DOI: https://doi.org/10.33369/dikdas.v5i2

Published: 20 November 2022

Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Saintifik Materi Alat Indra Manusia Kelas IV Sekolah Dasar

Julita Julita (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
210-219
246

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS POWERPOINT KOMBINASI ANIMASI DAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI ROTASI DAN REVOLUSI BUMI UNTUK SISWA KELAS VI

Tri Darsih (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
220-228
330

PENGEMBANGAN KOMIK STRIP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA PADA KELAS IV MIN 5 BENGKULU TENGAH

Kiki Rizki (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
229-237
261

Analisis Kesulitan Guru dan Orang Tua Siswa dalam Implementasi Belajar dari Rumah (BDR) di Daerah 3t (Terdepan, Tepencil dan Terluar) Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Aspek Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar

desi sarwendah (1), Abdul Muktadir (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
238-250
115

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Proyek Dengan Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Di Kelas V Sekolah Dasar

siska fitriani (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
251-260
120

Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Program Latihan Profesi (PLP) Terhadap Aspek Kepribadian, Pembelajaran, Micro Teaching, dan Pengembangan RPP

-

Sutirna - (1), Intisari - (2)
(1) a:1:{s:5:"en_US";s:35:"Universitas Singaperbangsa Karawang";} ,
(2) SMA Negeri 5 Karawang Jawa Barat, Indonesia
261-267
55

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Materi Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar

sri zuriatin (1), Agus Susanta (2), Abdul Muktadir (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
268-275
324

Analisis Butir Soal Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup” Kelas IV SDN 2 Kertaraharja Tahun Pelajaran 2021/2022

Refa Tiwi Alia Fatin (1), Sekarsari Nurdini (2), Siti Farkhanah (3), Bella Belinda (4)
(1) PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang, Indonesia ,
(2) PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang, Indonesia ,
(3) PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang, Indonesia ,
(4) PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang, Indonesia
276-284
210

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Kearifan Lokal Materi Cerita Rakyat SDN 33 Bengkulu Selatan

Leona Rizah (1), Abdul Muktadir (2), Puspa Djuwita (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
285-294
217

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MATERI HUBUNGAN ANTAR KOMPONEN EKOSISTEM DAN JARING-JARING MAKANAN DI LINGKUNGAN SEKITAR

Afriantoni Suherja (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
295-305
604

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Model Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Dampaknya Terhadap Sikap Peduli Sosial pada Pembelajaran PPKn

shella 0ctavia Anggraeni (1), Puspa Djuwita (2), Abdul Muktadir (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
306-317
125

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Think Talk Write (TTW) Pada Kemampuan Menulis Siswa Sekolah Dasar

Sepwinsyah Putra (1), Abdul Muktadir (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
318-327
175

Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Dasar Bahasa Indonesia Kabupaten Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020 Ditinjau dari Kelogisan Bahasa dan Proporsi Pengetahuan secara Konten dan Konteks

Devi Fibrianto (1), Daimun Hambali (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
328-333
99

ANALISIS RELEVANSI NILAI-NILAI MORAL RITUAL SEKUJANG SUKU SERAWAI DALAM PEMBELAJARAN PPKN TEMATIK TERPADU SISWA KELAS V SDN 81 SELUMA

Ady Darmansyah (1), Puspa Djuwita (2), Abdul Muktadir (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
334-345
185

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Membangun Sikap Mandiri dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 75 Kota Bengkulu

DENTY HARMELIA (1), Puspa Djuwita (2)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
346-354
480