Journal Description

Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, is a open access journal in biology education and learning that publishes research results in the field of biology education and learning at the secondary school and higher education levels. Diklabio’s first edition was published in 2017. The journal publication is maintained by the Biology Education Department at Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia with the ISSN (online): 2598-9669; and ISSN (print): 2598-9634. Article manuscripts are published after a thorough Double peer review process.


Starting from Volume 1 Number 1 (2018), all articles in Diklabio have been accredited by SINTA (Science and Technology Index) 5, as stated by the Kemenristekdikti through their decree no: 36/E/KPT/2019, 13 Desember 2019. Since 23 September 2022 Diklabio has been indexed in DOAJ

Vol 6, No 2 (2022)

Published: November 29, 2022

Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Model PBL Di SMA Negeri Palembang

Dina Yusnita (1), Meli Astriani (2)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
147-153
117

Penerapan Model Iquiry Learning Untuk Meningkakan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan

Yennita Yennita (1), Rendi Zulni Eka Putri (2), Fitri Astriawati (3), Abas Abas (4)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Jambi, Jl. Raya Jambi Muaro Bulian KM. 15, Jambi, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu 38812, Indonesia
189-196
107

Analisis Komponen Literasi Sains Pada Buku Teks Biologi Kelas XI

Resti Pujiyanti (1), Diana Hernawati (2), Dea Diella (3)
(1) Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Indonesia ,
(2) Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Indonesia ,
(3) Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Indonesia
126-135

Trello : Pengaruh Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Akbar Handoko (1), Bambang Sri Anggoro (2), Shely Rozalia Intan Rozalia Intan (3), M Marzuki (4)
(1) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia ,
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia ,
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia ,
(4) Universitas Hamzanwadi, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
173-180
134

Pengembangan Buku Saku Berdasarkan Keragaman Kura-Kura Sumatera di Universitas Bengkulu

Yunita Arianti (1), Aceng Ruyani (2), Dewi Jumiarni (3), Abdul Rahman (4), Irwandi Ansori (5), Abas Abas (6)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(6) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
107-116
125

Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP N 6 Wewewa Timur

Stefani Enggelina Mangngi (1), Erfy Melany Lalupanda (2), Riwa Rambu Hada Enda (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia
154-159
154

Pengembangan LKPD IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan KPS Kelas VIII

Ramlawati Ramlawati (1), Dyah Maulidina Aisyah (2), Nurhayani H. Muhiddin (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Neger Makassar, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Neger Makassar, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Neger Makassar, Indonesia
197-205
339

Pengembangan Buku Ajar Keanekaragaman Makhluk Hidup Berbasis Kearifan Lokal di Prodi Tadris IPA IAIN Bengkulu

Khosi’in Khosi’in (1), Falahun Ni’am (2)
(1) Program Studi S-1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia ,
(2) Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
136-146
109

Media Leaflet Keanekaragaman Jenis Burung Desa Tunang Dengan Pengayaan Informasi Cerita Rakyat

Febriana Emmytha Ayu (1), Wolly Candramila (2), Andi Besse Tenriawaru (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia
181-188
101

Modifikasi LKPD Keragaman Tanaman Obat Terhadap Keterampilan Proses Sains

Maruli Dame Siregar (1), Ariefa Primair Yani (2), Irdam Idrus (3), Sri Irawati (4), Kasrina Kasrina (5), Syarif Hidayat (6), Ahmad Saddam Husein (7)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(4) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(5) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(6) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(7) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
117-125
111

Dinamika Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19: Kekhawatiran Learning Loss Pada Siswa

Alone Marera (1)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
160-172
129

Deskripsi Keterampilan Komunikasi Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 29 Bulukumba

Sri Purwati Tiyastuti (1), Sitti Rahma Yunus (2), Sitti Saenab (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
206-212
View All Issues