Main Article Content

Abstract

Film animasi Jepang atau yang lebih dikenal dengan anime adalah sebutan film animasi atau kartun Jepang. Pada dasarnya anime tidak dimaksudkan khusus untuk animasi Jepang, tetapi kebanyakan orang menggunakan kata tersebut untuk membedakan antara film animasi buatan Jepang dan non-Jepang. Film animasi Hataraku Saibou yang menceritakan tentang apa yang terjadi pada sel tubuh manusia. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  materi biologi  yang direpresentasikan film animasi Hataraku Saibou.  Artikel ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan menggunakan data primer yang berupa film Hataraku Saibou dan data sekunder yaitu literatur yang mendukung data primer tersebut. Terlihat  hasil  analisis  dalam  penelitian  ini  bahwa terdapat  materi biologi  yang  direpresentasikan  oleh  film animasi Hataraku Saibou.

Keywords: Film Animasi, Anime, Hataraku Saibou

Article Details

How to Cite
Wardani, M. K., Raharjo, R. L., & Raida, S. A. (2021). Analisis Pembelajaran Biologi Melalui Film Animasi Hataraku Saibou. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 250–265. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.250-265

References

  1. Afni, K. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Pada Manusia Di Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Binjai. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(2), 95-105.
  2. Ariani, N. (2007), Pembelajaran Multimedia di Sekolah, Prestasi Pustaka, Jakarta.
  3. Arsyad, A, (2009), Media Pembelajaran, Penerbit Pt. Raja Grafindo Persada, Jakarta
  4. Cimer, A. (2012). What makes biology learning difficult and effective: students’ views. Educ Res Rev. 7(3): 61-71.
  5. Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran film animasi sebagai media pembelajaran konsep fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91-106.
  6. Hatami, W. (2020). Anime jepang sebagai sumber pembelajaran PKN. Jurnal Edueksos, 9(2), 52-66.
  7. Padmaningrum, R. T. (2013). Pemilihan dan penggunaan media dalam proses pembelajaran. Makalah disajikan pada kegiatan “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Bagi Guru Sekolah Dasar sebagai Persiapan Penerapan Kurikulum 2013 di SD Kanisius Klepu pada tanggal 6,7, dan 13 September 2013.
  8. Rahmadana, A., Gani, H. A., & Ismail. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran Biologi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Pada Materi Sistem Regulasi Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 253-358.
  9. Raida, S. A. (2018). Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa Dan Guru SMA Se-Kota Salatiga. JOBE: Journal of Biology Education, 1(2), 209-222.
  10. Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
  11. Sunarya, I. M.G., & Darmawiguna, I.G. M. (2014). pengembangan anime (animation learning media) berbasis multimedia untuk pembelajaran dasar sistem komputer bahasan instalasi hardware. Jurnal Sains dan Teknologi, 3(2), 378-391.
  12. Utamie, S. R. R., Sugihartono,. & Sutjiati, N. (2017). Penerapan penggunaan media anime terhadap peningkatan kemampuan menulis kalimat yang mengandung kata kerja bahasa jepang. Edujapan, 1(2), 116-120.
  13. Wahidati, L., Kharismawati, M., & Mahendra, A. O. (2018). Pengaruh konsumsi anime dan manga terhadap pembelajaran budaya dan bahasa jepang. Izumi, 7(1), 1-10.
  14. Warsita, B, (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Yaumi, M. (2017). Belajar dan Mengajar dengan Media dan Teknologi Pembelajaran. Sulawesi Selatan: Penerbit Syahadah