Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital berbasis STEM dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa khususnya dimensi proses, konten, dan konteks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Karena penelitian dilakukan pada masa pandemic, tahap penelitian dan pengembangan dilakukan dalam 3 tanpa melaksanakan tahap Disseminate. Data penelitian diperoleh melalui angket, pedoman wawancara, lembar validasi. Aspek yang divalidasi meliputi kelayakan materi, bahasa, dan kegrafikan. Validator (raters) yang dilibatkan untuk memvalidasi aspek media berjumlah 6 pakar yang terdiri dosen dan guru. Data aspek kepraktisan media diperoleh dari respon 20 siswa kelas VI dan 1 orang guru. Setelah uji terbatas dilakukan, tes hasil belajar diberikan untuk mengetahui perubahan literasi sain siswa kelas tentang materi Tatasurya pada dimensi yang ditinjau dari dimensi proses, konten, dan konteks. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa media komik digital berbasis STEM sangat layak dan praktis digunakan untuk pembelajaran muatan IPA pada tema 9 Menjelajah Tata Surya sub tema 1 karakteristik planet yang ada di tata surya, sub tema 2 mengenai perbandingan dan beda planet yang ada di tata surya, serta sub tema 3 pengelompokan planet menurut garis edar bumi.
Keywords: Komik Digital; STEM; Media; Literasi Sains
Rincian Artikel
Referensi
- Arifin (2012). Penelitian pendidikan -metode dan paradigma baru.
- Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Jalilehvand, M. (2012). The Effects of text length and picture on reading
- comprehension of iranian EFL students. Asian Social Science, 8(3), 111-112.
- Kustianingsari, N. (2015). Pengembangan media komik digital pada mata pelajaran
- Bahasa Indonesia tema lingkungan sahabat kita materi teks cerita manusia
- dan lingkungan untuk siswa kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya.Jurnal
- Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2).
- Mardapi, Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes, Yogyakarta: Mitra
- Cendikia Press, 2008
- Mi'rojiyah, L. F. (2016). Pengembangan program studi magister pendidikan IPA
- konsentrasi fisika FKIP. Semnas Pend. IPA pascasarjana UM (hal. 217
- . Malang: Universitas Malang.
- Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung:
- Alfabeta.
- Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif
- dan R&D). Penerbit CV. Bandung: Alfabeta.
- Sutrisno,R.R & Hamdu, G. (2020). Aplikasi mobile learning model pembelajaran STEM untuk guru sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3(3).
- BSNP, (2011). Standar kompetensi dan kompetensi standar sekolah
- dasar/madrasah ibtidaiyah (Lampiran 1 peraturan Mendiknas No. 22 Tahun
- . Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
- Winarni, E.W (2019). The effectiveness of turtle mobile learning application for
- scientific literacy in elementary school. Jurnal of Education and e-Learning
- Research. 6 (1).
- Yonkie, A, & Nugroho,A. (2017). Unsur-unsur grafis dalam komik web. Jurnal
- Dimensi DKV, 2(2), 125-128.
- Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21-28.
Referensi
Arifin (2012). Penelitian pendidikan -metode dan paradigma baru.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Jalilehvand, M. (2012). The Effects of text length and picture on reading
comprehension of iranian EFL students. Asian Social Science, 8(3), 111-112.
Kustianingsari, N. (2015). Pengembangan media komik digital pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia tema lingkungan sahabat kita materi teks cerita manusia
dan lingkungan untuk siswa kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya.Jurnal
Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2).
Mardapi, Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes, Yogyakarta: Mitra
Cendikia Press, 2008
Mi'rojiyah, L. F. (2016). Pengembangan program studi magister pendidikan IPA
konsentrasi fisika FKIP. Semnas Pend. IPA pascasarjana UM (hal. 217
. Malang: Universitas Malang.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif
dan R&D). Penerbit CV. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno,R.R & Hamdu, G. (2020). Aplikasi mobile learning model pembelajaran STEM untuk guru sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3(3).
BSNP, (2011). Standar kompetensi dan kompetensi standar sekolah
dasar/madrasah ibtidaiyah (Lampiran 1 peraturan Mendiknas No. 22 Tahun
. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Winarni, E.W (2019). The effectiveness of turtle mobile learning application for
scientific literacy in elementary school. Jurnal of Education and e-Learning
Research. 6 (1).
Yonkie, A, & Nugroho,A. (2017). Unsur-unsur grafis dalam komik web. Jurnal
Dimensi DKV, 2(2), 125-128.
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21-28.