Main Article Content

Abstract

Pembelajaran Virtual merupakan perubahan sistem pembelajaran yang terdampak karena pandemi Covid-19. Oleh karena itu, dibutuhkan sarana berupa media elektronik  untuk memfasilitasi kondisi tersebut. Peningkatan kualitas kompetensi guru sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terutama pada pelaksanaan  kegiatan pembelajaran di masa pandemi. Oleh sebab itu, diharapkan melalui pelatihan terkait pembelajaran daring, maka diharapkan juga guru akan mampu mengembangkan kompetensi dalam pemanfaatan google class room sebagai media pembelajaran daring. Model kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu model pendampingan yang ditujukan kepada guru IPA kota Palembang. Metode yang ditempuh dalam kegiatan ini meliputi presentasi materi dan praktik penggunaan google classroom dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Berdasarkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini peserta pelatihan yaitu guru – guru MGMP IPA Kota Palembang dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam upaya merancang pembelajaran daring berbasis google classroom. Melalui pelatihan ini, guru – guru lebih memahami fungsi fitur – fitur yang terdapat dalam google classroom. Dengan demikian guru – guru dapat mengoptimalisasi penerapan google classroom dalam proses pembelajaran daring.

Article Details

How to Cite
Santri, D. J., Amizera, S., Tibrani, M. M., Ermayanti, E., & Riyanto, R. (2021). Pelatihan Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom di Era Covid – 19 Bagi Guru MGMP IPA Kota Palembang. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2), 426–436. https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.18456

References

  1. Harefa, N dan Sumiyati. (2020). Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. Science Education and Application Journal. 2(2) 88-100
  2. Haryanto, H., Putra, A. H., Heriansyah, H. (2021). Pelatihan Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Google Di Masa Pandemik Covid-19 Di SMAN 8 Kota Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 19 (1), 167 - 176
  3. Mar’ah, N.K., Rusilowati, A., Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Tengan Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES
  4. Marhamah. (2018). Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, 9 (2), 195 – 216.
  5. Munir. (2009) Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknolog iInformasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
  6. Ningsih, S., Kuntarto, E., Kurniawan, A. R. (2020). Teachers’ Problems In Using Information And Communication Technology (ICT) And Its Implications In Elementary Schools. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4 (3), 518 – 524.
  7. Sabran, Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR “Diseminasi Hasil Penelitian melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual”
  8. Salsabila, U.H., Sari, L.I., Lathif, K.H., Lestari, A.P., Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemicovid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17 (2), 188 – 198
  9. Samuel, D. (2015). Antusiasme Guru dalam Program Pengembangan Kompetensi Pedagogik Dan Determinannya. Jurnal Kelola, 2 (1), 114 – 121
  10. Soni, Afdhil, H., Regiolina H., Yulia F., Febby A. W., Januar A. A., Evans F., Mitra Unik, Harun Mukhtar,Hasanudd. 2018. “Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang”. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2 (1), 17 – 20