Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk DHARMA RAFLESIA?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

JUDUL INDONESIA (TIMES NEW ROMAN 13)

(10-17 kata)

 

ENGLISH TITLE  (TIMES NEW ROMAN 13)

(DISESUAIKAN DENGAN JUDUL BAHASA INDONESIA)

 

Oleh:

Penulis (Tanpa Gelar)

Institusi/Afiliasi

Email (wajib diisi)

 

ABSTRACT (Times New Roman 11)

Dalam bahasa Inggris antara 150-250 kata.

 

Keywords: Dalam bahasa Inggris maksimal 5 (lima) kata

 

PENDAHULUAN

Terdiri dari analisis situasi, state of the art pengabdian, masalah, dan tujuan pengabdian.

Semua tulisan dalam tubuh naskah dibuat 1 (satu) kolom dengan huruf Times New Roman ukuran 11 spasi 1,2 pada ukuran kertas B5. Bentuk tabel tidak memiliki garis vertikal.

Tabel 1. Contoh Bentuk Tabel


Gambar diletak di tengah-tengah (centre). Contoh: 

  

Gambar 1. Proses Pembuatan Xxx

 

METODE PENGABDIAN

Lokasi dan waktu, cara kerja, bahan dan alat, khalayak sasaran, dan lain-lain yang berkaitan dengan metode pelaksanaan pengabdian.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Realisasi hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian, fokus pada apa yang berubah dengan khalayak sasaran ketika sebelum dilakukan pengabdian dengan setelah adanya pengabdian, termasuk foto-foto kegiatan, data-data hasil yang diperoleh selama pengabdian, hambatan-hambatan yang dihadapi selama pelaksanaan kegiatan pengabdian.

 

 

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Disesuaikan dengan tujuan pengabdian.

 

Saran

Disesuaikan dengan temuan-temuan di lapangan.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

(Mengikuti pola Harvard Style)

Afrizal, 2007, Performans Pertumbuhan Ayam Burgo, Ayam Kampung dan Hasil Persilangannya. Skripsi, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu.

Dapriansyah, E., 2001, Pendugaan Populasi dan Penyebaran Ayam Burgo di Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Kecamatan Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong, Skripsi, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu.

Lisaudin, O., 2001, Kajian Populasi Ayam Burgo dan Hubungannya dengan Ayam Kampung, Skripsi, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu.

Nurmeiliasari, 2001, Populasi dan Penyebaran Ayam Burgo serta interaksinya dengan Berbagai Komponen Ekologi (Studi Kasus di Kecamatan Curup dan Kepahiang Kabupaten Rejang Lebong). Skripsi, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu.

Nurmeiliasari, 2003, Populasi dan Penyebaran Ayam Burgo serta Interaksinya dengan Berbagai Faktor Ekologi (Studi Kasus di Kecamatan Curup dan Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu). Jurnal Raflesia UMB Vol:V (2) : 52-55.

Putranto, H.D., Santoso, U., Warnoto, Nurmeiliasari, 2010a., Kajian Konservasi: Populasi, Tampilan Reproduksi dan Potensi Domestikasi Ayam Burgo Plasma Nutfah Endemik Bengkulu, Proposal Hibah Penelitian Strategis Nasional Lanjutan Tahun ke-2, Lembaga Penelitian Universitas Bengkulu.

Putranto, H.D., Santoso, U., Fenita, Y., Nurmeiliasari., Zueni, A., Gibson, B., 2010b., A Study on Population Density and Distribution Pattern of Domesticated Bengkulu Native Burgo ChickenMedia Kedokteran Hewan Vol. 26 (3) edisi September 2010 in press.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penulisan harus menyesuaikan dengan template yang telah disediakan. Silahkan DOWNLOAD TEMPLATE JURNAL
  2. Artikel yang dapat dimuat dalam Dharma Raflesia Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan Ipteks meliputi karya hasil pengabdian kepada masyarakat (pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat, pengembangan dan penerapan ipteks, kaji tindak, pengembangan wilayah, Kuliah Kerja Nyata (KKN), program voucher, pengembangan wirausaha baru, dan sejenisnya) yang belum pernah dimuat sebelumnya di media lain.
  3. Sistematika penulisan adalah sebagai berikut:

    1. Judul (tidak lebih dari 17 kata) dalam Bahasa Indonesia dan Inggris
    2. Nama penulis (tanpa gelar) disertai dengan afiliasi/asal lembaga dan email
    3. Abstrak/Abstract (dalam Bahasa Inggris (Jika tulisan dalam Bahasa Indonesia 150- 250 kata dengan 5 kata kunci)
    4. Pendahuluan yang mencakup latar belakang/analisis situasi, perumusan masalah, tinjauan pustaka, tujuan, dan manfaat (tanpa dibuat sub bab)
    5. Metode Pengabdian (tanpa sub bab)
    6. Hasil dan Pembahasan (jika ada disertai foto-foto hasil kegiatan)
    7. Kesimpulan dan Saran/Implikasi Kebijakan
    8. Daftar Pustaka; yang dituliskan adalah pustaka-pustaka yang dicantumkan dalam artikel, bukan yang hanya dibaca. Cara penulisannya adalah:

    Bolton, R., 2003, People Skill, American Education Research Journal, 1 (18), 26-39.

    Tilaar, H.A.R, 2000, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta.

  4. Artikel ditulis dengan ketentuan: (a) berbentuk essai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan; (b) cara mengutip dengan “Model Harvard”, contoh: Bolton (2003:125) menyatakan bahwa ……; (c) diketik dengan jarak spasi 1,2, font 11 Times New Roman, ukuran kertas B5, dan jumlah maksimum 16 halaman; dan (d) mengirimkan softfile yang dapat dibuka dan disunting (format MS.Word) via email redaksi.
 

Pernyataan Privasi

Segala bentuk artikel yang telah disubmit ke jurnal Dharma raflesia akan sepenuhnya milik Dharma raflesia namun dengan penulis sesuai dengan pembuatnya dan tidak akan diedarkan secara ilegal.