Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat: LKPD berbasis model kooperatif tipe think pair share dan dampaknya terhadap sikap peduli sosial pada pembelajaran PPKN di kelas III Sekolah Dasar. LKPD dibuat dengan mengkombinasikan teks, gambar dan contoh dalam menumbuhkan sikap peduli sosial di lingkungan sekitar siswa.. Penelitian dilakukan di SDN 05 Bengkulu Tengah pada kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan model Borg dan Gall dengan tujuh tahapan. Obyek penelitian adalah LKPD berbasis model kooperatif tipe think pair share dan dampaknya terhadap sikap peduli sosial pada pembelajaran PPKN. Instrumen yang digunakan yaitu angket uji kelayakan dan angket uji respon guru dan siswa. Uji kelayakan dilakukan oleh 6 orang validator yaitu 2 Ahli Materi, 2 Ahli Bahasa dan 2 Ahli Tampilan. Uji respon pengguna dilakukan pada 24 siswa kelas III dan 1 orang guru kelas SDN 05 Bengkulu Tengah. Analisis Data menggunakan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji kelayakan LKPD oleh validator ditinjau dari segi aspek halaman muka, daftar isi, petunjuk belajar, kelayakan materi, penyajian bahasa, dan kelayakan materi, kelayakan materi diperoleh 0,72 (kriteria layak), hasil kelayakan bahasa 0,90 (kriteria layak) dan hasil kelayakan tampilan 0,80 (kriteria sangat layak). Hasil uji lapangan LKPD dngan melakukan post tes dan pre tes dengan hasil uji gain menunjukan 21 siswa mendapat gain sedang yang menandakan bahwa LKPD memberikan pengaruh belajar siswa. Dengan kata lain LKPD yang digunakan memberikan manfaat dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar penunjang
Keywords
LKPD
TPS
Peduli Sosial.
Article Details
License
Copyright (c) 2022 shella 0ctavia Anggraeni, Puspa Djuwita, Abdul Muktadir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Anggraeni, shella 0ctavia, Djuwita, P., & Muktadir, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Model Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Dampaknya Terhadap Sikap Peduli Sosial pada Pembelajaran PPKn. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(2), 306–317. https://doi.org/10.33369/dikdas.v5i2.22176