Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak Model dan media pembelajaran yang digunakan pendidik memberikan dampak terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dan perbedaan antara model pembelajaran make a match berbantuan wordwall dan powerpoint terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Beringin Raya yang berjumlah 60 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan wordwall terhadap hasil belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar IPA siswa. 3) Terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran make a match berbantuan word wall dan berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar IPA siswa.


Kata kunci: Hasil pembelajaran, make a match, ilmu pengetahuan alam dan sosial, powerpoint, wordwall

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dika Ramadhona, Z., Fernando Rizqi, Y., Khairani, F., & Herpratiwi. (2025). Pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan wordwall terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SDN 2 beriBeringin Raya. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 8(1), 114–122. https://doi.org/10.33369/dikdas.v8i1.41371