Journal Description

Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, is a open access journal in biology education and learning that publishes research results in the field of biology education and learning at the secondary school and higher education levels. Diklabio’s first edition was published in 2017. The journal publication is maintained by the Biology Education Department at Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia with the ISSN (online): 2598-9669; and ISSN (print): 2598-9634. Article manuscripts are published after a thorough Double peer review process.


Starting from Volume 6 Number 1 (2022), all articles in Diklabio have been accredited by SINTA (Science and Technology Index) 3, as stated by the Kemendikbudristek RI (Ministry of Education, Culture, Research and Technology, Republic of Indonesia) through their decree no: 230/E/KPT/2022, 30 December 2022. Since 23 September 2022 Diklabio has been indexed in DOAJ

Vol. 8 No. 2 (2024)

Published: November 30, 2024

Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Inkuiri Terbimbing: Urgensi Pengembangan Media di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren

241

Hubungan Pengetahuan dan Sikap Kesehatan Reproduksi Dengan Pernikahan Dini pada Remaja di MA Pondok Pesantren Kabupaten Bulukumba

278

Pembelajaran Berdiferensiasi Biologi: Tinjauan Persepsi Guru

226

Mengungkap Batasan Kecakapan Akademik: Penyelidikan Kritis Terhadap Perfeksionisme Sains di Kalangan Sarjana Pendidikan Biologi

245

Urgensi Mempelajari Mutasi dan Variasi Genetik Berorientasi Content Representation Untuk Memahami Evolusi Organisme

389

Pengembangan LKPD Berorientasi Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati pada Usaha Tekstil Ecoprint Bagi Peserta Didik Kelas X

166

Peningkatan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Melalui ESD di SMPN 2 Bojong

Implementasi Perangkat Belajar Sains Berbasis ESD pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peningkatan Literasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

338

Analisis Persepsi Guru terhadap Penggunaan Modul Ajar Sebagai Alternatif Perangkat Ajar pada Kurikulum Merdeka

446

Kelayakan Instrumen Tes Berpikir Esensial Taksonomi Presseisen: Analisis Kualitas Tes dan Abilitas Peserta Didik Menggunakan Model Rasch

145

Pendekatan Problem Solving dan Model Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Hybrid

146

Pengembangan Mind of Digestive Board Game Berbasis Case-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

342

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembuatan Nata De Citrullus Materi Inovasi Teknologi Biologi Kelas X SMA

193

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi

206

Pengembangan E- Booklet Berbasis Flipbook Materi Protista Kelas X Berdasarkan Inventarisasi Makroalga di Kawasan Wisata Pantai Malabero Kota Bengkulu

197

Pengembangan E-Worksheet Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Sains

145

Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Menggunakan PhET Interactive Simulation Pada Mata Kuliah Evolusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

149
View All Issues