Journal Description

Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, is a open access journal in biology education and learning that publishes research results in the field of biology education and learning at the secondary school and higher education levels. Diklabio’s first edition was published in 2017. The journal publication is maintained by the Biology Education Department at Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia with the ISSN (online): 2598-9669; and ISSN (print): 2598-9634. Article manuscripts are published after a thorough Double peer review process.


Starting from Volume 6 Number 1 (2022), all articles in Diklabio have been accredited by SINTA (Science and Technology Index) 3, as stated by the Kemendikbudristek RI (Ministry of Education, Culture, Research and Technology, Republic of Indonesia) through their decree no: 230/E/KPT/2022, 30 December 2022. Since 23 September 2022 Diklabio has been indexed in DOAJ

Vol. 8 No. 2 (2024)

Published: November 30, 2024

Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Inkuiri Terbimbing: Urgensi Pengembangan Media di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren

Akhmad Fathir (1), Iin Syarofah (2), Linda Tri Antika (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Madura ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Madura ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Madura
158-166
10

Hubungan Pengetahuan dan Sikap Kesehatan Reproduksi Dengan Pernikahan Dini pada Remaja di MA Pondok Pesantren Kabupaten Bulukumba

Ainun Mardia HM (1), Andi Asmawati Azis (2), Adnan Adnan (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
167-179
4

Pembelajaran Berdiferensiasi Biologi: Tinjauan Persepsi Guru

Muhammad Yusuf (1), Dian Arysandi Eka Putra Sembiring (2), Ali Sadikin (3), Danial Mursyd (4), Robi Hendra (5)
(1) Progam Studi S-1 Pendidikan Biologi, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia ,
(2) Progam Studi S-1 Pendidikan Biologi, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia ,
(3) Progam Studi S-1 Pendidikan Biologi, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia ,
(4) Progam Studi S-1 Pendidikan Biologi, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia ,
(5) Program Studi S-1 Administrasi Pendidikan, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
180-186
4

Mengungkap Batasan Kecakapan Akademik: Penyelidikan Kritis Terhadap Perfeksionisme Sains di Kalangan Sarjana Pendidikan Biologi

Mutia Desti Aini (1), Dharma Ferry (2), Albertos Damni (3)
(1) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia ,
(2) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia ,
(3) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia
187-209
10

Urgensi Mempelajari Mutasi dan Variasi Genetik Berorientasi Content Representation Untuk Memahami Evolusi Organisme

Mahda Rizqina (1), Najira Najira (2), Topik hidayat (3)
(1) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung ,
(2) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung ,
(3) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
210-219
9

Pengembangan LKPD Berorientasi Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati pada Usaha Tekstil Ecoprint Bagi Peserta Didik Kelas X

Rika Amelia (1), Elvira Destiansari (2), Susy Amizera (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia
220-234
4

Peningkatan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Melalui ESD di SMPN 2 Bojong

Implementasi Perangkat Belajar Sains Berbasis ESD pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peningkatan Literasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Tahmid Tahmid (1), Nurkhoiri Nurkhoiri (2), Muhammad Syaiful (3)
(1) SMP Negeri 2 Bojong Tegal Jawa Tengah ,
(2) Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas PGRI Semarang ,
(3) Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
235-245
10

Analisis Persepsi Guru terhadap Penggunaan Modul Ajar Sebagai Alternatif Perangkat Ajar pada Kurikulum Merdeka

Bella Anjelia (1), Riza Umami (2), Yetrie Octavury (3), Saleh Hidayat (4), Wulandari Saputri (5), Bagas Rasid Sidik (6)
(1) Pondok Pesantren Salafiyah Mutiara Sunnah Palembang, Indonesia ,
(2) SMP Negeri 1 Air Salek, Indonesia ,
(3) SMA Negeri 3 OKU Timur, Indonesia ,
(4) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia ,
(5) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia ,
(6) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
246-260
4

Kelayakan Instrumen Tes Berpikir Esensial Taksonomi Presseisen: Analisis Kualitas Tes dan Abilitas Peserta Didik Menggunakan Model Rasch

Azfa Fadhilah (1), Anisyah Yuniarti (2), Afandi Afandi (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia
261-272
4

Pendekatan Problem Solving dan Model Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Hybrid

Alone Marera (1), Miswandi Tendrita (2)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
273-286
4

Pengembangan Mind of Digestive Board Game Berbasis Case-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Putri Emylia Rachmasari (1), Deny Setiawan (2)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Indonesia
287-308
8

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembuatan Nata De Citrullus Materi Inovasi Teknologi Biologi Kelas X SMA

Fika Tri Ajizah (1), Neni Murniati (2), Irwandi Ansori (3), Abdul Rahman (4), Ahmad Saddam Husein (5)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia. ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia.
309-316
5

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi

reskiamelia Amellia (1), Hasanuddin Hasanuddin (2), Sitti Saenab (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
317-324
7

Pengembangan E- Booklet Berbasis Flipbook Materi Protista Kelas X Berdasarkan Inventarisasi Makroalga di Kawasan Wisata Pantai Malabero Kota Bengkulu

Nurhalimah Nurhalimah (1), Yennita Yennita (2), Endang Widi Winarni (3), Sri Irawati (4), Dewi Jumiarni (5)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia. ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia. ,
(3) Program Studi S-2 Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia. ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia.
325-337
2

Pengembangan E-Worksheet Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Sains

Prendi Niki Halhaji (1), Suhartini Suhartini (2)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia. ,
(2) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
338-352
3

Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Menggunakan PhET Interactive Simulation Pada Mata Kuliah Evolusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

Ahmad Saddam Husein (1), Dewi Jumiarni (2), Syarif Hidayat (3), Abas Abas (4)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
353-359
3
View All Issues