Main Article Content

Abstract

Pendidikan calon guru biologi masa depan dihadapkan pada isu integrasi pengetahuan pedagogik dan konten biologi (Pedagogical Content Biology Knowledge/PCBK). Calon guru diharapkan menjadi guru yang terampil mengajar dengan efektif, menguasai materi ajar, dan mampu memanfaatkan teknologi pembelajaran. Analisis data kemampuan PCBK dalam  merancang rencana pembelajaran dilakukan  secara deskripsi berdasarkan Content Representation dan  Pedagogical and Professional-Experience Repertoire. Hasil analisis menunjukkan persentase kemampuan mahasiswa Pendidikan Biologi dalam merancang pembelajaran biologi sebagian besar mahasiswa memiliki kemampuan PCBK berkategori cukup sebesar 37,50, sedankan kategori baik dan sangat baik masing masing 28,13%, kategori kurang  mencapai 6,25%, dan tidak ditemukan mahasiswa yang berkategori sangat kurang. Kemampuan mahasiswa dalam menentukan model dan metode pembelajaran, mengembangkan konten materi ajar biologi,  dan merancang aktivitas pembelajaran telah mencapai kriteria  ketercapaian minimal (? 70%) masing-masing mencapai 74,75%, 77,50%, dan 76,25, sedangkan kemampuan merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran belum memenuhi kriteria  ketercapaian minimal, masing-masing komponen hanya mencapai 63,75% dan 61,75%. Simpulan penelitian kamampuan secara umum mahasiswa telah mampu merancang rencana pembelajaran dengan baik. Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran perlu terus ditingkatkan melalui latihan dan penugasan secara terstruktur.

Kata kunci :  PCBK, SPB

Article Details

How to Cite
Karyadi, B., Zukmadini, A. Y., & Murniati, N. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEDAGOGICAL AND CONTENT BIOLOGY KNOWLEDGE (PCBK) MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM MERANCANG RENCANA PEMBELAJARAN. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 129–128. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.129-128

References

  1. Afandi, Muhammad. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Press
  2. Ariyana, Yoki. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Chai, C.-S., Koh, J. H.-L., & Tsai, C.-C. (2013). A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge. Educational Technology & Society, 16 (2), 31–51.
  4. Dwiyanti, Gebi. 2011. RPP, Pengembangan Indikator, dan Tujuan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
  5. Ernawati. 2017. Analisis Kesulitan Guru dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 5 (2) : 52.
  6. Evens, M., Elen, J. & Depaepe, F. (2015). Developing Pedagogical Content Knowledge: Lesson Learned from Intervention Studies. Education Research International Vol 2015, Article ID 790417, http://dx.doi.org/10.1155/2015/790417.
  7. Kartal, T, Ozturk, N. & Ekici. (2012). Developing pedagogical content knowledge in preservice science teachers through microteaching lesson study. Procedia-Social and Behavioral Sciences 46 (2012) 27532758.
  8. Khine, M. S., Ali, N. & Afari, E. (2017). Exploring relationships among TPACK constructs and ICT achievement among trainee teachers. Education and Information Technologies. Volume 22, Issue 4, pp 1605–1621.
  9. Loughran, J., Berry, A., & Mullhall, P . (2012). Understanding and developing science teacher’s pedagogical content knowledge (2nd ed.) Rotterdam: Sense Publisher.
  10. Loughran, J., Milroy, P.Berry, A., Gunstone, R., & Mullhall, P. (2001). Documenting Science Teachers’Pedagogical Content Knowledge Through PaP-eRs. Research in Science Education, 31, 289307.
  11. Loughran, Pamela Mulhallb & Amanda Berrya. (2008). Exploring Pedagogical Content Knowledge in Science Teacher Education. International Journal of Science Education Vol. 30, No. 10, 13 August 2008, pp. 1301– 1320.
  12. Marzano, R. J & Heflebower, T. (2012). Teaching & Assssing 21st Century Skills (The Classroom Strategies Series). E_Book from marzanoresearch.com
  13. Mercado, C. T. , F. B. Macayana, L. G. Urbiztondo. 2015. Examining Education Students‘ Nature of Science (NoS) Views. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research.3(5).p.101-110.
  14. Mishra, P. dan M. J. Koehler. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers Colege Record. 6 (108): 1017-1058.
  15. National Research Council. 1996. National Science Education Standard. Washington: NationalAcademyPress.
  16. Nurdyansyah. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center
  17. Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta