Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengaruh kawasan konservasi di kolam Taman Pintar terhadap laju pertumbuhan kura-kura Sumatera dan 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar LKS berdasarkan hasil studi kawasan konservasi ex-situ kura-kura Sumatera di kolam Taman Pintar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa komponen-komponen lingkungan yang ada di kawasan konservasi ex-situ kura-kura Sumatera di kolam Taman Pintar berpengaruh terhadap laju pertumbuhan kura-kura yang dapat dilihat peningkatan ukuran morfometri tubuh pada satu tahun terakhir. Selain itu hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan bahan ajar LKS  berdasarkan studi kawasan konservasi di kolam Taman Pintar. Adapun persentase nilai pretest siswa yaitu 48,4%  dan pada nilai postest meningkat menjadi  90.9%.

Kata Kunci: Kawasan konservasi, Laju Pertumbuhan, Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Irmawati, E., Ruyani, A., & Yani, A. P. (2017). STUDI KAWASAN KONSERVASI DI KOLAM TAMAN PINTAR SEBAGAI BAHAN AJAR LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.54-64

References

  1. Apriyani, Dwi, dkk. 2015. Jurnal Hutan Tropis. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=96165&val=5070 di akses pada tanggal 15 Mei 2017
  2. Hanif, dkk. 2008. Konservasi Indonesia Sebuah Potret Pengelolaan dan Kebijakan. http://pdf.usaid.gov/pdf_docs/Pnadu286.pdf di akses pada tanggal 5 Mei 2017
  3. Iskandar, D.T. 2000. Kura-Kura dan Buaya Indonesia & Papua Nugini. Bandung: PALMedia Citra
  4. Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press
  5. Putri, NL. Kurnia. 2016. Kompetensi Profesional Guru Dalam Menyiapkan Konsep Materi Ajar Pkn Pada Smp Negeri 30 Makassar. http://ojs.unm.ac.id/index.php/tomalebbi/article/viewFile/1654/696. Di akses pada tanggga 17 April 2017
  6. Puspitasari, S. DKK. 2007. Prilaku Harian Labi-Labi (Amyda cartilaginea Boddaert) di Desa Belawa, Kabupaten Cirebon. https://www.researchgate.net/.../PERILAKU-HARIAN-LABI-LABI-Amyda-cartilagine. Di akses pada tanggal21 Mei 2017
  7. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  8. Suhartoyo H, Anggraini, N,. Silviana, D.P,. dan Cempaka. I. 2016. Pendidikan Konservasi Kura-Kura Sumatera. Bengkulu: Fkip Unib
  9. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
  10. Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Pelatihan Penyusunan LKS. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY.