikasi Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Berbasis Android.JTII, 1(1)
- Kartikasari, A., & Rahmawati, I. (2018). Pengembangan Media Game Moou Train Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian untuk Siswa Kelas III SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).
- Karwono & Mularsih, H. (2017) Belajar dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers.
- Khoiri, W., Rochmad, R., & Cahyono, A. N. (2013). Problem based learning berbantuan multimedia dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1).
- Komarudin, D. (2018). Hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 278-288.
- Lambertus, L. A., & Patih, T. (2013). Penerapan pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 73-82.
- Marisi, A. (2007). Efektivitas Model Pengukuran Kreativitas dalam Pembelajaran Hemisphere Kanas (HK) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 10(2). doi:http://dx.doi.org/10.21831/pep.v10i2.1981
- Maulana, M. R., Rusli, C. Y., & Ristiyanah, R. (2017). Pemanfaatan Multimedia sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD Kelas 3 Berbasis Animasi 2D. IC-Tech, 12(1).
- Muhsetyo, G., Djamus, W., Yumiati, & Haholongan, S. (2010). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka
- Munir (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV Alfabeta
- Najib, M. B. A., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2018). Multimedia Interaktif untuk Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1).
- Nor, N. A., Kin, T. Y., & Abu, S. (2015). In-stats: Mobile learning for statistics courses. In Colloquium in Computer and Mathematical Sciences Education (pp. 66-69).
- Penciner, R. (2013). Does PowerPoint enhance learning?. Canadian Journal of Emergency Medicine, 15(2), 109-112.
- Sani, R A. & Sudiran (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Pengembangan Profesi Guru. Tangerang: Tira Smart
- Sardiman (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
- Setiawati, L. (2016). Penerapan Media Animasi sebagai Inovasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Ciledug 2 Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan, LPPM Universitas pendidikan Indonesia,ISSN: p.1412-565X e.2541-4135
- Shadiq, F. (2007). Apa dan mengapa matematika begitu penting. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
- Slameto (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
- Stewart, J., & Stewart, G. (2010). Correcting the normalized gain for guessing. The Physics Teacher, 48(3), 194-196.
- Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya
- Sukarsa, I. W., Dantes, N., & Arini, N. W. (2014). Penerapan model pembelajaran kuantum berbantuan media Microsoft Powerpoint untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa siswa kelas IV semester 1 SD Negeri 6 Menanga. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
- Suratman, D. (2007). Pemanfaatan Ms Power Point dalam Pembelajaran. Jurnal cakrawala kependidikan, 7(1), 218608.
- Suratno, T. (2012). Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Sampoerna Fondation Institut.
- Suryanto, A. & Djatmiko, T. (2012) Evaluasi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
- Susilana, R. dan Riyana, C. (2016). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
- Winataputra, U. S. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
- Yudha, C. B. (2018). Penerapan Game Edukasi Berbasis Android dan Gambar bagi Siswa Sekolah Dasar. Tunas Bangsa Journal, 5(2).
References
BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional
Depdiknas. (2004). Penilaian. Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional.
Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1061-1070.
Guilford, J. P. (1975). Varieties of creative giftedness, their measurement and development. Gifted Child Quarterly, 19(2), 107-121.
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.
Hernaningtyas, I. S., Susetyarini, R. E., & Widodo, R. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(4), 256-266.
Hidayati, N. (2017). Efektivitas Pembelajaran menggunakan Multimedia Interaktif (Adobe Flash CS6) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD N Jurug Sewon. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(3).
Jamaluddin (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmu Pendidikan. 17. 10.17977/jip.v17i3.2719.
Karim, I., Mariani, A., & Tohopi, M. R. (2016). Aplikasi Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Berbasis Android.JTII, 1(1)
Kartikasari, A., & Rahmawati, I. (2018). Pengembangan Media Game Moou Train Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian untuk Siswa Kelas III SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).
Karwono & Mularsih, H. (2017) Belajar dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers.
Khoiri, W., Rochmad, R., & Cahyono, A. N. (2013). Problem based learning berbantuan multimedia dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1).
Komarudin, D. (2018). Hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 278-288.
Lambertus, L. A., & Patih, T. (2013). Penerapan pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 73-82.
Marisi, A. (2007). Efektivitas Model Pengukuran Kreativitas dalam Pembelajaran Hemisphere Kanas (HK) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 10(2). doi:http://dx.doi.org/10.21831/pep.v10i2.1981
Maulana, M. R., Rusli, C. Y., & Ristiyanah, R. (2017). Pemanfaatan Multimedia sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD Kelas 3 Berbasis Animasi 2D. IC-Tech, 12(1).
Muhsetyo, G., Djamus, W., Yumiati, & Haholongan, S. (2010). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Munir (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV Alfabeta
Najib, M. B. A., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2018). Multimedia Interaktif untuk Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1).
Nor, N. A., Kin, T. Y., & Abu, S. (2015). In-stats: Mobile learning for statistics courses. In Colloquium in Computer and Mathematical Sciences Education (pp. 66-69).
Penciner, R. (2013). Does PowerPoint enhance learning?. Canadian Journal of Emergency Medicine, 15(2), 109-112.
Sani, R A. & Sudiran (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Pengembangan Profesi Guru. Tangerang: Tira Smart
Sardiman (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Setiawati, L. (2016). Penerapan Media Animasi sebagai Inovasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Ciledug 2 Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan, LPPM Universitas pendidikan Indonesia,ISSN: p.1412-565X e.2541-4135
Shadiq, F. (2007). Apa dan mengapa matematika begitu penting. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Slameto (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Stewart, J., & Stewart, G. (2010). Correcting the normalized gain for guessing. The Physics Teacher, 48(3), 194-196.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya
Sukarsa, I. W., Dantes, N., & Arini, N. W. (2014). Penerapan model pembelajaran kuantum berbantuan media Microsoft Powerpoint untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa siswa kelas IV semester 1 SD Negeri 6 Menanga. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Suratman, D. (2007). Pemanfaatan Ms Power Point dalam Pembelajaran. Jurnal cakrawala kependidikan, 7(1), 218608.
Suratno, T. (2012). Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Sampoerna Fondation Institut.
Suryanto, A. & Djatmiko, T. (2012) Evaluasi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Susilana, R. dan Riyana, C. (2016). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Winataputra, U. S. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Yudha, C. B. (2018). Penerapan Game Edukasi Berbasis Android dan Gambar bagi Siswa Sekolah Dasar. Tunas Bangsa Journal, 5(2).