Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu yang terdiri dari 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Instrument penelitian yaitu lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas mengajar guru dan keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian dari analisa data observasi guru siklus I diperoleh skor rata-rata 23 (baik), siklus II menjadi 27 (baik). Kemudian, hasil analisis data observasi keterampilan proses sains siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 12,4 (baik), siklus II menjadi 14,5 (baik). Dari hasil penelitian disumpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu.

Kata kunci : Inkuiri, Keterampilan Proses Sains.

Article Details

How to Cite
Arista, S. A., Irawati, S., & Yani, A. P. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII.1. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 100–104. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.100-104

References

  1. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  2. Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
  3. Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  4. Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  5. Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  6. Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.