Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancangkan perangkat pembelajaran model kooperatif dengan media teka-teki silang pada materi sistem ekskresi manusia untuk peserta didik kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu deskripsi rancangan perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP menjadi pegangan yang sangat membantu guru untuk melakukan proses pembelajaran secara tertata. RPP yang telah dirancang menyesuaikan dengan komponen-komponen RPP berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016  untuk peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi manusia menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan alokasi waktu 10 JP (4 kali pertemuan) dan media teka-teki silang materi sistem ekskresi manusia yang dirancang untuk 4 kali pertemuan dibuat dengan menggunkan aplikasi Eclipse Crossword dengan format terdiri dari halaman depan, lembar identitas peserta didik,  lembar pengantar dan tujuan pembelajaran, lembar landasan teori dan peraturan permainan teka-teki silang, lembar pertanyaan dan lembar jawaban yang diisi secara horizontal dan vertikal. Perangkat pembelajaran tersebut dirancang untuk digunakan pada model kooperatif pada materi sistem ekskresi manusia untuk peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Article Details

How to Cite
Pratiwi, V. L. P., Idrus, I., Yennita, Y., Irawati, S., Murniati, N., & Abas, A. (2021). Rancangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media TTS Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 241–249. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.241-249

References

  1. Amalia, Nur H., & Hidayat, Nur. (2018). Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Ma'arif Giriloyo 1 Bantul. Al-Bidayah, 10(1). doi:10.14421/al-bidayah.v10i1.133.
  2. Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.. Jakarta: Depdiknas.
  3. Ermaita., Pargito., & Pujiati. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Studi Sosial, 4(1).
  4. Furchan, Ahmad. (2004). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
  5. Juwariyah. (2015). Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Dalam Pengajaran Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1). doi.org/10.14421/almahara.2015.011-07.
  6. Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
  7. Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 35 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemendikbud.
  8. Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
  9. Lestari, T., Susanti, R., & Santri, D. J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dengan Bantuan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 45 Palembang Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan (Doctoral Dissertation, Sriwijaya University). Retrieved from https://repository.unsri.ac.id/914/.
  10. Lubis, Hisnuddin. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar Sosiologi melalui Media Pembelajaran Teka Teki Silang Sosiologi. Hermeneutika, 4(2). doi:10.30870/hermeneutika.v4i2.4830.
  11. Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  12. Nadimah, Nuha Arie., & Raharjo, R. (2018). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Siswa Kelas X SMA Pada Materi Fungi. BioEdu, 7(2), 433-440.
  13. Pillai JA., Hall CB., Dickson., Dennis W., Lipton RB., & Verghese J. (2011). Association Of Crossword Puzzle Participation With Memory Decline in Persons Who Develop Dementia. Journal Of The International Neuropsychological Society, 17(6). doi: 10.1017/S1355617711001111.
  14. Prasetyo, Zuhdan K., & Siti Fatonah. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Yogyakarta: UNY.
  15. Rahmanelli. (2008). Efektivitas Pemberian Tugas Media Puzzle dalam Pembelajaran Geografi Regional. Jurnal Pelangi Pendidikan, 30(1), 23-31.
  16. Rokhmat, Joni. (2006). Pengembangan Taman Edukatif Berbasis Permainan untuk Permainan di TK dan SD. Jurnal Dinamika Pendidikan, 2(1), 59-67.
  17. Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  18. Stansfield W.D. (2014). Using Crossword Puzzles to Enhance Student’s Learning of Technical Biological Terms. The American Biological Teacher. 76(6): 208-209.
  19. Strauss, Anselm., & Juliet Corbin. (2003). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  20. Sugiharti, S. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media TTS dan LKS Pada Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X Semester Gasal SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (1), 73-79.
  21. Sutikno, Muhammad S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.
  22. Triyanto., & Suhas Caryono. (2013). Rekomendasi Penggunaan Eclipse Crossword Puzzle Creation Pada Mata Pelajaran TIK Menurut Hasil Analisis Bimbingan Dan Konseling. Seminar Nasional Teknologi Dan Komunikasi. Yogyakarta, Indonesia. Retrieved from https://fti.uajy.ac.id/sentika/publikasi/makalah/2013/2013_21.pdf.
  23. Winarni, Endang Widi. (2018). Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Inovatif dan Kreatif. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.