PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Dio Agung Kurniawan, Yennita Yennita, Irdam Idrus

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dikelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes.Pada siklus I aktivitas mengajar guru diperoleh skor rata-rata yaitu 29 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 31 (Baik). Pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh skor rata-rata yaitu 25 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas belajar siswa menjadi 29,5 (Baik). Hasil analisis persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 77,78% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 86,11% (tuntas). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBM dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu.

Kata kunci: PBM, Aktivitas, Hasil Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharmi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Khalifah, N.U. 2013. Penerapan Model pembelajran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII 3 SMP 21 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Dipublikasi. Bengkulu: UNIB

Kunandar. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: rajawali pers.

Putra, Sitiatava R. 2013. Desain belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press

Rusman. 2014. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: rajawali pers

Surbakti, V Herdiansyah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas ViiiD smpn 6 Kota Bengkulu. Bengkulu: UNIB. Tidak Dipublikasi

Suyadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: andi.

Trianto. 2012. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: tim prestasi pustaka


Article Metrics

Sari view : 41 times
PDF - 102 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.