Main Article Content

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui analisis butir soal ujian sekolah Bahasa Indonesia SD/MI yang berada di Kabupaten Bengkulu Utara ditinjau dari kelogisan bahasa, proporsi pengetahuan secara konten dan konteks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang menganalisis butir soal ditinjau dari proporsi kompetensi, proporsi kelogisan bahasa, proporsi pengetahuan secara konten dan konteks. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumentasi soal ujian Bahasa Indonesia yang divalidasi 7 Penilai (Rater). Peneliti mendeskripsikan hasil kelogisan Bahasa, proporsi pengetahuan konten dan konteks serta hasil kesepakatan Penilai (Rater). Hasil penelitian aspek kelogisan bahasa terdapat kesalahan sebanyak 9 soal pada pemakaian huruf, 4 soal pada penulisan kata, 5 soal pada kalimat, 13 soal pada tanda baca. Proporsi pengetahuan konten dan konteks diketahui butir soal yang termasuk ke dalam proporsi pengetahuan konten sebesar 48,89%, proporsi pengetahuan konteks sebesar 51,11%. Penelitian ini banyak terdapat kesalahan kelogisan bahasa aspek tanda baca dan memiliki level kesepakatan “hampir sempurna’ pada proporsi penegetahuan secara konten dan konteks.

 

Kata kunci: analisis butir soal, (rater), kelogisan bahasa, konten dan konteks.

Article Details

How to Cite
Fibrianto, D., Daimun Hambali, & Endang Widi Winarni. (2022). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Dasar Bahasa Indonesia Kabupaten Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020 Ditinjau dari Kelogisan Bahasa dan Proporsi Pengetahuan secara Konten dan Konteks. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(2), 328–333. https://doi.org/10.33369/dikdas.v5i2.15849