Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas pembelajaran mahasiswa pendidikan biologi pada mata kuliah Kapita Selekta 2 dengan menggunakan model Inquiri. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes berpikir kritis. Data tentang kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh melalui tes, sedangkan aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi dengan analisis data menggunakan kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri pada mata pelajaran Kapita Selekta 2 dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, yang diperoleh pada siklus I sebesar 57% dengan kriteria cukup kritis dan meningkat pada siklus II sebesar 68% dengan kriteria kritis. Sedangkan hasil aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran diperoleh pada siklus I rata-rata 24 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat skor rata-rata 30 dengan kriteria baik. Hasil aktivitas dosen pada siklus I skor rata-rata 26 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II skor rata-rata 30 dengan kriteria baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar mahasiswa di mata kuliah Kapita Selekta 2 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNIB.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Model Inquiry, Kegiatan Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Irawati, S., & Idrus, I. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 202–208. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.202-208

References

  1. Abidin, Y. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. Bandung : Refika Aditama
  2. Amri, Sofan. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta
  3. Hamalik, O. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
  5. Indriwati, S. E., Susilo, H., Anggrella, D.P. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada Matakuliah Keanekaragaman Hewan Untuk Meningkatkan Kecakapan Komunikasi Dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 9 (2): 38-46.
  6. Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
  7. Liliasari. 2000. Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Konseptual Tingkat Tinggi Calon Guru IPA. Malang : JICA-IMSTEP FMIPA UM
  8. Munandar, R.R., Sutjihati, S., & Irpan, A.M. 2019. efektivitas model pembelajaran inkuiri melalui praktikum berbasis lesson study terhadap penguasaan konsep sistem respirasi. Pedagonal, 3 (2): 10-17.
  9. Seniwati. 2015. Peningkatan Aktivitas, Sikap, dan Hasil BelajarBiologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Nalar Pendidikan, 3(1) : 321-317.
  10. Sudijono, A. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
  11. Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara