Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa di kelas V A SD Negeri 99 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain The Matcing Only Pretest-Posttest Group Design. Subyek penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Data diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini yang pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CPS terhadap kemampuan kefasihan berpikkirkreatif matematika, yang kedua yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran CPS terhadap kemampuan fleksibilitas berpikir kreatif matematika, dan yang ketiga yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran CPS terhadap kemampuan kebaruan berpikir kreatif matematika siswa di kelas V A SD Negeri 99 Rejang Lebong. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar setiap guru dapat menggunakan model pembelajaran yang melibaatkan siswa dan dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif di dalam setiap pembelajaran khususnya matematika guna untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif untuk menjadi lebih baik.

Keywords: Creative Problem Solving (CPS), Berpikir Kreatif Matematika

Keywords

Creative Problem Solving (CPS) Berpikir Kreatif Matematika

Article Details

How to Cite
Tria, E., Susanta, A., & Djuwita, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Coreative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa di Kelas VA SD Negeri 99 Rejang Lebong. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 13–21. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i2.14670

References

  1. Anngo, Mustamin., dan Anita La Aropu. 2015. Pengaruh Pembelajaran Cerative Problem Solving (CPS) Terhadap Peneingkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematikia. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol.3 No.2.
  2. Azwar, S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Eftafiyana, Siti., Siti Asiyah Nurjannah, dan Marzan Amannia. 2018. Hubungan antara Berpikir Kreatif Matematis ddan Motivasi Belajar Siswa yang Menggunakan Pendekatan Creative Problem Solving (CPS). Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3.
  4. Hamzah, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.
  5. Hanifah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. Jurnal Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 22.
  6. Herman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
  7. Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Juliani, I. (2018). Penerapan Model Creative Problem Solving Berbantuan Media Bongkar Pasang untuk Peningkatan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 29-36.
  9. Karso.2014.Pendidikan Matematika I. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  10. Muhsetyo. 2007. Teori Belajar Matematika. Tangerang Selatan : Universitas terbuka.
  11. Nopitasari. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.
  12. Retnawati, H. 2016. Validitas Reliabilitas dan Karakter Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.
  13. Riduwan. 2013. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
  14. Rolia, Rosmaiyadi., dan Nurul Husna. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika vol.3.
  15. Rosmala, I. 2018. Model-model pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
  16. Saefeullah, A. 2015. Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
  17. Savelsbergh, E. R., Prins, G. T., Rietbergen, C., Fechner, S., Vaessen, B. E., Draijer, J. M., et al. 2015. Effects of innovative science and mathematics teaching on student attitude and achievement A meta-analitic study. Social and Behavioral Science, 158-171.
  18. Siswono, T. Y. 2018. Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  19. Sugiyono. 2017. Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
  20. Widiastuti, Yeni dan ratu Ilma Indra Putri. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Operasi Pecahan menggunakan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 12.
  21. Winarni, E. W. 2018. Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
  22. Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refikas Aditama.
  23. Yuliani, Irma., Mohammad Kazannudin dan Ratri Rahayu. 2018. Penerapan Model Cretaive Problem Solving Berbantuan Media Bongkar Pasang Untuk Peningkatan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Ilmiahn Pendidikan Matematika Volume I.
  24. Yustari, S. 2014. Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 187-193.