Main Article Content

Abstract

Diterima: 2 Desember 2021
Direvisi: 18 April 2022
Diterbitkan: 25 Mei 2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Sekolah Pintar Indonesia terhadap hasil belajar biologi pada materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling, diperoleh 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan Sekolah Pintar Indonesia dan kelas kontrol dengan Whatsapp. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket literasi digital dan tes soal multiple choice. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan besarnya nilai signifikansi yang lebih besar dari 5% untuk hasil belajar dan kemampuan literasi digital. Berdasarkan hasil uji anova tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan media aplikasi Sekolah Pintar Indonesia terhadap kemampuan literasi digital dan hasil belajar peserta didik.

Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Sekolah Pintar Indonesia (SPI)

Article Details

How to Cite
Herdyana, N., Suprapto, P. K., & Ali, M. (2022). Pengaruh Media Sekolah Pintar Indonesia (SPI) Terhadap Literasi Digital Dan Hasil Belajar Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.47-55

References

  1. Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019a). Digitalisasi dalam proses pembelajaran dan dampaknya terhadap hasil belajar peserta didik. BIOEDUKASI, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i1.2815
  2. Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2019b). Refleksi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis digital. Metaedukasi, 1(1), 13–23.
  3. Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2020). Indonesian smart schools: Their influence on the ability of information literacy on the biology field. Jurnal Bioedukatika, 8(1), 58. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v8i1.15071
  4. Anggraeni, H., Fauziyah, Y., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan blended learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190–203. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idarohe-ISSN:2580-2453https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5168
  5. APJII. Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. (2020). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia 1–146.
  6. Badan Pusat Statistik. Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) 2020. , (2021).
  7. Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109–115.
  8. Fazira, S. (2019). Analisis higher order thinking skill (hots) siswa kelas xi pada sistem pernapasan sman plus provinsi riau tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(7), 144–152.
  9. Gilster, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley.
  10. Hapsari, A. D., Handhika, J., & Huriawati, F. (2017). Implementasi inkuiri terbimbing pada pembelajaran getaran, gelombang, dan bunyi terhadap hasil belajar kognitif. Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya.
  11. Herlinda, Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Implementasi teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran kurikulum 2013. Journal of Education Research, 1(2), 125–133.
  12. Hisle, D., & Webb, K. K. (2017). Information Literacy Concepts: An Educational Resource. Carollina: Joyner Library.
  13. Musiin, & Indrajit, R. E. (2020). Literasi Digital Nusantara. Yogyakarta: ANDI.
  14. Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah, M. (2019). Analisis literasi digital siswa melalui penerapan e-learning berbasis schology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9–13.
  15. Pribadi, B. A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.
  16. Rafi, I., Nurjannah, F. F., Fabella, I. R., & Andayani, S. (2020). Peluang dan Tantangan Pengintegrasian Learning Management System ( LMS ) dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia. Jurnal
  17. Tadris Matematika, 3(2), 229–248.
  18. Surjono, H. D. (2013). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Peningkatan Proses Pembelajaran yang Inovatif. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintec UMS, 1–10.
  19. Wardani, M. A. P., Rufi’i, & Harwanto. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran berbasis ICT terhadap Pencapaian Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 99–106.
  20. Widodo, A. (2006). The Taxonomy of Educational Objectives, The Classification of Educational Goals, Handbook I: Cognitive Domain ”. 3, 18–29.
  21. Yana, D., & Adam. (2019). Efektivitas penggunaan platform lms sebagai media pembelajaran berbasis blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Dimensi, 8(1), 1–12.