Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menerangkan profil kemandirian belajar peserta didik kelas II SDN Gajahmungkur 04. Subyek penelitian peserta didik kelas II SDN Gajahmungkur 04 yang berjumlah 16 anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Perhitungan metode angket menggunakan skala likert dengan rumus P = F/N x 100% dan dikategorikan kedalam rating scale. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar peserta didik kelas II SDN Gajahmungkur 04 berkembang dengan baik dan sangat interaktif sehingga interaksi proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan yang diharapkan. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil angket kemandirian belajar sebesar 77,23% dengan kriteria baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Menkasari, K. S., Purnamasari, V., & Paryuni. (2024). Profil Profil Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas II SDN Gajahmungkur 04: Kemandirian Belajar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 7(1), 52–57. https://doi.org/10.33369/dikdas.v7i1.33198