Journal Description

Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, is a open access journal in biology education and learning that publishes research results in the field of biology education and learning at the secondary school and higher education levels. Diklabio’s first edition was published in 2017. The journal publication is maintained by the Biology Education Department at Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia with the ISSN (online): 2598-9669; and ISSN (print): 2598-9634. Article manuscripts are published after a thorough Double peer review process.


Starting from Volume 6 Number 1 (2022), all articles in Diklabio have been accredited by SINTA (Science and Technology Index) 3, as stated by the Kemendikbudristek RI (Ministry of Education, Culture, Research and Technology, Republic of Indonesia) through their decree no: 230/E/KPT/2022, 30 December 2022. Since 23 September 2022 Diklabio has been indexed in DOAJ

Vol. 9 No. 2 (2025)

Published: November 30, 2025

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Biologi Siswa MAN 1 Sungai Penuh

Ririn Melia Rizki (1), Dharma Ferry (2)
(1) Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia ,
(2) Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia
184-192
18

Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di SMP Negeri 3 Sungai Raya

Vebri Prasetiawan (1), Kurnia Ningsih (2), Eko Sri Wahyuni (3)
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia
193-204
9

Kelayakan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Virus Kelas X SMA

Palupi Dwika Prameswari (1), Kurnia Ningsih (2), Anisyah Yuniarti (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Indonesia
205-219
9

Pengembangan Media Kartu Bergambar (Kargam) Berbasis Model STAD pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif

Relly Susanti (1), Meli Astriani (2), Wulandari Saputri (3)
(1) Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia ,
(2) Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia ,
(3) Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
220-226
17

Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing and Extending (RICOSRE) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Nur Mufliha (1), Andi Maulana (2), Hamansah (3), Ainul Uyuni Taufiq (4)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Indonesia
227-235
8

Pengembangan Website Mikrobo pada Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Bakteri

Shania Putri Apriani (1), Sekar Darmastuti (2), Anis Fitri Wahyuni (3), Rizhal Hendi Ristanto (4), Hanum Isfaeni (5)
(1) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia ,
(2) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia ,
(3) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia ,
(4) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia ,
(5) Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
236-245
10

Pengembangan Booklet Pertumbuhan Balita Stunting di Kabupaten Bengkulu Selatan Sebagai Suplemen Bahan Ajar Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas XII

Resvina Widia Utama (1), Abdul Rahman (2), Ahmad Saddam Husein (3), Kasrina (4), Abas (5), Irwandi Ansori (6), Rendi Zulni Eka Putri (7)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(6) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(7) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
246-253
14

Implementasi Booklet Uji Zona Hambat Lengkuas terhadap Escherichia coli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik

Zahrotin Saleha (1), Dewi Jumiarni (2), Sri Irawati (3), Yennita (4), Neni Murniati (5), Alif Yanuar Zukmadini (6), Prendi Niki Halhaji (7)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(6) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(7) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
254-260
9

Integrasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Media Animasi Interaktif (BreathQuest-PjBL): Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Pernapasan Manusia pada Siswa SMA

Risya Pramana Situmorang (1), Refisman Halawa (2), Yakin Teguh Zega (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Biologi, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Biologi, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Biologi, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
261-275
16

Pengaruh Modul Interaktif Digital Berbasis Problem Based Learning terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah

Riza Ulhaq (1), Syafrizal (2), Fajar Okta Widarta (3), Nir Fathiya (4)
(1) Universitas Teuku Umar, Indonesia ,
(2) Universitas Teuku Umar, Indonesia ,
(3) Universitas Teuku Umar, Indonesia ,
(4) Universitas Syiah Kuala, Indonesia
276-283
18

Keterampilan Berpikir Kritis : Perencanaan, Implementasi, Pengolahan dan Pelaporan Data

Sunarto Arif Sura (1), Mahda Rizqina Maftuha (2), St Syahirah (3), Rini Solihat (4)
(1) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia ,
(2) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia ,
(3) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia ,
(4) Program Studi S-2 Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
284-297
48

Analisis Bibliometric : STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Berbasis Teknologi Digital

Ade Septa Nanda (1), Anisa Oktina Sari Pratama (2), Laila Puspita (3)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UINRIL, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UINRIL, Indonesia ,
(3) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UINRIL, Indonesia
298-310
10

Pengembangan Media Assemblr Edu dengan Model Pembelajaran Anchored Instruction pada Materi Pencemaran Lingkungan

Development of Assemblr Edu Media with an Anchored Instruction Learning Model for Environmental Pollution Material

Riyanto (1), Roisatul Ummah (2), Neni Murniati (3), Rahmat Saleh (4), Nikmatul Iza (5)
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Eksakta dan Keolahragaan, Universitas Insan Budi Utomo Malang, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Eksakta dan Keolahragaan, Universitas Insan Budi Utomo Malang, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(4) Program Studi D-III Analis Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia Timur, Indonesia ,
(5) Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Eksakta dan Keolahragaan, Universitas Insan Budi Utomo Malang, Indonesia
311-319
9

Studi Etnobiologi Masakan Tradisional di Pasar Baru Koto dan Panorama Kota Bengkulu Sebagai Sumber Belajar Biologi

Neni Murniati (1), Kasrina Kasrina (2), Tessa Anugrah (3)
(1) S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu ,
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Bengkulu ,
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Bengkulu
320-328
8

Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Kristen Kandora

Shirafin (1), Nurhayani H. Muhiddin (2), Sitti Saenab (3)
(1) Program Studi S-2 Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(2) Program Studi S-1 Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Indonesia ,
(3) Program Studi S-2 Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
329-339
14
View All Issues