Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dikelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes.Pada siklus I aktivitas mengajar guru diperoleh skor rata-rata yaitu 29 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 31 (Baik). Pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh skor rata-rata yaitu 25 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas belajar siswa menjadi 29,5 (Baik). Hasil analisis persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 77,78% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 86,11% (tuntas). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBM dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu.

Kata kunci: PBM, Aktivitas, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Kurniawan, D. A., Yennita, Y., & Idrus, I. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.22-27

References

  1. Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  2. Arikunto, Suharmi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Khalifah, N.U. 2013. Penerapan Model pembelajran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII 3 SMP 21 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Dipublikasi. Bengkulu: UNIB
  4. Kunandar. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: rajawali pers.
  5. Putra, Sitiatava R. 2013. Desain belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press
  6. Rusman. 2014. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: rajawali pers
  7. Surbakti, V Herdiansyah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas ViiiD smpn 6 Kota Bengkulu. Bengkulu: UNIB. Tidak Dipublikasi
  8. Suyadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: andi.
  9. Trianto. 2012. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: tim prestasi pustaka