Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan model Project Based Learning (PBL) berbantu media Visual pada siswa kelas IV SDN Plamongansari 02 Semarang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik yang datanya diperoleh berdasarkan hasil pengerjaan peserta didik pada soal evaluasi yang diberikan guru. kemudian melaksanakan tes awal, selanjutnya ke siklus 1 dan siklus 2. Teknik analisis data diperoleh melalui teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Pengolahan data dan analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh data bahwa hasil pra siklus sebesar 54,1% mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan belajar sebesar 70,8 % dan nilai rata-rata 76,8. Pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 83,3% dan nilai rata-rata 81,1. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), berbantu media visual berupa powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Plamongansari 02.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Ardini Kartika Cahyaningrum, Mira Azizah, Darsino

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.