Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Kiki Rizki, Endang Widi Winarni, Irwan Koto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Fatimah, F., Widyatmoko, A (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi Pendengaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Di kunjungi 11 Mei 2021, https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/3114
- Febriyanti, R., & Mustadi, A. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Edutainment dalam Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru MI. Dikunjungi 11 Mei 2021, https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/6676
- Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan. Malang: Literasi Nusantara.
- Hardiyanti, D. A., Fakhriyah, F dan Fathurohman, I. (2019). Pengembangan Media Komik Strip Berbasis Keunggulan Lokal Pada Materi Gaya Dan Cerita Fiksi Di Kelas IV Muatan Bahasa Indonesia Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN). ISSN 2714-5972
- Kurnia, Wardani. (2012). Pengunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural. Jurnal Komunitas Research and Learning in Sociology and Anthropology. Dikunjungi 20 Maret 2021, https://www.researchgate.net/publication/
- Kurniawan, D., Asiyah dan Topano, A. 2021. Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Media Audio Dan Media Audio-Visual Pada Kelas V Di SD Negeri 58 Kota Bengkulu. ISEJ: Indonesian Science Education Journal. Vol. 2, No. 1. Hal : 47-56
- Maghfirah, F dan herowati. (2017). Pengembangan Media Komik Strip Sains “Pemanasan Global” Untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumenep. Jurnal Pendidikan IPA. Vol. 7 (2)
- Martina, K., Tegeh, M., & Sukmana, I, W. (2018). Pengembangan Media Strip Comic Dengan Model ADDIE Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sari Mekar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Dikunjungi 24 Maret 2021, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20309.
- Nurhabibah., Anizar, A., & Erni, M. (2011). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
- Retnawati, H, (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing
- Riska, D., & Syaichudin. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Grafis Komik Terhadap Prestasi Belajar Ipa Pada Materi Fungsi Alat-Alat Tubuh Siswa Kelas V SLB B. Jurnal Penelitian Pendidikan. Dikunjungi 24 Maret 2021, https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/view/16532/pdf.
- Sa’adah, R. N dan Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D. Malang: Literasi Nusantara.
- Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
- Sugito. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik Sains Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 SDN Watuagung 01 Tuntang. Skripsi, Universitas Kristen Satya Wacana
- Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
- Syahputra, H. H., Hasruddin., & Djulia, E. 2015. Pengembangan Media Ajar Interaktif Biologi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 3 (6) h. 255-259
- Winarni, E.W (2018). Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran kreatif dan inovatif. Bengkulu: Penerbit FKIP UNIB
- Yuntoro. (2011). Ensiklopedia Bahasa dan Sastra. Jilid 6. Jakarta: Multazam Mulia Utama.
References
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fatimah, F., Widyatmoko, A (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi Pendengaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Di kunjungi 11 Mei 2021, https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/3114
Febriyanti, R., & Mustadi, A. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Edutainment dalam Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru MI. Dikunjungi 11 Mei 2021, https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/6676
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan. Malang: Literasi Nusantara.
Hardiyanti, D. A., Fakhriyah, F dan Fathurohman, I. (2019). Pengembangan Media Komik Strip Berbasis Keunggulan Lokal Pada Materi Gaya Dan Cerita Fiksi Di Kelas IV Muatan Bahasa Indonesia Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN). ISSN 2714-5972
Kurnia, Wardani. (2012). Pengunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural. Jurnal Komunitas Research and Learning in Sociology and Anthropology. Dikunjungi 20 Maret 2021, https://www.researchgate.net/publication/
Kurniawan, D., Asiyah dan Topano, A. 2021. Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Media Audio Dan Media Audio-Visual Pada Kelas V Di SD Negeri 58 Kota Bengkulu. ISEJ: Indonesian Science Education Journal. Vol. 2, No. 1. Hal : 47-56
Maghfirah, F dan herowati. (2017). Pengembangan Media Komik Strip Sains “Pemanasan Global” Untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumenep. Jurnal Pendidikan IPA. Vol. 7 (2)
Martina, K., Tegeh, M., & Sukmana, I, W. (2018). Pengembangan Media Strip Comic Dengan Model ADDIE Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sari Mekar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Dikunjungi 24 Maret 2021, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20309.
Nurhabibah., Anizar, A., & Erni, M. (2011). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Retnawati, H, (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing
Riska, D., & Syaichudin. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Grafis Komik Terhadap Prestasi Belajar Ipa Pada Materi Fungsi Alat-Alat Tubuh Siswa Kelas V SLB B. Jurnal Penelitian Pendidikan. Dikunjungi 24 Maret 2021, https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/view/16532/pdf.
Sa’adah, R. N dan Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D. Malang: Literasi Nusantara.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugito. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik Sains Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 SDN Watuagung 01 Tuntang. Skripsi, Universitas Kristen Satya Wacana
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Syahputra, H. H., Hasruddin., & Djulia, E. 2015. Pengembangan Media Ajar Interaktif Biologi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 3 (6) h. 255-259
Winarni, E.W (2018). Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran kreatif dan inovatif. Bengkulu: Penerbit FKIP UNIB
Yuntoro. (2011). Ensiklopedia Bahasa dan Sastra. Jilid 6. Jakarta: Multazam Mulia Utama.