Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa  kelas VII SMP 1 Kota Bengkulu dengan menerapkan pendekatan saintifik.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif, penelitian terdiri dari dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah satu orang guru IPA dan 32 orang siswa kelas VIIA SMPN 1  Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Dari hasil observasi yang dilakukan, aktivitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik telah terlaksana dengan baik. Data hasil belajar menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 43,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,13%. Pada sikus II hasil belajar yang diperoleh telah mencapai ketuntasan belajar klasikal mata pelajaran IPA di SMPN 1 Kota Bengkulu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA di SMPN 1 Kota Bengkulu dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA siswa SMP

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Aktivitas Belajar IPA, Hasil Belajar IPA

Article Details

How to Cite
Idrus, I., Ansori, I., & Kurniawan, R. (2020). PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 139–145. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.139-145

References

  1. Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .
  2. Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Astiti, Km. A., Suardika R. W., Ardana, I.Kt. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan IPA Tema Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas VI Ditinjau dari Karakteristik Pertanyaan Guru di SD Gugus Budi Utomo. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3 (1) .
  4. Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Lulusan Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Harnanik. 2018. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Materi Kegiatan Produksi Pada Siswa Kelas Vii D Smpn 1 Winong. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 9 (2): 115-120
  6. Rohmawati S., Sihkabuden., & Susilaningsih. 2018. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPA di MTS Putri Nurul Masyithoh Lumajang. JKTP, 1 (3): 205-2012.
  7. Samatowa, U. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
  8. Susilo, M.J. 2016. Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Saintifik Approach di SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Prosiding Biology Education Conference, 13 (1): 97-101.
  9. Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Prenadamedia Group.
  10. Wahyono, Abdulhak, I. & Rusman. 2017. Implementation Of Scientific Approach Based Learning To Think High Levels In State Senior High School In Ketapang. International Journal of Education and Research, 5 (8): 221-230
  11. Winarni, E. Widi. 2009. Mengajar IPA Secara Bermakna. Bengkulu: UNIB PRESS.