Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa

Tri handayani(1), Endang Widi Winarni(2), Irwan Koto(3),
(1) Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital berbasis STEM dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa khususnya dimensi proses, konten, dan konteks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Karena penelitian dilakukan pada masa pandemic, tahap penelitian dan pengembangan dilakukan dalam 3 tanpa melaksanakan tahap Disseminate. Data penelitian diperoleh melalui angket, pedoman wawancara, lembar validasi. Aspek yang divalidasi meliputi kelayakan materi, bahasa, dan kegrafikan. Validator (raters) yang dilibatkan untuk memvalidasi aspek media berjumlah 6 pakar yang terdiri dosen dan guru. Data aspek kepraktisan media diperoleh dari respon 20  siswa kelas VI dan 1 orang  guru. Setelah uji terbatas dilakukan, tes hasil belajar diberikan untuk mengetahui perubahan literasi sain siswa kelas tentang materi Tatasurya pada dimensi yang ditinjau dari dimensi proses, konten, dan konteks. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa media komik digital berbasis STEM sangat layak dan praktis digunakan untuk pembelajaran muatan IPA pada tema 9 Menjelajah Tata Surya sub tema 1 karakteristik planet yang ada di tata surya,   sub tema 2 mengenai perbandingan dan beda planet yang ada di tata surya, serta sub tema 3 pengelompokan planet menurut garis edar bumi.

Keywords: Komik Digital; STEM; Media; Literasi Sains


Keywords


STEM;Komik Digital;Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


Arifin (2012). Penelitian pendidikan -metode dan paradigma baru.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jalilehvand, M. (2012). The Effects of text length and picture on reading

comprehension of iranian EFL students. Asian Social Science, 8(3), 111-112.

Kustianingsari, N. (2015). Pengembangan media komik digital pada mata pelajaran

Bahasa Indonesia tema lingkungan sahabat kita materi teks cerita manusia

dan lingkungan untuk siswa kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya.Jurnal

Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2).

Mardapi, Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes, Yogyakarta: Mitra

Cendikia Press, 2008

Mi'rojiyah, L. F. (2016). Pengembangan program studi magister pendidikan IPA

konsentrasi fisika FKIP. Semnas Pend. IPA pascasarjana UM (hal. 217

. Malang: Universitas Malang.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif

dan R&D). Penerbit CV. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno,R.R & Hamdu, G. (2020). Aplikasi mobile learning model pembelajaran STEM untuk guru sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3(3).

BSNP, (2011). Standar kompetensi dan kompetensi standar sekolah

dasar/madrasah ibtidaiyah (Lampiran 1 peraturan Mendiknas No. 22 Tahun

. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Winarni, E.W (2019). The effectiveness of turtle mobile learning application for

scientific literacy in elementary school. Jurnal of Education and e-Learning

Research. 6 (1).

Yonkie, A, & Nugroho,A. (2017). Unsur-unsur grafis dalam komik web. Jurnal

Dimensi DKV, 2(2), 125-128.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21-28.




DOI: https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14630

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 tri handayani