Main Article Content

Abstract

 

Model APOS adalah Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori APOS, dengan sintak yang terdiri dari fase: Orientasi, Praktikum, Diskusi kelompok Kecil, Diskusi Kelas, Latihan/Evaluasi. Model APOS merupakan penyempurnan dari Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan teori APOS (MPK-APOS) yang telah terbukti valid, praktis dan efektif. Model APOS adalah model pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa, dan ditujukan untuk pembelajaran di perguruan tinggi. Adanya tuntutan agar menerapkan Kurikulum (K-13), dan anjuran agar menggunakan pendekatan saintifik, maka diadakanlah kegiatan dengan judul “Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model APOS Berbantuan Komputer Dengan Pendekatan Saintifik Kepada Guru-Guru Matematika & IPA SMA N I Kota  Bengkulu”.. Program apklikasi komputer  yang dipilih untuk pelatihan adalah adalah GeoGebra. Indikatorkeberhasilan kegiatan adalah terciptanya  LKPD buatan guru. Kelompok gurru matematika berhasil merancang LKPD Dilatasi berbantuan Geogebra dan LKPD  statistik berbantuan MS Excel. LKPD Statistik yang bisa diterapkan sesuai jadwal di kelas XII IPA 1  SMA N 1 Kota Bengkulu yang diikuti oleh 31 siswa. Dari hasil jajak pendapat yang dikumpulkan melalui angket terbuka diperoleh informasi bahwa: 67,74 % siswa suka belajar menggunakan LKPD berbasis Model APOS dengan pendekatan Saintifik berbantuan MS Excel;  77,42 % siswa suka belajar berkelompok; 83,87 % mengerti materi. Berdasarkan  hasil pengamatan, siswa terlihat antusias dan aktif selama pembelajaran berlangsung. Dapat disimpulkan bahwa Model APOS dengan pendekatan Saintifik Berbantuan Komputer mendapat respon yang positif  siswa. Siswa bisa merasakan dampak positif dari pembelajaran  menggunakan Model APOS yaitu bisa saling bertanya atau saling  memberi tanggapan.

 

Article Details

Author Biography

Hanifah Hanifah, Universitas bengkulu

Program studi Pendidikan Matematika FKIP UNIB

Pangkat: Pembina Utama Muda

How to Cite
Hanifah, H. (2019). RESPON SISWA SMA N 1 KOTA BENGKULU TERHADAP MODEL APOS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 17(1). https://doi.org/10.33369/dr.v17i1.6216

References

  1. Arnawa. 2006. Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Mahasiswa dalam Aljabar Abstrak Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS. Disertasi pada Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan
  2. Arnawa. 2009. Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarka Teori APOS. Padang: FMIPA.UNAND.
  3. Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Yogyakarta. Gava Media.
  4. Hanifah, H. (2018). PENERAPAN LEMBAR KERJA BERBASIS MODEL AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA (APOS) PADA MATAKULIAH KALKULUS INTEGRAL POKOK BAHASAN TEKNIK INTEGRASI SUBSTITUSI YANG MERASIONALKAN. Jurnal Pendidikan Eksakta, 2(4).
  5. Hanifah, H. BUKU MODEL APOS INOVASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.