Isi Artikel Utama
Abstrak
Dalam proses pembelajaran di lapangan, penggunaan media berbasis digital khususnya media powerpoint masih jarang diterapkan oleh guru. Sehingga dibutuhkan pengembangan media powerpoint supaya proses pembelajaran berjalan dengan optimal dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V dalam mata pelajaran IPAS. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Hasil penelitian media powerpoint adalah media yang digunakan berdasarkan tes berbeda melalui uji statistik non parametrik dengan uji rumus Wilcoxon untuk memperoleh data belajar siswa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media powerpoint.
Kata kunci: berbasis powerpoint, hasil belajar kognitif, media pembelajaran
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Ilham Esa Tiffani, Agnita Siska Pramasdyahsari, Sumarno, Mulyani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.